TipsEdukasi

Ukuran Feed Instagram untuk 6 Jenis Konten Lengkap Tipsnya!

Tiara Motik

ukuran feed Instagram

Apakah kamu pernah merasa terpesona oleh tampilan feed yang rapi dan tertata dari sebuah brand atau akun seorang selebgram di Instagram? Kecermatan dalam menyusun feed, mulai dari pemilihan warna yang serasi hingga penataan foto yang estetis berdasarkan setiap ketentuan ukuran feed Instagram bakal menciptakan kesan visual yang menarik perhatian.

Mengamati tampilan feed yang menawan dari sebuah brand atau akun selebgram di Instagram bukan sekadar menyaksikan kumpulan gambar, melainkan juga menelusuri kecermatan visual di balik setiap unggahan. Dalam proses penataan foto yang estetis, terdapat keahlian seni yang memadukan elemen-elemen visual. Setiap potret tampaknya dipilih dan disusun dengan penuh perhatian sehingga menciptakan sebuah narasi visual.

Inilah beberapa alasan penting mengapa panduan lengkap ukuran feed Instagram menjadi kunci utama untuk memahami bagaimana cara menciptakan tampilan yang menarik perhatian dan memberikan kesan.

Ketahui Perbedaan Rasio dan Piksel Ukuran Feed Instagram

Ketahui Perbedaan Rasio dan Piksel Ukuran Feed Instagram
Ketahui Perbedaan Rasio dan Piksel Ukuran Feed Instagram

Saat mencari tahu informasi dan beragam referensi lebih jelas terkait ukuran feed Instagram, kamu mungkin bakal menemukan istilah “rasio” dan “piksel”. Kedua istilah ini memang nampak membingungkan, terutama buat kamu yang tidak memiliki latar belakang sebagai seorang fotografer ataupun desainer grafis.

Dalam perjalanan mengenal dunia Instagram, istilah rasio dan piksel sering muncul sebagai elemen kunci yang perlu dipahami. Singaktnya, rasio mengacu pada perbandingan lebar dan tinggi suatu gambar atau video yang umumnya meliputi persegi 1:1, lanskap 1.9:1, dan potret 4:5.

Sementara itu, piksel merupakan satuan pengukuran atau biasa kita kenal sebagai resolusi atau kualitas gambar. Sebagai contoh, gambar pada feed umumnya memiliki resolusi 1080×1080 piksel. Untuk foto profil, resolusi dapat berbeda, misalnya 320×320 piksel. Sedangkan, video Instagram juga dapat memiliki resolusi yang beragam tergantung pada formatnya, seperti 720p atau 1080p.

Setelah memahami esensi rasio dan piksel, saatnya merambah lebih jauh ke panduan praktis ukuran feed Instagram. Apakah kamu memiliki foto memukau yang ingin dibagikan dalam format persegi? Atau mungkin video menarik yang cocok untuk tampil dalam format lanskap? Berikut ini adalah panduan ukuran untuk berbagai jenis feed Instagram yang harus kamu tahu.

Ukuran Foto dan Gambar Feed Instagram

Ukuran Foto dan Gambar Feed Instagram
Ukuran Foto dan Gambar Feed Instagram

Sepertinya tidak ada kesulitan yang berarti saat mengunggah postingan berupa foto dan gambar di Instagram dibandingkan jenis postingan lainnya. Rasio aspek 1:1 menjadi yang paling umum digunakan di feed Instagram. Meskipun penggunaan Instagram untuk berbagi foto dan gambar relatif mudah, berikut ini adalah ukuran postingan Instagram dan rasio yang direkomendasikan untuk masing-masing format postingan.

