Digital MarketingSEO

6 Strategy Backlink Terbaik untuk Optimasi Situsmu

Farid

strategy backlink

Untuk mendapatkan hasil optimasi yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menyusun strategi SEO. Salah satunya adalah backlink, atau tautan balik. Keberadaan backlink bisa membantu meningkatkan traffic ke dalam websitemu dan bahkan meningkatkan faktor otoritas di mata Google. Salah satu kesalahan paling umum saat menerapkan strategy backlink adalah melupakan fakta bahwa tautan balik bisa berubah ke arah toxic, kehilangan relevansi, atau bahkan lenyap.

Artinya, dalam penerapan backlink, kamu perlu mengecek tautan balik yang kamu punya secara rutin. Dan, jangan lupa untuk menggantinya apabila diperlukan. Sebenarnya, ada beberapa cara kreatif yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan backlink berkualitas. Intip tips yang kami berikan berikut ini, yuk!

Mereplikasi Backlink SEO dari Kompetitormu
Mereplikasi Backlink SEO dari Kompetitormu

Kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih apabila bisa mengetahui situs-situs yang menautkan balik ke situs pesaingmu. Backlink dari pesaing kemungkinan besar berada di situs yang relevan dengan niche kamu. Sehingga kamu tahu bahwa itu akan menjadi tautan balik berkualitas untuk SEO. Bagimu mungkin ini terdengar seperti strategy backlink yang sulit. Tapi, ada berbagai alat (gratis dan berbayar) yang membantu menganalisis profil tautan balik pesaingmu.

Di sini, kami menggunakan tool Online Backlink Checker yang tersedia secara gratis. Tapi, cara ini juga bisa kamu pakai untuk alat backlink checker lainnya. Untuk langkah-langkahnya, bisa kamu simak berikut ini:

  1. Pertama-tama, buka tool Online Backlink Checker. Setelah itu, masukkan URL kompetitor pada kolom yang tersedia. Setelah itu, klik tombol “Check Backlinks”. Alat tersebut akan mengaudit domain dan menghasilkan profil tautan balik, termasuk jumlah tautan balik, persentase tautan balik dofollow, dan data historis
  2. Scroll ke bawah dan kamu akan menemukan daftar backlinks yang dimiliki kompetitormu. Untuk menjalankan strategy backlink yang tepat, kamu perlu mencari prospek terkuat. Untuk menemukannya, kamu bisa menyalakan fitur filter berdasarkan “Page InLink Rank and Dofollow”
  3. Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melihat daftar backlink yang ada dan pilih kandidat terbaik. Hubungi pemilik situs untuk melihat apakah mereka bersedia membuat tautan ke situsmu. Hanya satu hal yang perlu diperhatikan: sebelum menghubungi, periksa apakah kamu sudah memiliki tautan balik dari penyedia tersebut. Jika ternyata kamu sudah mendapatkannya dari mereka, maksimalkan backlink tersebut sebelum meminta yang baru
Manfaatkan Strategy Backlink dengan Tautan yang Rusak
Manfaatkan Strategy Backlink dengan Tautan yang Rusak

Pembangunan tautan dengan tautan yang rusak adalah proses menemukan backlink yang mengarah ke halaman 404 di situs lain, menghubungi situs-situs tersebut, dan menyarankan mereka menggantikan tautan 404 dengan tautan yang mengarah ke halaman serupa di situsmu. Ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan tautan balik sambil juga memberikan nilai kepada website yang memberikan backlink.

Baca juga: SEO Keywords: Cara Kerja dan 4 Cara Mendapatkannya

Jika kamu memilih strategy backlink ini, ada 2 cara utama yang bisa kamu pilih untuk menemukan broken backlink yang berkualitas. Yaitu:

Menemukan Broken Backlink dari Kompetitormu
Menemukan Broken Backlink dari Kompetitormu

Lagi-lagi, kamu bisa memanfaatkan situs kompetitormu untuk menemukan broken backlink yang berkualitas. Cara termudah adalah menggunakan tool analisis backlink yang tersedia dengan gratis. Salah satunya adalah SEO SpyGlass. Untuk mendapatkan hasil terbaik, cukup aktifkan fitur filter dofollow untuk menemukan backlink yang menunjukkan peringatan error 404.

Nah, penyedia tautan balik yang rusak sekarang menjadi prospekmu. Kunjungi halaman dari tautan yang rusak tersebut, lihat apakah kamu memiliki halaman yang relevan untuk menggantikannya, dan jika iya, hubungi mereka untuk menyarankan penggantian.

Jika konten yang kamu tawarkan benar-benar relevan, mereka mungkin menggunakan tautanmu karena membantu mereka mengatasi 404 tanpa harus mencari penggantinya. Strategy backlink milikmu ini pun berhasil dan membuatmu bisa mendapatkan backlink yang berkualitas.

