Digital MarketingSEO

7 Tips Squarespace SEO untuk Dapatkan Ranking Tinggi

Siti Rohmah Noviah

7 Tips Squarespace SEO untuk Dapatkan Ranking Tinggi

Ingin mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian? Nah, kali ini kamu bisa menggali informasi lebih lanjut tentang Squarespace SEO.

Dengan berbagai tips yang akan membantu mendapatkan hasil optimasi yang lebih baik, tentunya kamu berpeluang mendapatkan peringkat tertinggi di SERP.

Pentingnya Squarespace SEO

Seberapa penting Squarespace SEO? Squarespace mempermudah seseorang dalam membangun website. Namun, jika kamu ingin memastikan pengguna internet dapat menemukan situs kamu, sebaiknya pelajari terlebih dahulu dasar-dasar cara menjalankan SEO di squarespace. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut:

  • Meningkatkan brand awareness: situs dengan peringkat yang tinggi di hasil mesin pencari memungkinkan orang-orang untuk mempelajari lebih lanjut tentang brand kamu, bahkan tanpa harus mengunjungi situs kamu.
  • Menarik traffic yang lebih banyak: penggunaan yang tepat membantu mendapatkan lebih banyak pengunjung situs dengan terbukanya kesempatan mengubah mereka menjadi pelanggan.
  • Mendapatkan sales atau penjualan: traffic pencarian organik merupakan sumber traffic tertinggi untuk mendapatkan penjualan sehingga optimasi situs begitu penting.

Baru hendak belajar SEO? Tidak perlu khawatir karena kamu bisa memulainya dari panduan belajar SEO untuk pemula di sini.

Tips Squarespace SEO untuk Mendapatkan Peringkat yang Lebih Tinggi

Sudah siap untuk meningkatkan hasil SEO di Squarespace? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu jadikan sebagai panduan:

Mulai dengan Melakukan Riset Keyword

Untuk mengimplementasikan Squarespace SEO, kamu bisa memulainya dengan melakukan riset keyword. Bukankah hal satu ini penting dalam setiap strategi Search Engine Optimization (SEO)?

Melalui riset kata kunci, kamu dapat memahami bagaimana target audiens menggunakan mesin pencari. Tujuannya adalah menemukan kata kunci yang tepat untuk pengguna internet dalam melakukan pencarian. Oleh karena itu, keyword tersebut harus ada dalam konten situs.

Mengapa demikian?

Saat situs web memiliki halaman yang bermanfaat dan berkualitas tinggi terkait kueri pencarian, hal tersebut dapat meningkatkan kemungkinan mesin pencari menyarankan situs kepada pencari yang menggunakan keyword yang kamu targetkan. Begitu juga ketika mesin pencari dapat melihat keyword spesifik yang digunakan di pencarian pada situs kamu.

Untuk bisa menemukan keyword tertarget, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan brainstorming. Pikirkan topik yang menarik bagi pelanggan potensial. Caranya adalah dengan membayangkan apa yang akan mereka ketik di mesin pencari untuk mempelajari topik yang hendak dicari.

Misalnya, apabila kamu adalah pemilik gym, beberapa keyword yang bisa kamu gunakan di antaranya adalah:

  • Tempat gym terbaik di Jakarta atau kota lain sesuai dengan lokasi tempat gym kamu berada
  • Bagaimana cara memilih tempat gym yang tepat
  • Panduan dan tips gym untuk pemula

Kamu juga bisa memilih keyword lain yang relevan dengan konten di situs web. Coba gunakan Google suggestion agar mendapatkan lebih banyak pilihan keyword yang sesuai. Caranya adalah dengan mengetikkan awal dari kata atau frase terkait bisnis kamu. Kemudian, lihat beberapa keyword yang ditampilkan oleh Google suggestion yang terkait dengan kueri pencarian.

Buat Konten Relevan dan Bermanfaat

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba Squarespace SEO adalah membuat konten yang relevan dan bermanfaat. Tips satu ini akan membantu website mendapatkan peringkat untuk keyword yang ditargetkan.

Apakah kamu penasaran bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Google membagikan pedoman yang dapat membantu kamu dalam menentukan konten yang tepat.