Format Postingan RasioPikselJenis File
Persegi (square)1:11080×1080 pikselJPG dan PNG
Lanskap (landscape)1.9:11080×608 pikselJPG dan PNG
Potret (portrait)4:5
1080×1350JPG dan PNG
Tabel Ukuran Foto dan Gambar Feed Instagram

Setelah mengetahui beberapa ketentuan dari ukuran foto dan gambar, berikut ini beberapa tips terbaik untuk mengoptimalkan postingan foto dan gambarmu di Instagram:

  • Pastikan setiap foto yang kamu unggah memiliki ukuran file maksimal 30 MB dengan format PNG atau JPG.
  • Untuk tampilan terbaik, unggah gambar dengan lebar 1080 piksel.
  • Gambar dengan resolusi kurang dari 320 piksel akan diperbesar hingga 320 piksel oleh Instagram.
  • Gambar lebih besar dari 1080 piksel akan diubah ukurannya menjadi 1080 piksel.
  • Jika lebar gambar antara 320-1080 piksel dan rasio aspek antara 1.91:1 dan 4:5, Instagram tidak akan mengubah resolusi asli.
  • Gambar dengan rasio aspek yang berbeda akan otomatis dipotong oleh platform.

Ukuran Video dalam Feed Instagram

Ukuran Video dalam Feed Instagram
Ukuran Video dalam Feed Instagram

Meskipun pengalaman mengunggah foto di Instagram cenderung mudah, hal tersebut dapat sedikit berbeda saat berurusan dengan postingan video. Instagram mendukung berbagai format video, termasuk rasio 1:1, 4:5, dan 1.9:1. Namun, penting untuk diingat bahwa ukuran file juga memainkan peran penting dalam kualitas tampilan video.

Untuk memastikan video kamu tampak optimal di feed Instagram, perhatikan resolusi dan rasio aspek yang disarankan oleh platform. Seiring dengan itu, pastikan bahwa durasi video sesuai dengan batasan waktu yang berlaku. Dengan memahami panduan ini, kamu dapat membuat postingan video yang menarik dan sesuai dengan tata letak feed Instagram.

Format Postingan RasioPikselJenis File
Persegi (square)1:11080×1080 pikselMP4, MOV, dan GIF
Lanskap (landscape)1.9:11080×608 pikselMP4, MOV, dan GIF
Potret (portrait)4:51080×1350 pikselMP4, MOV, dan GIF
Tabel Ukuran Video dalam Feed Instagram

Nah, setelah memahami ketentuan berbagai ukuran video dalam feed Instagram di atas, berikut ini beberapa tips terbaik untuk mengoptimalkan postingan videomu:

  • Untuk hasil yang optimal, unggah video dengan lebar 1080 piksel dan rasio 4:5.
  • Gunakan format file yang disarankan, seperti MP4. Ini membantu mempertahankan kualitas video.
  • Batasi ukuran file video agar tidak melebihi 30 MB untuk menghindari potensi kompresi yang signifikan oleh Instagram.
  • Sesuaikan durasi video sesuai dengan batasan waktu yang berlaku di Instagram. Di feed, durasi maksimal umumnya 1-60 detik.
  • Pastikan video stabil dan audio jelas. Sebaiknya gunakan fitur stabilisasi jika diperlukan dan perhatikan kualitas suara agar pengalaman menonton yang lebih baik.

Baca juga: 8 Cara Membuat Undangan Digital, Ternyata Mudah!

Ukuran Instagram Story

Ukuran Instagram Story
Ukuran Instagram Story

Instagram story memiliki rasio aspek 9:16 yang optimal untuk tampilan penuh layar pada perangkat mobile. Pastikan untuk mengikuti rasio ini agar konten story yang akan kamu tampak sesuai dan tidak terpotong. Dengan memahami persyaratan ini, kamu dapat memastikan Instagram story yang telah kamu unggah tampil dengan baik dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengikut.

