SEODigital Marketing

Apa itu Domain Authority? Terapkan 7 Strategi Jangka Panjang untuk Meningkatkannya

Tiara Motik

Apa itu Domain Authority? Terapkan 7 Strategi Jangka Panjang untuk Meningkatkannya

Jika kamu mendengar seseorang yang sering memberikan informasi akurat dan berguna, kamu pasti lebih cenderung mempercayainya.

Begitu pula dengan mesin pencari, kalau situs webmu dianggap sebagai sumber informasi yang kredibel, maka mesin pencari lebih mungkin untuk menaikkan peringkatnya.

Bisa dibilang jika Domain Authority adalah sejenis “reputasi” yang dimiliki oleh situs webmu di mata mesin pencari, terutama Google. Ini bukanlah faktor yang secara langsung menentukan peringkat situs web, tetapi lebih seperti ukuran kepercayaan dan kredibilitas.

Cara meningkatkan Domain Authority mirip dengan membangun reputasi online. Beberapa langkahnya melibatkan menciptakan konten berkualitas tinggi, mendapatkan backlink dari situs web lain, dan berinteraksi dengan pengguna melalui media sosial.

Dalam artikel ini, kami akan menguraikan secara rinci apa itu Domain Authority dan menyajikan beberapa strategi jangka panjang yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkannya.

Jadi, simaklah panduan praktis ini untuk mengenal istilah Domain Authority dan bagaimana hal ini dapat memengaruhi peringkat situs webmu di mesin pencari

Apa itu Domain Authority?

Apa itu Domain Authority?
Apa itu Domain Authority?

Domain Authority atau yang sering disingkat dengan DA adalah nilai atau skor yang memberikan gambaran seberapa kuat dan kredibel situs webmu di mata mesin pencari.

Moz, sebuah perusahaan teknologi dibidang SEO, menciptakan metrik ini untuk membantu meramalkan seberapa baik situsmu akan muncul dalam hasil pencarian untuk keyword tertentu.

Skor DA diberikan berdasarkan kualitas dan jumlah backlink yang mengarah ke situsmu. Rentang skornya dari 0 hingga 100, di mana 0 menunjukkan kesulitan peringkat dan 100 menandakan situs yang sangat mungkin mendapat peringkat tinggi dalam hasil mesin pencari.

Perlu diingat, meskipun DA memberikan petunjuk yang baik, Google tidak menggunakan metrik ini secara langsung untuk menentukan peringkat situs. DA lebih mencerminkan kekuatan keseluruhan situs webmu, sedangkan Page Authority atau PA didasarkan kemampuan peringkat setiap halaman secara individu.

Bagaimana Kalkulasi Domain Authority?

Bagaimana Kalkulasi Domain Authority?
Bagaimana Kalkulasi Domain Authority?

Skor Domain Authority dikalkulasikan dengan mengevaluasi berbagai faktor, seperti jumlah link yang mengarah ke domain root dan total link.

DA memberikan gambaran tentang “kekuatan peringkat” suatu situs web dan bisa digunakan untuk membandingkan situs web atau melacak perubahan seiring waktu.

Namun, penting untuk dipahami bahwa meskipun DA memberikan indikasi yang baik tentang seberapa bagus situs webmu mungkin muncul dalam hasil pencarian, itu bukanlah faktor langsung dalam peringkat Google atau pengaruh pada SERP.

Pada pembaruan terbaru, DA 2.0 menggunakan algoritma machine learning untuk memprediksi seberapa sering Google menggunakan suatu domain dalam hasil pencariannya. Jadi, jika suatu domain sering muncul di halaman hasil pencarian Google, DA kemungkinan akan lebih tinggi.

Perlu diingat bahwa karena DA didasarkan pada machine learning sehingga skor situs webmu dapat berfluktuasi seiring waktu. Sebagai contoh, jika situs besar seperti Facebook mendapatkan banyak link baru, tapi DA situs lain mungkin relatif turun.