Analisis Situs yang Ingin Kamu Dapatkan Tautan Baliknya

Analisis Situs yang Ingin Kamu Dapatkan Tautan Baliknya
Analisis Situs yang Ingin Kamu Dapatkan Tautan Baliknya

Jika ada situs tertentu yang ingin kamu dapatkan backlinknya, kamu dapat menganalisanya untuk melihat apakah ada tautan balik yang rusak atau tidak relevan. Dalam WebSite Auditor, informasi ini disajikan di Struktur Situs > Audit Situs > Tautan > Modul Tautan Rusak.

Analisis Situs
Analisis Situs

Sekali lagi, jika kamu punya pengganti yang relevan, tawarkan kepada pemilik situs. Jika kamu berpikir tautan itu akan menjadi backlink yang berharga, kamu bahkan bisa membuat konten baru yang kemudian kamu tawarkan kepada mereka—namun perlu diingat bahwa tidak ada jaminan usaha yang kamu lakukan akan mendapat balasan.

Satu hal terakhir yang harus kamu terapkan dalam strategy backlink ini adalah: bersikaplah transparan kepada orang yang kamu hubungi. Jangan membuatnya terdengar seolah kamu hanya mencoba membantu mereka. Jelaskan bahwa tautan yang kamu usulkan untuk mereka gunakan berasal dari situsmu, dan kamu berpikir itu akan menjadi pengganti yang relevan. Ingatlah, mereka akan melihat langsung jika kamu mencoba menyembunyikan hal tersebut. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan mereka kepadamu.

Baca juga: Panduan Belajar SEO untuk Pemula

Coba Dapatkan Kembali Tautan Balik yang Hilang

Coba Dapatkan Kembali Tautan Balik yang Hilang
Coba Dapatkan Kembali Tautan Balik yang Hilang

Selain mendapatkan tautan balik baru, sebaiknya luangkan waktu untuk mengetahui tautan balikmu yang telah rusak atau hilang. Dalam SEO SpyGlass, kamu dapat pergi ke Profil Tautan Balik > Tautan Balik dan memperbarui Info Halaman Tautan Balik untuk situs webmu. Alat ini akan memindai ulang halaman yang dipilih dan memberi tahu jika beberapa tautan hilang.

Sedangkan, jika kamu menggunakan Ahrefs, alat lain yang hebat, kamu dapat melihat tautan balik yang hilang di bawah Eksplorasi Situs > Profil Tautan Balik > Tautan Balik > Hilang:

ahrefs backlink
ahrefs backlink

Ada banyak alasan mengapa tautanmu bisa menghilang:

  1. Tautan mungkin telah digantikan oleh pemilik situs (tautan hilang).
  2. Halaman tautan balik mungkin sudah tidak ada (halaman tidak ditemukan).
  3. Situs web mungkin sedang down (situs sedang down).
  4. Halaman mungkin dibatasi dari pengindeksan.

Untuk mengembalikan backlinks yang hilang, kamu perlu menghubungi pemilik situs dan meminta bantuan. Bergantung pada masalahnya, kamu bisa meminta mereka untuk menempatkan tautanmu di halaman lain jika yang sebelumnya sudah dihapus, mengembalikan tautan balik jika telah dihapus, atau menghapus direktif noindex dari halaman mereka.

Bangun Tautan dengan Gambar

Bangun Tautan dengan Gambar
Bangun Tautan dengan Gambar

Gambar menarik perhatian dan memenuhi ruang, sehingga masuk akal jika orang mengkliknya. Oleh karena itu, layak untuk membuat gambar (infografis, grafik, foto produk, komik, atau apapun itu) dan mempromosikannya untuk menarik lebih banyak tautan balik.

Tapi, jika kamu menggunakan gambar sebagai strategy backlink, pastikan bahwa tautan tersebut mengarah ke halaman yang lebih luas tempat gambar itu berada, bukan ke direktori gambar. Tautan direktori gambar (berakhiran .gif, .png, .jpg, dll.) adalah jalan buntu: semua lalu lintas yang masuk ke sana bakal sia-sia.

Semoga strategy backlink di atas bisa membantu kamu mendapatkan hasil optimasi yang diinginkan, ya! Jika kamu ingin mendapatkan kualitas SEO yang terbaik, gunakan saja jasa SEO dari Optimaise. Layanan SEO dari digital agency ini nggak hanya akan melakukan riset keyword maupun menyediakan konten SEO friendly untuk mendongkrak performa websitemu. Tim SEO juga menyediakan layanan backlinks jenis dofollow yang tentunya berkualitas.

Baca Juga

Optimaise