  • Prioritaskan konten untuk manusia, bukan mesin pencari
  • Berikan informasi berdasarkan riset, laporan, atau analisa
  • Cakupan topik harus komprehensif
  • Berikan nilai tambah yang cukup besar dibandingkan halaman lain yang sudah ada di SERP
  • Tunjukan pada mesin pencari bahwa konten kamu terpercaya

Optimasi Judul Halaman

Membuat konten saja tidak cukup. Artinya, ada hal lain yang harus kamu perhatikan untuk bisa mendapatkan peringkat tinggi di hasil mesin pencari, yaitu memastikan konten bisa dengan mudah dikenali oleh mesin pencari.

Langkah pertama adalah dengan mengoptimasi judul halaman. Bagian tersebut akan ditampilkan sebagai bagian dari preview snippet untuk halaman situs di mesin pencari. Oleh sebab itu, judul harus kamu buat dengan benar karena menunjukan kepada pengguna internet dan mesin pencari tentang apa halaman situs kamu.

Google telah mengonfirmasi bahwa mesin pencari satu ini menggunakan judul halaman saat menentukan peringkat untuk algoritmanya. Untuk optimasinya, pastikan beberapa hal berikut dalam menulis judul:

  • Buat judul tidak lebih dari 60 karakter
  • Gunakan judul untuk menjelaskan isi halaman situs
  • Sertakan kata kunci target

Tambahkan Meta Description

Meta description adalah rangkuman singkat tentang halaman web yang ditampilkan sebagai bagian dari preview snippet halaman situs di hasil pencarian Google.

Bagian satu ini mungkin tidak berdampak pada peringkat halaman. Akan tetapi, hal tersebut dapat membantu pengguna internet memahami tentang apa halaman tersebut. Konten yang dibuat dengan jelas dan meta description dapat membantu menarik lebih banyak klik pada halaman situs dari Search Engine Result Page (SERP).

Oleh karena itu, pastikan setiap halaman dari situs kamu mempunyai meta description yang menjelaskan tentang halaman tersebut dengan jelas.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Meta Deskripsi yang Benar dan SEO-Friendly

Gunakan Alt Tags pada Gambar

Alt tag adalah deskripsi dari gambar yang kamu sertakan dalam konten di halaman tertentu situs web. Dengannya, Google dapat memahami gambar apa yang kamu gunakan dalam konten. Penggunaan alt tag pada gambar berperan penting dalam membantu mesin pencari dan pengguna internet memahami gambar yang ada pada konten situs.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa Google menyarankan kamu menggunakan alt tag pada setiap gambar yang digunakan.

Internal link adalah hyperlink yang mengarah ke halaman berbeda di situs kamu. Tautan tersebut dapat membantu pengguna menavigasi situs dengan lebih mudah. Selain itu, tautan tersebut juga memungkinkan Google dan mesin pencari lain memahami struktur situs.

Setiap halaman harus tertaut ke halaman relevan lain pada situs. Namun, sebaiknya fokuskan pada halaman yang paling penting, seperti homepage dan halaman produk dan layanan.

Mempunyai banyak link yang rusak (broken link) yang mengarah pada halaman yang tidak lagi ada dapat berdampak pada pengalaman pengguna yang buruk. Seperti yang kamu tahu bahwa Google ingin memprioritaskan situs yang memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa kamu harus segera memperbaiki tautan yang rusak. Untuk mengeceknya, tidak perlu dilakukan secara manual. Gunakan Site Audit untuk menemukan link yang rusak baik tautan internal maupun eksternal.

Lanjutkan dengan mengunjungi tab Issues pada Site Audit. Ketik broken di kolom pencarian dan tunggu hingga hasilnya ditampilkan pada layar komputer.

Dengan memahami Squarespace SEO, kamu mempunyai pengetahuan lain tentang implementasi dari upaya optimasi dalam meningkatkan peringkat di mesin pencari, bukan?

Sebagai pemula, tentu kamu tidak harus menguasai semuanya dengan cepat. Sebagai langkah dari upaya SEO, gunakan jasa SEO Malang terbaik yang bisa kamu dapatkan dengan menghubungi Optimaise sekarang juga.

Baca Juga

Optimaise