Digital MarketingSEO

8 Cara Memulai Auto Repair SEO, Sudah Siap?

Siti Rohmah Noviah

8 Cara Memulai Auto Repair SEO Sudah Siap

Penasaran dengan auto repair SEO? Nah, ini waktu yang tepat bagi kamu untuk mempelajarinya lebih lanjut melalui artikel ini!

Mengenal Apa itu Auto Repair SEO

Auto repair SEO adalah proses optimasi situs perbaikan mobil. Sehingga nantinya situs tersebut akan muncul di hasil mesin pencari saat pengguna internet mencari kata atau frase yang relevan dengan layanan tersebut.

Optimasi yang tepat akan berdampak baik pada visibilitas situs sehingga bisa mendapatkan lebih banyak traffic. Menjalankan bisnis berupa layanan perbaikan atau bengkel mobil berarti kamu akan berkompetisi dengan banyak pebisnis lainnya, tergantung dari di mana lokasi tempat bengkel mobil kamu.

Tetapi, strategi SEO yang solid akan membuat bisnis kamu jadi lebih mudah ditemukan. Sehingga akan berdampak baik bagi penjualan dan pendapatan bengkel kamu.

Baca panduan belajar SEO untuk pemula yang akan membantu kamu memahami lebih jauh tentang SEO.

Mengapa SEO Penting bagi Bengkel Mobil?

Berbicara tentang auto repair SEO, kamu sebagai pemula mungkin masih bingung mengapa upaya optimasi itu penting. Padahal, bengkel mobil bisa dengan mudah ditemukan oleh orang-orang yang berada di sekitar lokasi bengkel.

Di era digital, kamu harus memanfaatkan keberadaan internet. Salah satunya adalah dengan melakukan optimasi situs melalui SEO. Hal tersebut akan membantu bengkel kamu menarik lebih banyak calon pelanggan.

Saat orang-orang baru pertama kali datang ke suatu daerah atau lokasi, akan sulit mengetahui keberadaan bengkel. Mereka menggunakan koneksi internet dan mesin pencari untuk menemukan bengkel sekitar. Ini tentu merupakan kesempatan bagi bengkel kamu untuk hadir lebih dekat dengan mereka secara online.

Menurut Google, mesin pencari merupakan tempat pertama orang-orang mendapatkan apa yang butuhkan, termasuk informasi seputar perbaikan dan perawatan kendaraan.

Dengan SEO, bengkel mobil kamu bisa dengan mudah ditemukan pada peta, sehingga memudahkan dalam menjangkau audiens. Fokus utama dari kampanye SEO adalah membuat situs tampil di halaman pertama Google untuk kueri pencarian terkait mesin dan layanan lain bagi pemilik kendaraan. Alhasil, SEO membantu meningkatkan trafik ke bisnis dan memberikan berbagai manfaat yang kompetitif.

Tidak hanya itu, SEO juga berperan dalam membangun kredibilitas dan kepercayaan terhadap bisnis kamu. Situs yang dioptimasi dengan optimal dan memiliki ulasan positif membantu menghapus stigma serta menginspirasi kepercayaan dan kredibilitas. Terlebih jika situs tersebut menawarkan konten berkualitas dan kehadiran online yang kuat.

Cara Memulai Auto Repair SEO

SEO adalah upaya optimasi yang cocok untuk semua jenis dan ukuran bisnis. Jadi, tidak heran apabila makin banyak orang atau pihak yang berminat pada auto repair SEO. SEO pada bisnis satu ini mengikuti aturan optimasi mesin pencari tradisional. Perbedaannya terletak pada fokusnya, yaitu audiens lokal.

Untuk hal tersebut, kamu harus mengatur profil Google Business. Pastikan juga untuk memaksimalkan penggunaan keyword lokal dan menulis konten untuk target audiens yang tinggal di area sekitar.

Adapun cara untuk memulai auto repair SEO adalah:

Buat Arsitektur Situs yang Menarik

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan dalam memulai auto repair SEO adalah membuat arsitektur situs yang menarik. Hal ini memang tidak jauh berbeda dengan memulai Search Engine Optimization (SEO) untuk bisnis lain. Tujuannya adalah meningkatkan pengalaman pengguna dan membantu bot mesin pencari menemukan serta melakukan indexing pada konten kamu.

Istilah pengalaman pengguna (user experience) menggambarkan bagaimana perasaan pelanggan tentang interaksi mereka dengan brand dan produk atau layanannya termasuk situs yang mereka kunjungi.

Bot mesin pencari atau web crawler adalah program otomatis yang digunakan untuk menentukan konten mana yang akan ditampilkan di hasil pencarian. Sementara indexing adalah bagaimana program tersebut menyimpan dan mengorganisir informasi dari situs web.

Situs web dengan struktur yang baik memungkinkan pengguna menavigasi halaman-halaman situs dan dengan cepat mendapatkan informasi yang diperlukan. Mereka harus bisa menjangkau halaman apapun hanya dengan tiga kali klik.

Gunakan URL yang Ramah Pengguna

Untuk bisa melakukan optimasi pada situs bengkel mobil, kamu juga harus memperhatikan URL. Gunakan URL yang pendek dan tidak mengandung ID, tanggal, maupun karakter khusus. Sehingga akan mudah dibaca dan lebih ramah pengguna.

