TipsEdukasi

8 Aplikasi Pembuat Logo Gratis Terbaik untuk Pemula

Dwi

aplikasi pembuat logo gratis

Dalam membangun upaya branding merek bisnismu, logo jadi salah satu elemen yang paling penting. Logo jadi salah satu identitas usahamu agar lebih dikenal dan gampang diingat oleh masyarakat luas. Selain itu, logo juga menjadi pembeda antara bisnismu dengan merek lainnya. Nggak hanya perusahaan besar, pemilik usaha UMKM juga akan terbantu dalam memasarkan produk atau jasanya dengan menyertakan logo. Saat ini, ada banyak banget aplikasi pembuat logo gratis yang bisa kamu pakai untuk mendesain logo usahamu. Dengan rekomendasi tools berikut kamu bisa mendesain sendiri logo unik untuk usahamu dengan mudah. Yuk, simak berikut!

Aplikasi Pembuat Logo Gratis #1: Canva

Aplikasi Pembuat Logo Gratis Canva
Aplikasi Pembuat Logo Gratis Canva

Canva adalah aplikasi pembuat logo gratis yang paling kami rekomendasikan untukmu. Aplikasi Canva bisa kamu download melalui platform Google Play Store bagi pengguna Android dan App Store untuk pemilik iPhone. Selain itu, Canva juga tersedia dalam platform website yang bisa kamu akses dengan gratis. Sehingga, kamu bisa semakin leluasa dalam mendesain logo usahamu.

Fitur utama Canva adalah fitur Editor yang lengkap dan memudahkanmu untuk berkreasi dengan warna, posisi, dan bentuk logo usahamu. Selain itu, platform ini juga menyediakan ratusan template gratis yang bisa kamu pilih sesuai dengan keperluanmu. Kalau kamu ingin menggunakan fitur-fitur logo editor yang lebih lengkap, tersedia paket langganan premium dengan biaya bulanan mulai dari Rp275.000 per bulan.

Aplikasi Pembuat Logo Gratis #2: Hostinger Logo Maker

Aplikasi Pembuat Logo Gratis Hostinger Logo Maker
Aplikasi Pembuat Logo Gratis Hostinger Logo Maker

Kalau kamu ingin membuat logo perusahaan yang berkesan profesional dan presisi tinggi, bisa nih pakai aplikasi pembuat logo gratis besutan Hostinger ini. Salah satu fitur unggulan dari aplikasi logo maker ini adalah fitur berbasis AI yang membantumu membuat logo-logo keren dan unik untuk bisnismu. Tapi, untuk mengakses fitur AI dan membuat 50 logo keren menggunakannya, kamu harus membeli credit seharga Rp74.900. Biarpun berbayar, biaya yang dikeluarkan tentunya jauh lebih kecil dibandingkan jika kamu membayar jasa desainer grafis.

Untuk mengaksesnya, kamu hanya perlu login terlebih dulu dengan menggunakan akun Hostinger atau melalui platform media sosial yang kamu punya. Setelah berhasil login, kamu perlu mengisi formulir berisi informasi tentang nama merek dan slogan bisnis atau perusahaanmu. AI generator tersebut pun akan memberikan hasil kreasi logo yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa mengeditnya sendiri menggunakan editor bawaan sesuai dengan keinginan.

Aplikasi Pembuat Logo Gratis #3: Adobe Logo Maker

Aplikasi Pembuat Logo Gratis #3: Adobe Logo Maker
Aplikasi Pembuat Logo Gratis #3: Adobe Logo Maker

Rekomendasi aplikasi pembuat logo gratis lainnya yang nggak kalah keren adalah Adobe Logo Maker. Aplikasi logo editor ini dibuat dan dikembangkan oleh Adobe,yaitu perusahaan pengembang software multimedia terbesar di dunia. Salah satu keunggulan dari software ini adalah antarmuka yang ramah terhadap pengguna. Kamu bisa membuat dan mengustomisasi tampilan logo bisnismu dengan lebih leluasa.

Nggak hanya itu, semua fitur editor yang tersedia di dalam aplikasi ini bisa diakses oleh pengguna gratis, lho. Jadi, kamu benar-benar nggak perlu mengeluarkan biaya untuk memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam logo template gratis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan desain bisnismu. Kamu juga bisa memodifikasi template yang sudah ada untuk membuat logo yang unik dan eyecatching. Untuk jenis file penyimpanan, tersedia pilihan simpan ke dalam bentuk file .png dan .jpg.

