Digital MarketingSEO

7 Hal tentang Google Bard, AI Chatbots Besutan Google

Siti Rohmah Noviah

7 Hal tentang Google Bard, AI Chatbots Besutan Google

Artificial Intelligence (AI) semakin dikenal banyak orang setelah kehadiran ChatGPT yang membantu berbagai pekerjaan, termasuk penulisan konten. Saat ini Google juga menawarkan solusi serupa bernama Google bard.

Untuk mengetahui selengkapnya, mari simak artikel satu ini!

Sekilas tentang Google Bard

Google Bard merupakan layanan obrolan AI eksperimental dan percakapan Google dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan ChatGPT. Namun, yang menjadi perbedaan antara keduanya adalah informasi yang Google ambil berasal dari situs web.

Seperti kebanyakan AI chatbots, Bard juga bisa memberikan kode, menjawab persoalan matematika, serta membantu pengguna menulis sesuai kebutuhan. Hadir sebagai alat yang powerful, tentunya Bard bisa menjadi pilihan tepat untuk berbagai tujuan berbeda.

Bard memang masih dalam tahap pengembangan, namun kamu bisa menggunakannya. Mengapa? Alat satu ini berpotensi melakukan revoluasi sehingga memudahkan kamu dalam berinteraksi dengan komputer.

Google Bard dikenal lebih efisien sehingga bisa bekerja di level yang lebih tinggi dengan versi PaLM yang lebih tinggi. Awalnya, Bard menggunakan model LaMDA yang ringan dengan daya komputasi yang sedikit serta dapat diperluas ke banyak pengguna.

Keputusan Google untuk menggunakan LLM miliknya, LaMDA dan PaLM 2, merupakan keputusan berani dari Google karena beberapa chatbot AI paling populer saat ini, termasuk ChatGPT dan Bing Chat, menggunakan model bahasa dalam seri GPT.

Bahasa yang Tersedia di Google Bard

Bagi yang ingin mencoba Google Bard sebagai alternatif dari ChatGPT, tentu tidak akan mengalami kesulitan. Pasalnya, AI chatbots satu ini tersedia dalam 40 bahasa. Hal ini juga yang menjadi kelebihan dari Bard dibandingkan rivalnya, ChatGPT yang hanya tersedia dalam bahasa Inggris saja.

Seperti yang dibagikan oleh Google, Bard menawarkan banyak bahasa, termasuk Jerman, Belanda, China, Bulgari, Inggris, Indonesia, Italia, Jepang, Kanada, Korea, Ukraina, Thailand, dan masih banyak lagi.

Artinya, meski kamu tidak begitu menguasai bahasa asing, tetapi kamu tetap bisa dengan nyaman menggunakan Bard dengan bahasa Indonesia.

Apakah Google Bard Menyertakan Gambar dalam Jawabannya?

Lantas apakah pengguna juga bisa sekaligus mendapatkan gambar dari jawaban yang mereka dapat dari Bard? Bard sudah melakukan pembaruan termasuk menyertakan gambar pada jawabannya. Gambar tersebut diambil dari Google dan ditampilkan saat pengguna menanyakan pertanyaan yang memerlukan gambar atau foto sebagai pendukung.

Misalnya, saat kamu bertanya kepada Google Bard apa saja tempat terbaik untuk dikunjungi di New York, maka jawabannya akan disertai dengan foto dari masing-masing tempat.

Baca Juga: 8 Cara Menggunakan ChatGPT untuk Membuat Artikel SEO Friendly

Fitur Terbaru Google Bard

Biasanya, seseorang memutuskan untuk menggunakan sebuah aplikasi atau tool setelah mempertimbangkan berbagai hal, termasuk fitur dan kelebihan yang bisa mereka dapatkan. Agar tidak lagi ragu untuk segera mencoba atau bahkan menggunakan Google Bard setiap hari untuk berbagai tujuan penggunaan, kamu bisa terlebih dahulu mengetahui apa saja fitur terbaru yang diberikannya, termasuk:

  • Eksplorasi teks dalam berbagai format, termasuk PDF, Word, dan HTMl yang memudahkan pengguna.
  • Support bahasa Indonesia sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan Bard menggunakan bahasa asal mereka.
  • Merespon dengan suara yang tersedia dalam 40 bahasa lebih.
  • Kemampuan membaca gambar berkat integrasi dengan Google Lens sehingga bisa menanggapi berbagai jenis gambar dengan cerdas.
  • Tampilan baru memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai hal, termasuk membuat, menyimpan, mengedit, melanjutkan, serta menyematkan percakapan dengan AI chatbots besutan Google ini.
  • Tersedia berbagai pilihan mode respons yang beragam, yaitu respon sederhana, panjang, pendek, kasual, dan profesional.
  • Berbagi hasil percakapan secara langsung sehingga sangat memudahkan pengguna yang harus segera membagikan informasi yang mereka dapatkan dari Bard.
  • Integrasi berbagai layanan Google, termasuk Documents, Spreadsheet, dan Maps sehingga pengguna bisa terkoneksi dengan baik.
  • Ekspor kode python ke replit yang tersedia lebih dari 40 bahasa.