Format Postingan RasioPikselJenis File
Vertikal
(vertical)
9:161080:1920 pikselJPG, PNG, MP4, MOV, dan GIF
Ukuran Instagram Stories

Dibandingkan dengan berbagai jenis postingan di Instagram, Instagram stories tergolong yang paling mudah untuk digunakan. Seluruh jenis file dan format postingan bisa kamu unggah, tanpa harus khawatir tentang rasio aspek yang rumit. Namun, agar Instagram stories kamu tetap menarik dan tampak profesional, ada beberapa tips terbaik yang dapat kamu pertimbangkan:

  • Sesuaikan konten dengan rasio aspek 9:16 untuk mendapatkan tampilan penuh layar.
  • Gunakan resolusi minimal 1080×1080 piksel, baik untuk gambar ataupun video.
  • Agar seluruh tampilan postingan bisa terlihat jelas dan menyeluruh, pastikan untuk mengosongkan sekitar 250 piksel bagian bawah dan atas gambar atau video dari logo, serta teks atau tulisan.
  • Sesuaikan durasi dan ukuran masing-masing jenis postingan, untuk gambar memiliki durasi 5 detik dengan ukuran maksimal 30 MB, serta video memiliki durasi 1-15 detik dengan ukuran maksimal 250 MB.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

Ukuran Instagram Reels

Ukuran Instagram Reels
Ukuran Instagram Reels

Jauh setelah kemunculan Instagram sebagai media sosial berbasis gambar dan video, telah lebih dari 2 tahun belakangan Instagram memperkenalkan reels. Sejak diluncurkan, reels telah menjadi wadah kreativitas bagi pengguna untuk berbagi video pendek yang tak kalah menarik dari TikTok. Untuk memastikan bahwa setiap momen dalam reels kamu terasa dinamis dan mengikuti perkembangan tren, penting untuk memahami ukuran optimal yang diperlukan berikut ini.

Format Postingan RasioPikselJenis File
Vertikal
(vertical)
9:161080:1920 pikselMP4 dan MOV
Tabel Ukuran Instagram Reels

Instagram reels menonjol sebagai platform yang memberikan kebebasan kreatif tanpa batasan rasio aspek yang rumit. Kamu dapat mengunggah postingan tanpa perlu khawatir tentang penyesuaian yang kompleks. Meskipun begitu, untuk memastikan Instagram reels milikmu tetap menarik dan terlihat profesional, pertimbangkan beberapa tips terbaik berikut:

  • Pilih resolusi video yang tinggi, seperti 1080p, untuk memastikan kualitas visual terbaik pada Instagram reels.
  • Sesuaikan durasi video dengan konten yang ingin kamu sampaikan. Reels dapat memiliki durasi hingga 30 detik, jadi manfaatkan waktu ini secara efektif.
  • Pastikan video yang kamu unggah berjenis MP4 atau MOV dengan ukuran tidak lebih dari 4 GB.

Ukuran Instagram Guides

Ukuran Instagram Guides
Ukuran Instagram Guides

Tak sepopuler dengan jenis postingan lainnya, Instagram Guides tetap menjadi fitur yang berpotensi kuat untuk menyajikan konten yang mendalam dan terorganisir. Fitur ini sangat membantu, terutama untuk kamu seorang pemilik brand atau influencer yang ingin menyampaikan informasi dengan lebih terstruktur dan mendalam kepada pengikut. Instagram Guides memberikan ruang untuk menjelajahi topik secara lebih rinci, menggabungkan foto, cuplikan video, dan deskripsi layaknya sebuah artikel.

Bagi pemilik brand atau seorang influencer, Instagram Guides dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk memandu pengikut melalui produk, pengalaman, atau pandangan tertentu, membangun keterlibatan dan pemahaman yang lebih mendalam. Dengan memahami ukuran yang sesuai untuk Instagram Guides, kamu dapat mengoptimalkan presentasi konten yang informatif dan memukau.

Format PostinganRasioPikselJenis File
Foto Sampul
(cover)
3:41080:1440 pikselJPG dan PNG
Ukuran Instagram Guides

Hal menarik dari Instagram Guides adalah kamu tidak perlu mempersiapkan gambar baru untuk membuatnya. Gambar yang digunakan berasal dari postingan yang telah dipublikasikan, termasuk gambar dari feed atau beranda pengguna lain. Ini memudahkan kamu dalam mengkurasi dan menyusun konten dan memanfaatkan kembali postingan yang sudah ada untuk menciptakan panduan yang informatif dan menarik. Dengan kemudahan ini, Instagram Guides memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam merangkai cerita atau informasi tanpa perlu menciptakan konten visual tambahan.

