Digital MarketingSEOWordpress

6 Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik

Dila

Plugin SEO Wordpress Terbaik

Optimasi SEO adalah langkah strategi penting untuk membantu meningkatkan peringkat situsmu di search engine. Dengan berada di halaman pertama Google, maka akan semakin banyak orang yang melihat dan bahkan mengunjungi situsmu. Ini tentunya jadi target utama buat kamu yang ingin memasarkan bisnis secara online. Bagi pengguna WordPress, penerapan strategi SEO terasa makin gampang berkat adanya fitur plugin. Tapi, plugin mana nih yang sebaiknya kamu install ke dalam WordPress? Nah, kami punya rekomendasi plugin seo wordpress terbaik, nih! Yuk, simak di sini.

Plugin SEO WordPress Terbaik #1: Yoast SEO

Plugin SEO WordPress Terbaik 1: Yoast SEO
Plugin SEO WordPress Terbaik 1: Yoast SEO

Semua suhu SEO pastinya sepakat kalau Yoast SEO merupakan plugin seo wordpress terbaik. Buktinya, kebanyakan pengguna WordPress rata-rata menggunakan plugin satu ini untuk membantu mengoptimasi situs mereka. Ada banyak banget fitur-fitur menarik yang bisa kamu pakai. Kamu bisa menambahkan SEO title, meta description, hingga meta keywords untuk memaksimalkan optimasi website.

Nah, plugin ini juga bisa membantu kamu dalam memastikan bahwa penempatan keyword dan aspek SEO lainnya yang kamu terapkan sudah tepat. Jadi, kamu benar-benar bisa memastikan bahwa konten yang kamu buat sudah SEO-friendly. Fitur plugin ini bisa membantu kamu menghindari beberapa kesalahan SEO seperti keyword stuffing, tidak adanya keyword di judul dan meta description, dan lain-lain.

Oh ya, plugin Yoast SEO ini bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis, ya! Langkah-langkah menginstall plugin ini juga gampang banget. Simak step-by-stepnya berikut ini:

  1. Pertama-tama, login terlebih dulu ke akun WordPress untuk mengakses Dashboard
  2. Setelah itu, dari pilihan menu sidebar WordPress, klik “Plugin” > “Add New” untuk menambahkan plugin
  3. Pada laman “Add Plugin”, kamu cukup ketikkan keyword “Yoast”
  4. Klik tombol “Install Now” pada pilihan plugin Yoast SEO untuk memulai proses install plugin
  5. Setelah proses install selesai, klik tombol “Activate” untuk mengaktifkan fitur tersebut
  6. Lakukan pengaturan, dan plugin ini bisa kamu gunakan!

Plugin SEO WordPress Terbaik #2: All in One SEO Pack

Plugin SEO WordPress Terbaik #2: All in One SEO Pack
Plugin SEO WordPress Terbaik #2: All in One SEO Pack

Rekomendasi plugin seo wordpress terbaik selanjutnya adalah All-in-One-SEO-Pack. Jumlah pengguna dari plugin ini saja sudah mencapai hingga 3 juta orang. Ini pastinya jadi penguat statement bahwa plugin ini jadi pilihan terbaik untuk optimasi SEO situsmu. Apa saja nih yang ditawarkan oleh plugin satu ini?

Plugin All-in-One SEO Pack ini punya banyak banget fitur yang bermanfaat. Mulai dari mempermudah konfigurasi Google Analytics dan Sitemap XML, hingga optimasi judul, meta description, dan lain sebagainya. Plugin ini bisa kamu download dan gunakan secara gratis. Hanya saja, memang ada beberapa fitur yang hanya bisa dipakai untuk pengguna premium. Untuk menginstall plugin ini, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, masuklah ke halaman Dashboard akun WordPressmu
  2. Setelah itu, klik “Plugins > Add New” dari menu samping WordPress
  3. Masukkan kata kunci “All in One SEO Pack pada kolom pencarian
  4. Klik tombol “Install Now” dan tunggu hingga WordPress selesai menginstall plugin tersebut
  5. Lanjutkan dengan klik “Activate” untuk mengaktifkan plugin
  6. Langkah terakhir, lakukan pengaturan wizard setup sebelum menggunakannya.

Plugin SEO WordPress Terbaik #3: WP Super Cache

Plugin SEO WordPress Terbaik #3: WP Super Cache
Plugin SEO WordPress Terbaik #3: WP Super Cache

Optimasi SEO nggak hanya dari segi pemilihan dan penempatan keyword pada konten saja, lho. Kecepatan loading website juga harus kamu pertimbangkan. Website dengan waktu loading yang cepat tentunya akan lebih bisa menarik banyak traffic dibandingkan situs yang lemot. Search engine juga pastinya lebih menyukai hal tersebut dan membuat peluang situsmu terdongkrak ke halaman pertama Google semakin besar.