Bangun Sitemap

Sitemap menampilkan halaman di situs kamu, bertindak sebagai peta jalan untuk mesin pencari.

Untuk membuatnya, gunakan generator sitemap seperti PowerMapper, XML Sitemaps, atau Yoast SEO. WordPress 5.5 dan versi yang lebih baru menghasilkan peta situs secara default, manun cukup mendasar.

Gunakan Breadcrumbs

Breadcrumbs juga merupakan hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam menjalankan auto repair SEO. Elemen navigasi ini biasanya berada di bagian atas halaman situs web dan menunjukkan perjalanan pengunjung di situs web Anda. Mereka membantu pengunjung memahami lokasi mereka di situs Anda dan bagaimana mereka sampai di sana. Misalnya, Beranda > Reparasi Mobil > Reparasi Rem.

Breadcrumbs juga memungkinkan crawler mesin pencari menavigasi halaman Anda dengan lebih mudah. Jika situs web Anda berjalan di WordPress, gunakan Yoast SEO, Breadcrumb NavXT, RankMath, atau plugin lain untuk mengaktifkan navigasi breadcrumbs.

Baca Juga: Breadcrumb: Ini 3 Cara Mudah Membuatnya!

Lakukan Riset Keyword

Riset keyword lokal membantu situs muncul di hasil pencarian ketika pengguna internet mencari jasa perbaikan mobil di area sekitar. Hal inilah yang nantinya akan mendatangkan trafik ke situs yang juga berdampak pada peningkatan conversion rate.

Untuk kebutuhan auto repair SEO, gunakan kata kunci yang mengandung kata dan lokasi spesifik. Misalnya, bengkel mobil sekitar saya. Kamu juga bisa menggunakan nama kota atau daerah sekitar. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan keyword bengkel mobil di Malang atau sejenisnya.

Tulis dan Bagikan Konten SEO-Friendly

Optimasi konten artinya meningkatkan konten postingan blog, halaman web, dan aset konten lainnya untuk pengguna maupun mesin pencari. Dengan begitu, kamu berpeluang mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman hasil pencarian.

Hal tersebut juga akan memengaruhi perspektif pelanggan dan meningkatkan pengalaman pengguna dengan menulis konten yang mudah dibaca dan dipahami.

Adapun cara dalam menulis konten SEO-friendly adalah sebagai berikut:

  • Tambahkan header tags
  • Gunakan keyword dengan tepat
  • Optimasi video dan gambar
  • Tulis konten yang sesuai dengan target audiens

Lakukan Optimasi pada Tautan Internal

Saat menautkan dari satu halaman ke halaman lain situs web, itulah yang disebut tautan internal atau internal link. Tautan tersebut berperan dalam membantu pengunjung dan mesin pencari menavigasi situs kamu.

Tautan internal juga dapat meneruskan otoritas dari satu halaman web ke halaman web lainnya. Ini berarti bahwa link dari halaman berkinerja terbaik (A) ke halaman lain (B) bertindak sebagai mosi percaya.

Dukungan ini dapat membantu mesin pencari memahami bahwa halaman B berharga dan dapat dipercaya.

Tautan internal juga membantu mengatur informasi di situs dan memberi tahu mesin pencari halaman mana yang paling penting. Dengan mengoptimalkan tautan ini, kamu dapat membuat situs menjadi lebih mudah dinavigasi dan meningkatkan struktur keseluruhannya.

Untuk mengoptimasi tautan internal, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

  • Gunakan anchor text yang relevan, yaitu teks yang bisa diklik dalam tautan
  • Tambahkan contextual link, tautan yang mengarahkan pengguna ke konten terkait
  • Gunakan strategi link building yang tepat
  • Review dan update tautan internal apabila guna memastikan tidak ada broken link di dalam situs

Perhatikan Kecepatan dan Pengalaman Website

Salah satu hal yang Google perhatikan dalam memberikan peringkat sebuah situs adalah kecepatan halaman. Situs dengan waktu loading yang cepat akan berdampak pada pengalaman pengguna. Sehingga akan dapat meningkatkan peringkat pencarian.

Untuk mengecek kecepatan atau waktu loading situs serta melakukan identifikasi bagian mana saja yang perlu peningkatan, kamu bisa menggunakan PageSpeed Insights.

Pastikan Website Mobile-friendly

Hal penting lain yang perlu kamu perhatikan agar bisa mendapatkan hasil auto repair SEO yang optimal adalah memastikan bahwa website ramah perangkat mobil. Dengan kata lain, kamu harus mengoptimasi situs agar bisa ditampilkan dengan baik pada smartphone atau sejenisnya.

Perlu diketahui bahwa Google menggunakan situs versi perangkat seluler untuk melakukan indexing dan menentukan peringkat konten. Itulah mengapa optimasi situs untuk pengguna seluler harus menjadi perhatian penting.

Dengan berbekal informasi tentang pentingnya auto repair SEO dan cara meningkatkannya, kamu tidak akan lagi ragu untuk segera melakukan upaya optimasi melalui strategi yang tepat. Namun, apakah bisa melakukannya sendiri?

Bagi yang perlu bantuan dari tim ahli di bidang SEO, gunakan saja jasa SEO Malang terbaik dari Optimaise.

Baca Juga

Optimaise