Karena itu, penting untuk memahami bahwa DA sebaiknya digunakan sebagai metrik perbandingan, bukan sebagai ukuran absolut. Ini berarti lebih mudah meningkatkan skor dari 20 ke 30 daripada dari 70 ke 80.

Bagaimanakah Skor Domain Authority yang Baik?

Bagaimanakah Skor Domain Authority yang Baik?
Bagaimanakah Skor Domain Authority yang Baik?

Situs besar dengan banyak backlink berkualitas tinggi, seperti Wikipedia cenderung memiliki skor DA yang tinggi. Di sisi lain, bisnis kecil atau situs web dengan sedikit backlink mungkin memiliki skor DA yang lebih rendah.

Saat membangun Domain Authority, situs web baru biasanya memulainya dengan skor satu dan skornya akan tumbuh seiring waktu dengan bertambahnya backlink berkualitas. Namun, perlu diingat bahwa DA sebaiknya tidak dianggap sebagai target tanpa pertimbangan.

Lebih baik menggunakan DA sebagai metrik perbandingan dengan pesaing langsung situsmu di hasil pencarian. Lihatlah skor DA pesaing dan usahakanlah untuk memiliki skor yang lebih tinggi.

Meskipun tidak ada skor DA yang secara mutlak menentukan baik atau buruknya sebuah situs web, tapi skor DA situsmu tergantung pada seberapa baik kamu dapat bersaing dengan pesaing di industrimu.

Baca juga: 5 Strategi Meningkatkan Page Authority Lengkap dengan Cara Mengeceknya

Meski begitu, meningkatkan Domain Authority dapat membantu dalam aspek-aspek lain yang dipertimbangkan oleh Google, seperti backlink dan konten berkualitas tinggi.

Cara Mengecek Domain Authority Gratis

Cara Mengecek Domain Authority Gratis
Cara Mengecek Domain Authority Gratis

Mengecek Domain Authority secara gratis dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa tools atau situs web yang menyediakan layanan ini. Berikut adalah cara sederhana untuk memeriksa DA secara gratis:

  1. Moz Link Explorer:
    • Kunjungi situs web Moz Link Explorer “https://moz.com/link-explorer“.
    • Di sana, kamu dapat memasukkan URL situs web yang ingin kamu periksa, lalu klik “Check Authority“.
    • Moz akan memberikan hasil yang mencakup Domain Authority dan beberapa metrik SEO lainnya secara gratis.
  2. Website SEO Checker:
    • Kunjungi situs Web SEO Checker melalui “https://www.websiteseochecker.com/domain-authority-checker/”.
    • Masukkan URL situs web dan klik tombol “Check Authority“.
    • Alat ini akan memberikan informasi tentang DA.
  3. PrePostSEO:
    • Akses PrePostSEO dengan link “https://www.prepostseo.com/domain-authority-checker”.
    • Isi kolom URL dengan alamat situs web yang ingin kamu periksa.
    • Klik “Check Authority“, dan alat ini akan memberikan hasil DA secara gratis.

Penting untuk diingat bahwa hasil dari tools ini mungkin sedikit berbeda, karena setiap alat menggunakan metode perhitungan sendiri. Selain itu, meskipun tools ini menyediakan informasi gratis, mereka juga menawarkan versi berbayar yang memberikan akses lebih lanjut ke data dan analisis yang lebih mendalam.

Strategi Meningkatkan Domain Authority

Strategi Meningkatkan Domain Authority
Strategi Meningkatkan Domain Authority

Setelah mengecek Domain Authority, kini kamu telah mengetahui skor situs webmu dan skor milik situs web pesaingmu. Ketika kamu ingin memulai usaha untuk meningkatkan reputasi situs webmu melalui DA, penting untuk diingat bahwa ini adalah strategi yang memerlukan waktu.

Proses ini tidak dapat memberikan hasil instan. Jangan berharap melihat peningkatan drastis dalam satu hari setelah melakukan perubahan besar. Kamu perlu bersabar karena membangun DA membutuhkan waktu, bahkan berbulan-bulan lamanya. Ikuti beberapa strategi berikut untuk meningkatkan skor DA situs webmu.

