Digital MarketingSEO

Clickbait Dinilai Berlebihan, Ini 6 Kelebihan & Kekurangannya

Siti Rohmah Noviah

Dinilai Berlebihan, Ini 6 Kelebihan & Kekurangan Clickbait

Judul konten yang berlebihan itu tidak baik? Pengguna internet saat ini sudah terbiasa mendengar istilah clickbait. Jadi, apakah kamu bisa menggunakannya untuk meraih atensi mereka?

Agar bisa menjawab pertanyaan tersebut, simak artikel satu ini!

Sekilas tentang Clickbait

Seberapa sering kamu melihat iklan atau membaca artikel yang terdengar begitu berlebihan? Hal tersebut bisa jadi merupakan strategi yang digunakan untuk menarik lebih banyak audiens. Bisa jadi itu merupakan clickbait.

Clickbait adalah judul konten yang dibuat semenarik mungkin agar bisa memancing orang untuk mengklik judul tersebut. Bisa juga disebut sebagai tindakan menjanjikan sesuatu secara berlebihan baik pada judul, konten, gambar, atau lainnya.

Jika dilihat dari pengertian di atas, tujuan dari penggunaannya adalah memancing audiens dengan bahasa provokatif sehingga dapat menarik perhatian. Namun, isinya belum tentu sesuai dengan apa yang dijanjikan. Untuk bisa mengenalinya, kamu bisa melihat beberapa ciri-ciri berikut:

  • Judul dibuat menggunakan kalimat provokatif dan berlebihan agar bisa menarik perhatian
  • Melibatkan emosi audiens
  • Menggunakan foto atau gambar yang menarik

Kelebihan Clickbait

Sah-sah saja apabila kamu ingin menggunakan clickbait sebagai strategi content marketing. Akan tetapi, perlu diperhatikan dengan baik agar tidak terlalu berlebihan yang justru membuat audiens tidak tertarik untuk berinteraksi dengan konten yang kamu bagikan.

Pada dasarnya, clickbait mempunyai beberapa kelebihan, yaitu:

Meningkatkan CTR

CTR adalah singkatan dari click through rate yang bisa kamu tingkatkan melalui judul clickbait. Mengapa? Judul tersebut biasanya melibatkan emosi audiens sehingga mereka akan terdorong untuk mengklik konten kamu. Jumlah klik yang didapatkan berdampak pada CTR.

Tahukah kamu? CTR yang tinggi bisa menandakan bahwa konten kamu dinilai relevan dengan kebutuhan audiens. Ini tentu memberikan dampak baik untuk kamu yang sedang menjalankan strategi pemasaran digital.

Baca Juga: Apa Itu Click Through Rate dan Cara 3 Cara Memaksimalkannya

Menambah Pageviews

Selain CTR, pageviews juga bisa bertambah berkat judul konten yang menarik sehingga audiens akan tertarik untuk membaca atau menonton konten karena adanya rasa penasaran dan ketertarikan. Dengan begitu, jumlah pageviews akan bertambah sehingga konten kamu dianggap bermanfaat bagi audiens.

Hal tersebut juga akan memberikan dampak positif pada hasil pencarian di mesin pencari, di mana kamu berpeluang mendapatkan peringkat tertinggi. Bagi beberapa pihak, ini merupakan strategi efektif untuk mendapatkan pemasang iklan.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lebih terutama dari iklan AdSense yang terpasang dan banyak mendapatkan klik dari audiens.

Membantu Proses Branding

Membentuk kepercayaan di dunia online memang perlu upaya yang tepat. Nah, kali ini kamu bisa mencoba clickbait dalam proses branding. Dengan begitu, kesadaran merek akan terus meningkat apabila konten yang kamu bagikan sesuai dengan yang audiens harapkan. Bukan tidak mungkin mereka akan membagikan konten kamu melalui berbagai media sosial.

Kekurangan Clickbait

Selain kelebihan, kamu juga harus mempertimbangkan kekurangannya apabila hendak menggunakan strategi clickbait dalam konten. Adapun kekurangan tersebut adalah:

Citra Buruk

Apabila kamu keliru sehingga membuat clickbait yang berlebihan serta tidak sesuai dengan konten, audiens akan merasa tertipu. Sehingga mereka pada akhirnya akan beranggapan konten-konten tersebut tidak dapat dipercaya. Hal tersebut bisa menyebabkan citra buruk bagi situs dan bisnis kamu.

Traffic Cenderung Tidak Sesuai

Kekurangan lain yang perlu kamu waspadai adalah mendapatkan traffic yang cenderung tidak sesuai dengan harapan. Mengapa? Pengguna yang mengklik konten mungkin tidak sedang mencari apa yang kamu tawarkan, melainkan hanya merasa penasaran saja.