Kelebihan dan Kekurangan Google Bard

Google AI mengembangkan model bahasa faktual dengan adanya Google Bard. Sehingga bisa melakukan berbagai tugas, yaitu:

  • Membuat teks
  • Menerjemahkan bahasa
  • Menulis berbagai jenis konten kreatif
  • Menjawab pertanyaan secara informatif

Bagi yang masih maju mundur dalam mencoba Bard, sejumlah kelebihan dan kekurangan dari AI chatbots Google ini akan semakin memperkuat keputusan yang kamu ambil. 

Kelebihan

  • Mampu menghasilkan teks kreatif dalam berbagai format, termasuk skrip, kode, puis, email, karya musik, surat, dan lainnya
  • Memiliki kemampuan menerjemahkan lebih dari 100 bahasa dunia dengan cepat dan akurat
  • Memberikan informasi secara real-time
  • Menjawab pertanyaan secara informatif dengan mengakses dan memprosesnya melalui Google Search

Kekurangan

  • Masih dalam tahap pengembangan sehingga masih mungkin terjadi kesalahan
  • Kemungkinan ada jawaban yang tidak sesuai dengan harapan pengguna
  • Hasil tulisan kreatif mungkin tidak sesuai dengan selera atau harapan pengguna

Cara Menggunakan Google Bard

Sebagai AI chatbots, Bard dapat membantu pengguna mendapatkan apa yang mereka perlukan, baik informasi, hasil tulisan, maupun lainnya. Untuk bisa menggunakannya, kamu harus memiliki koneksi internet stabil agar bisa mengakses tautan Bard.

Kemudian, pastikan kamu menggunakan akun Google untuk masuk dan menggunakan Bard. Sehingga kamu bisa segera berinteraksi dengan Bard AI dengan mengetikan pertanyaan atau perintah dengan bahasa sesuai preferensi, misalnya Inggris dan lainnya.

Punya rencana untuk mengajarkan SEO pada rekan tim yang baru bergabung? Coba manfaatkan panduan belajar SEO untuk pemula satu ini!

Tips Menggunakan Google Bard untuk Hasil Maksimal

Penasaran dengan cara kerja Google Bard dalam memberikan apa yang kamu harapkan? Kali ini, kamu bisa mencoba berbagai perintah ke Bard, termasuk:

  • Perintah untuk membuat teks kreatif, misalnya dengan mengetik “buat skrip untuk film pendek”, “tulis cerita pendek tentang detektif”, dan lainnya.
  • Berikan perintah untuk menerjemahkan bahasa tertentu ke bahasa yang kamu inginkan, seperti menerjemahkan sebuah film ke bahasa Indonesia.
  • Meminta Bard untuk menjawab pertanyaan yang kamu perlukan jawabannya,  seperti apa nama ibukota China?.
  • Memberikan perintah untuk membuat perbandingan, misalnya membandingkan dua produk smartphone berbeda.
  • Perintah memberikan saran yang berguna bagi seseorang atau sekelompok orang, seperti saran tentang cara meningkatkan kemampuan dalam bekerja.
  • Perintah untuk memberikan rekomendasi yang akan memudahkan kamu dalam membandingkan beberapa hal, seperti rekomendasi buku populer dengan genre fiksi ilmiah.
  • Berikan Bard perintah untuk memberi kamu petunjuk cara melakukan sesuatu dengan langkah-langkah yang detail.

Google Bard kini bisa kamu jadikan sebagai salah satu pilihan AI chatbots yang bisa menjawab perintah dan kebutuhanmu. Dengan sejumlah fitur yang tersedia, manfaat, dan cara mudah menggunakannya, kamu mungkin akan semakin terbiasa memanfaatkan Bard untuk berbagai tujuan yang berbeda. 

Apakah lebih suka membuat konten menggunakan teknologi AI karena lebih efisien secara waktu dan tenaga? Terlepas dari cara kamu dalam menghasilkan konten, pastikan konten SEO tersebut berkualitas dan tidak melanggar peraturan serta algoritma Google. Sehingga tetap bisa mempertahankan peringkat di mesin pencari.

Apabila perlu jasa SEO Malang terbaik, kamu bisa segera menghubungi Optimaise.

Baca Juga

Optimaise