Buat Konten yang Informatif, Relevan, dan Berkualitas

Buat Konten yang Informatif, Relevan, dan Berkualitas
Buat Konten yang Informatif, Relevan, dan Berkualitas

Cara pertama untuk meningkatkan Domain Authority situs webmu adalah dengan fokus pada pembuatan konten yang sangat bernilai dan diinginkan oleh audiens sehingga mereka ingin menautkannya ke situsmu.

Membuat konten yang memberikan manfaat bagi orang lain akan mendorong lebih banyak share dan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan backlink dari situs-situs berotoritas tinggi.

Kalau kamu tidak yakin tentang jenis konten baru apa yang harus dibuat, mulailah dengan menganalisis halaman paling populer di situsmu. Pertimbangkan jenis konten apa yang telah berhasil menarik traffic yang tinggi dan sering dikunjungi oleh audiensmu.

Upayakan untuk membuat lebih banyak konten dengan fokus pada niche atau format yang paling sesuai dengan bisnismu sekaligus disukai oleh audiensmu. Upaya ini akan membantumu membangun DA dan mendapatkan pengakuan sebagai sumber informasi yang berharga.

Pastikan Navigasi dan Struktur Situs Ramah Pengguna

Pastikan Navigasi dan Struktur Situs Ramah Pengguna
Pastikan Navigasi dan Struktur Situs Ramah Pengguna

Pastikan situs webmu mudah digunakan dan user friendly untuk meningkatkan Domain Authority. Memastikan struktur dan navigasi situs yang tepat akan membantu mesin pencari menjelajahi dan mengindeks halaman situs dengan mudah.

Sementara itu, pengguna akan lebih termotivasi untuk memberikan link ke situs webmu jika pengalaman mereka positif. Untuk mendukung crawling, penting untuk membuat sitemap. Sitemap adalah daftar halaman penting di situsmu, ini membantu Google mengenali struktur situs dan mengindeksnya secara efisien.

Untuk meningkatkan user experience, fokuslah pada pengoptimalan perangkat seluler. Google memberi prioritas pada situs yang berkinerja baik di perangkat seluler, sehingga memastikan situs webmu responsif dan dimuat dengan cepat.

Selain itu, keamanan situs juga merupakan faktor kunci. Memperoleh sertifikat SSL dan memastikan situsmu beroperasi dengan protokol HTTPS tidak hanya meningkatkan keamanan, tetapi juga memberikan kepercayaan kepada pengguna.

Perhatikan Internal Link
Perhatikan Internal Link

Dengan menempatkan link yang membimbing pengguna ke halaman terkait di situs webmu, kamu dapat menciptakan pengalaman yang lebih menyeluruh dan membuat pengunjung tetap terlibat.

Internal link juga memudahkan Google bot untuk menjelajahi situs webmu dengan memastikan bahwa semua halaman terindeks dengan baik.

Manfaat lainnya dari struktur internal link yang baik adalah kemampuan untuk meneruskan “link juice” dari satu halaman ke halaman lainnya. Link juice adalah istilah SEO yang menggambarkan nilai atau kekuatan yang diteruskan dari satu halaman ke halaman lain.

Ini menciptakan kepercayaan dari mesin pencari karena link yang lebih banyak ke suatu halaman menunjukkan bahwa halaman tersebut dianggap lebih berharga. Semua hal ini berkontribusi pada peningkatan DA.

Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Backlink Guest Post yang Berkualitas

Dapatkan Backlink Berkualitas
Dapatkan Backlink Berkualitas

Berdasarkan kalkulasi skor Domain Authority yang didasarkan pada backlink, dapat dikatakan jika di sini backlink memegang peran penting dalam menentukan DA suatu situs web.

Ada berbagai cara untuk memperoleh backlink dan memperkuat link profile situsmu. Pertimbangkan apakah ada situs web serupa yang dapat memberikan manfaat jika mereka juga memberikan link ke situsmu. Mulailah melakukan kontak dengan mereka.