Nah, inilah yang menjadi alasan mengapa kamu wajib mengunduh plugin WP Super Cache. Plugin seo wordpress terbaik ini berguna banget untuk membuat file berupa HTML statis yang bisa kamu terapkan ke dalam website WordPress. Dengan memanfaatkan file HTML tersebut, performa loading situsmu akan semakin meningkat. Jumlah pengguna fitur plugin ini pun lumayan besar, yaitu mencapai 1 juta pengguna. Plugin ini bisa kamu dapatkan secara gratis dengan proses install yang gampang banget, yaitu:

  1. Pertama-tama, login terlebih dulu ke akun WordPress untuk mengakses Dashboard
  2. Di Dashboard, klik menu Plugin > Add New
  3. Masukkan keyword “WP Super Cache” dan klik tombol “Install Now”
  4. Setelah proses install plugin selesai, klik “Activate” untuk mengaktifkan plugin tersebut
  5. Lakukan konfigurasi dasar dan pengaturan lanjutan pada plugin tersebut sebelum menggunakannya.

Plugin SEO WordPress Terbaik #4: Google XML Sitemaps

Plugin SEO WordPress Terbaik #4: Google XML Sitemaps
Plugin SEO WordPress Terbaik #4: Google XML Sitemaps

Tahukah kamu kalau Google juga menawarkan plugin seo wordpress terbaik, yaitu Google XML Sitemaps. Fitur plugin ini berguna banget dalam hal pembuatan sitemap XML yang bisa kamu aplikasikan ke dalam WordPress. Sitemap tersebut bisa mempermudah bot crawler dari search engine untuk mengecek struktur situsmu. Di saat yang sama, hal tersebut juga akan memudahkan proses indeks yang dilakukan oleh Google. Peluang situsmu mejeng di halaman pertama search engine pun semakin besar.

Plugin ini bisa kamu download dan gunakan secara gratis. Tapi, jika kamu sudah menginstall plugin ini, sebaiknya jangan menggunakan plugin Yoast dan All-in-One SEO Pack. Cukup salah satu saja, ya. Tujuannya supaya menghindari adanya gangguan atau masalah pada websitemu.

Plugin SEO WordPress Terbaik #5: Broken Link Checker
Plugin SEO WordPress Terbaik #5: Broken Link Checker

Menambahkan tautan internal, eksternal, dan backlink juga penting banget lho untuk mendukung optimasi situsmu. Tapi, jika link tersebut bermasalah atau rusak, maka itu bisa mengakibatkan performa SEO-mu menurun. Makanya, pemantauan dan maintenance link secara rutin penting banget. Nah, untuk mempermudah, kamu bisa install plugin Broken Link Checker.

Dengan menginstall plugin ini, kamu nggak hanya bisa memantau dan mengetahui apabila ada link yang nggak berfungsi. Kamu juga bisa memperbaiki link tersebut melalui plugin ini. Sehingga, kamu nggak perlu melakukannya secara manual. Selain broken link, kamu juga bisa memperbaiki broken images menggunakan plugin ini, lho! Kamu juga bisa mengatur jenis notifikasi yang kamu inginkan jika terdapat broken link pada websitemu. Salah satunya, adalah pemberitahuan melalui email.

Plugin SEO WordPress Terbaik #6: All-in-One Schema.org Rich Snippets

Plugin SEO WordPress Terbaik #6: All-in-One Schema.org Rich Snippets
Plugin SEO WordPress Terbaik #6: All-in-One Schema.org Rich Snippets

Penggunaan rich snippets bisa banget lho dalam membantu memaksimalkan hasil optimasi situsmu. Rich snippet adalah cuplikan yang muncul di bawah website dari hasil pencarian yang memberikan penjelasan singkat mengenai topik konten yang dibahas. Nah, penggunaan rich snippet ini terbukti bisa meningkatkan traffic ke sebuah website secara signifikan. Pemberian rich snippet juga bisa meningkatkan peringkat situsmu di Google selama kamu menyajikan konten yang sesuai dengan keyword.

Baca juga: 3 Cara Memasang Rich Snippet, Ternyata Gampang Banget!

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menambahkan rich snippet pada konten websitemu. Salah satunya adalah dengan menggunakan plugin All-in-One Schema.org ini. Plugin ini membantu kamu membuat rich snippet dengan cara yang sederhana dan gampang banget buat dipraktekkan. Kabar baik lainnya adalah, plugin ini bisa kamu download dan gunakan secara gratis.

Dari rekomendasi seo wordpress terbaik di atas, manakah yang menjadi plugin favoritmu? Jika kamu ingin membuat memperkuat SEO websitemu, boleh banget menggunakan salah satu atau beberapa rekomendasi plugin di atas. Atau, kamu juga bisa menggunakan jasa pembuatan website dari Optimaise.

Di dalam website yang kami buat, tim Optimaise sudah membekali situsmu dengan berbagai plugin yang akan membantu proses maintenance dan optimasi situsmu. Untuk hasil yang lebih optimal, kami sarankan kamu untuk menggunakan jasa SEO yang kami sediakan. Dengan demikian, kamu nggak hanya mendapatkan optimasi dari segi struktur website saja, tetapi juga dari segi konten. Yuk, lakukan pemesanan dengan menghubungi kami sekarang juga!

Baca Juga

Optimaise