Selain rekomendasi top 3 aplikasi pembuat logo di atas, ada juga beberapa editor tools lainnya yang bisa kamu pakai untuk mendesain logo bisnismu berikut:

Looka Logo Maker

Looka Logo Maker
Looka Logo Maker

Kalau kamu suka dengan hasil kustomisasi logo oleh AI, bisa nih mencoba logo maker dari Looka. Dengan tampilan antarmuka yang intuitif membuatmu bisa mengakses beragam fitur-fitur keren yang ada di dalam tool ini dengan mudah. Cukup dengan memasukkan beberapa informasi terkait merek bisnis dan slogan perusahaanmu. Selanjutnya, kamu bisa mengustomisasi warna, font, hingga ikon untuk membuat logo perusahaanmu makin unik dan mencerminkan karakteristik usahamu. Fitur lainnya dari aplikasi ini adalah layout untuk mockup dan elemen-elemen personal branding yang nggak kalah menarik.  

Pixellab

Pixellab
Pixellab

Untuk membuat logo, kamu nggak harus mempunyai laptop atau komputer PC, lho. Kamu juga bisa mendesain logo idamanmu cukup melalui perangkat HP, yaitu Pixellab. Selama ini, aplikasi satu ini memang lebih banyak dipakai untuk mengedit gambar atau foto. Tapi, kamu juga bisa memakainya untuk desain logo perusahaan, lho! Aplikasi ini punya banyak banget pilihan font, termasuk font 2D dan 3D. Kamu juga bisa mengganti warna font hingga mengubah efek font untuk membuat logomu jadi semakin unik.

Nggak hanya itu, kamu juga bisa membuat logomu sendiri dengan mengunggah gambar atau ikon sesuai dengan tema bisnismu. Kamu juga bisa mengubah warna dari gambar background sesuai dengan preferensi. Setelah desainmu selesai, kamu bisa menyimpan gambar logo tersebut dengan ukuran dan resolusi hingga mencapai 3264 piksel.

LogoMaker.com

LogoMaker.com
LogoMaker.com

Untuk mengakses LogoMaker.com, kamu nggak perlu mengunduh aplikasi apapun pada perangkatmu. Soalnya, aplikasi ini memang berbasis website yang bisa kamu akses melalui gawai HP maupun komputer PC dan laptop. Jadi, cocok banget buat kamu yang ogah menginstall aplikasi apapun. Di dalam web logo editor ini terdapat lebih dari 10.000 template logo yang bisa kamu pilih dan kustomisasi sesuai preferensi. Jadi, kamu bisa mengutak-atik desain logo sepuasnya hingga mendpaatkan hasil yang sesuai dengan karakteristik bisnismu. Dan, fasilitas ini bisa kamu pakai tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, lho!

Logo Maker Design

Logo Maker Design
Logo Maker Design

Aplikasi Logo Maker Design adalah aplikasi logo editor yang dikembangkan oleh Splendid App Maker dan tersedia eksklusif untuk pengguna HP dengan OS Android. Di dalamnya terdapat banyak banget logo template dengan tema bisnis yang bermacam-macam. Dengan menggunakan fitur editor kamu bisa mengedit template pilihanmu dengan menambahkan atau mengubah jenis font dan warnanya, maupun menambahkan elemen branding lainnya.

Fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi pembuat logo gratis ini memang lumayan lengkap dan tersedia untuk pengguna gratis. Sayangnya, banyaknya iklan yang muncul bisa jadi mengganggumu. Apalagi, iklan tersebut sering muncul saat kamu sedang melakukan proses editing. Nah, untuk mengeliminasi gangguan tersebut, kamu bisa berlangganan layanan premium dengan biaya mulai dari Rp19.000 per bulan.

Visme

Visme
Visme

Untuk membuat logo perusahaan yang lebih berkesan profesional, kami sarankan kamu mencoba aplikasi Visme. Untuk menggunakannya, kamu nggak perlu mengunduh aplikasi apapun, karena platform ini berbasis web, alias kamu hanya perlu mengunjungi website Visme. Kamu juga bisa memilih dan mengedit logo dari ratusan template yang tersedia agar sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Nggak perlu khawatir hasil logo tersebut hilang, karena di dalam platform ini sudah tersedia fitur autosave. Setelah itu, kamu bisa menyimpan hasil desain logo ke dalam Google Drive dan membagikannya melalui tautan.

Sekian rekomendasi aplikasi pembuat logo gratis terbaik untuk kamu yang berjiwa kreatif. Nah, kalau kamu nggak punya cukup waktu dan tenaga untuk mendesain logo usahamu sendiri, gunakan saja jasa ilustrasi karakter dari Optimaise. Selain menyediakan layanan jasa desain logo, kami juga menyediakan layanan desain merchandise berilustrasikan logo perusahaanmu untuk suvenir dan kegiatan promosi. Kami juga menghadirkan jasa desain packaging dengan menggunakan logomu untuk mendongkrak brand awareness bisnismu. Hubungi kami untuk bekerjasama, yuk.

Baca Juga

Optimaise