Menjadi guest posting untuk situs web terkemuka dalam industrimu juga merupakan strategi yang efektif. Ini dapat memperluas jangkauan kontenmu kepada audiens yang lebih luas dan memberikan peluang untuk mendapatkan backlink berkualitas. Pastikan konten yang kamu tawarkan unik dan relevan untuk audiens situs yang bersangkutan, hindari taktik spam.

Salah satu cara untuk menemukan situs yang menerima guest post adalah dengan mencari keyword dalam industrimu ditambah kata “guest posting” atau frasa serupa, ini akan menampilkan situs-situs yang menerima guest post.

Promosikan Konten

Promosikan Konten
Promosikan Konten

Salah satu pendekatan yang dapat kamu terapkan selanjutnya adalah memanfaatkan media sosial dengan secara aktif membagikan konten secara teratur menggunakan deskripsi menarik dan visual yang menarik.

Selain itu, melibatkan pelanggan melalui email marketing juga dapat membangun hubungan yang kuat dan meningkatkan visibilitas konten situs webmu.

Entah melalui partisipasi dalam diskusi online, pembuatan infografis menarik, dan penyebaran konten melalui webinar atau podcast dapat menjadi strategi yang efektif.

Selain itu, berikan konten gratis, seperti panduan atau e-book, dan pertimbangkan untuk berpartisipasi dalam kontes atau penghargaan.

Dengan menggabungkan berbagai strategi ini, kamu dapat meningkatkan promosi konten, memperoleh backlink berkualitas, dan secara signifikan meningkatkan DA situs webmu.

Lakukan Audit

Lakukan Audit
Lakukan Audit

Melakukan audit situs web adalah langkah penting dalam upaya meningkatkan Domain Authority. Audit ini mencakup peninjauan menyeluruh terhadap link profile situs webmu di mana untuk memastikan bahwa link yang ada mendukung reputasi dan kredibilitas situsmu.

Selama proses audit, tools SEO dapat digunakan untuk menganalisis secara rinci link profile situs web.

Alat SEO, seperti Ahrefs, Moz, atau SEMrush dapat memindai dan mengumpulkan data tentang berbagai aspek, termasuk link sources, anchor text yang digunakan, dan DA situs yang memberikan link.

Dengan data ini, pemilik situs dapat mengevaluasi kualitas dan relevansi link, serta mendeteksi potensi link berbahaya atau spam.

Selain itu, tools tersebut juga sering menyediakan informasi tentang pertumbuhan atau penurunan jumlah link dari waktu ke waktu, ini membantumu dalam melacak efektivitas strategi tautan.

Hapus Backlink Tidak Berkualitas
Hapus Backlink Tidak Berkualitas

Hasil audit yang telah kamu lakukan memungkinkan kamu mengidentifikasi backlink yang perlu dihapus atau diperbaiki. Jika link toksik atau tidak diinginkan ditemukan, langkah selanjutnya adalah menghapusnya atau mencoba disavow link melalui Google Search Console.

Dengan membersihkan link profile dari link yang merugikan, kamu dapat memastikan bahwa mesin pencari memberikan perhatian positif terhadap situsmu. Ini tidak hanya membantu meningkatkan DA, tetapi juga melindungi situsmu dari risiko penalti.

Link profile yang sehat dan berkualitas tinggi menjadi fondasi penting untuk meningkatkan DA yang pada gilirannya dapat memberikan manfaat signifikan dalam visibilitas situs webmu.

Penting untuk melakukan audit secara berkala untuk mengidentifikasi dan menghapus link berbahaya, serta membangun link yang bermanfaat.

Sebagai penyedia jasa backlink, Optimaise hadir untuk mendukung perjalananmu dalam meningkatkan Domain Authority dan memperoleh visibilitas yang optimal. Jangan ragu untuk menghubungi kami dan temukan bagaimana Optimaise dapat menjadi mitra terpercaya dalam mengoptimalkan performa situs webmu secara keseluruhan!

Baca Juga

Optimaise