Jadi, ini tidak efektif karena traffic tersebut tidak sesuai harapan. Alhasil, semakin kecil potensi terjadinya transaksi dari para pengunjung situs.

Potensi Bounce Rate yang Tinggi

Meski judul tampak menarik, bukan berarti pengguna internet akan menghabiskan waktu dalam menikmati konten yang kamu bagikan. Ada potensi bounce rate meningkat yang perlu kamu waspadai apabila ternyata konten tidak sesuai dengan judul yang pengguna baca.

Saat situs web kamu memiliki bounce rate yang tinggi, mesin pencari menilai konten di situs tersebut tidak relevan dan tidak bisa memenuhi kebutuhan audiens. Sehingga peringkat di mesin pencari akan menurun.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mulai memperdalam SEO melalui panduan belajar SEO untuk pemula.

Contoh Judul Clickbait

Clickbait bisa kamu gunakan sebagai salah satu strategi content marketing. Istilah satu ini sebenarnya sudah tidak asing di kalangan pengguna internet terutama bagi mereka yang bisa menonton video YouTube. Berikut adalah beberapa contoh judul clickbait untuk tujuan yang berbeda:

Judul Berita

Tidak sedikit artikel berita saat ini menggunakan judul clickbait. Kamu mungkin sudah sering membaca artikel dengan judul seperti itu, bahkan terkesan berlebihan.

Sebagai contoh, Atta Halilintar Buat Surat Perjanjian yang Harus Ditandatangani Ameena Hanna Nur Atta, Isinya Tak Boleh Pacaran Hingga Usia 24 Tahun. Padahal Atta hanya membuat video konten dan tidak benar-benar membuat anaknya menandatangani perjanjian apapun, terlebih anaknya masih kecil.

Judul Artikel

Selain berita, artikel juga banyak yang menggunakan judul clickbait. Bila masih belum ada gambaran, kamu bisa melihat beberapa contoh judul berikut:

  • Cara cepat hasilkan uang dari….
  • Bahaya! Jangan pernah lakukan Ini agar Tubuh tetap Sehat
  • Mengejutkan, Inilah 5 Tips menjaga….

Judul Iklan

Kampanye untuk pemasaran juga tidak jarang memanfaatkan judul clickbait. Klaim yang berlebihan dan penawaran yang begitu menggiurkan akan mampu memancing reaksi banyak orang. Padahal, untuk bisa mendapatkannya, terdapat sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku.

Orang-orang biasanya akan mudah tertarik untuk mengklik call-to-action (CTA) di iklan tersebut, seperti:

  • Terbukti hilangkan flek hitam dalam 10 hari
  • Uang kembali 100 persen apabila pelanggan tidak merasa puas
  • Dapatkan hadiah umroh bareng selebgram kesayanganmu dengan membeli 6 produk ini

Tips Membuat Judul Clickbait

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, clickbait harus kamu manfaatkan dengan bijak. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keuntungan dan meminimalisir kekurangannya bagi situs web atau blog kamu.

Agar tidak asal dalam membuat judul clickbait, pastikan tidak berlebihan dan hanya memberikan janji kosong. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba dalam membuatnya:

  • Pastikan judul selaras dengan isi konten sehingga relevan dengan kebutuhan audiens
  • Libatkan emosi audiens dengan baik baik dalam konten artikel, gambar, video, atau lainnya
  • Coba tambahkan angka pada judul karena efektif menarik perhatian dan memberikan kepastian pada audiens
  • Hindari penggunaan kata atau kalimat berlebihan dan tidak masuk akal
  • Cantumkan bagian yang paling menarik dari konten yang akan kamu bagikan
  • Clickbait harus bisa kamu pertanggungjawabkan sehingga tidak asal dibuat hanya demi mendapatkan perhatian audiens

Dari penjelasan di atas, kamu bisa memahami bahwa clickbait tidak seburuk yang kamu bayangkan. Bahkan bisa menjadi salah satu strategi yang tepat dan efektif dalam menarik perhatian target audiens dengan mempertimbangkan kelebihan dan tips membuatnya.

Apabila kamu masih bertanya-tanya apakah harus menerapkannya dalam upaya optimasi, apakah itu artinya kamu masih ragu dan takut mendapatkan hasil yang kurang?

Mungkin ini saatnya bagi kamu untuk menggunakan jasa SEO Malang terbaik. Semua kebutuhan optimasi akan ditangani oleh ahli di bidangnya. Hubungi Optimaise sekarang juga dan pantau kenaikan peringkat di mesin pencari di kemudian hari.

Baca Juga

Optimaise