Ukuran Feed Instagram CarouselFormat Foto dan Video
Ukuran Feed Instagram Carousel
Format Foto dan Video

Sesuai dengan namanya, postingan Instagram dengan jenis carousel memungkinkan pengguna untuk berbagi hingga sepuluh foto atau video dalam satu unggahan. Carousel memungkinkan pengguna untuk menyajikan cerita yang lebih lengkap atau mengeksplorasi berbagai aspek dari suatu konten dengan menggabungkan beberapa gambar dan video dalam satu unggahan. Bagi brand atau kreator, carousel dapat digunakan untuk memamerkan berbagai aspek produk, proyek, atau portofolio dalam satu unggahan sehingga memberikan gambaran yang lebih menyeluruh.

Dengan beberapa kegunaan ini, postingan carousel menjadi alat yang fleksibel untuk mengekspresikan ide, membagikan cerita, atau mempromosikan produk dan layanan dengan cara yang lebih menarik dan komprehensif. Salah satu contohnya seperti ilustrasi gambar postingan carousel di feed Instagram Optimaise di atas. Kalau kamu tertarik membuat postingan carousel serupa, sebaiknya perhatikan ketentuan ukuran feed Instagram carousel, baik format foto dan video lebih dulu.

Format PostinganRasioPikselJenis File
Persegi (square)1:11080:1080 pikselJPG, PNG, MP4, MOV, dan GIF
Lanskap (landscape)1.9:11080×608 pikselJPG, PNG, MP4, MOV, dan GIF
Potret (portrait)4:51080×1350 pikselJPG, PNG, MP4, MOV, dan GIF
Tabel Ukuran Feed Instagram Carousel Format Foto dan Video

Dalam feed, carousel memungkinkan pengguna untuk menampilkan narasi yang lebih lengkap. Dengan berbagai format ini, pengguna dapat mengeksplorasi dan berinteraksi dengan konten lebih lanjut dibandingkan melalui unggahan tunggal. Untuk memastikan bahwa Instagram carousel yang kamu buat tetap menarik dan memberikan kesan profesional, pertimbangkan beberapa tips di bawah ini:

  • Susun foto atau video secara logis untuk membentuk alur cerita yang terhubung. Pastikan ada keterkaitan atau kelanjutan antara setiap elemen dalam carousel.
  • Jika ada elemen penting dalam gambar atau video, pastikan untuk memotongnya dengan bijak agar terlihat jelas dan tidak terpotong.
  • Kalau menggunakan video, pastikan durasinya sesuai dengan konten dan tetap memperhatikan batasan waktu Instagram, biasanya 60 detik per video.
  • Begitupun dengan ukuran filenya, untuk gambar atau foto tidak lebih dari 30 MB, sedangkan video berukuran maksimal 4 GB.

Melalui pemahaman akan ukuran feed Instagram yang sesuai untuk setiap jenis konten, kamu telah meletakkan dasar yang kuat untuk membangun visualisasi yang menarik. Namun, perjalanan ini bukan hanya tentang ukuran, Namun, tak hanya cukup mengetahui ukuran feed, melainkan juga menghadirkan konten yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan karakteristik setiap jenis konten. Tapi, kalau kamu merasa perlu bantuan lebih lanjut dalam mengoptimalkan seluruh jenis konten milikmu di Instagram, Optimaise menyediakan jasa Sosmed Management.

Tim Socmed Management dari Optimaise tidak hanya ahli dalam merancang ukuran feed yang optimal, tetapi juga membantu kamu dalam merencanakan dan melaksanakan strategi media sosial yang efektif. Gak hanya Socmed Management, tapi juga jasa seo dan pembuatan artikel yang bisa kamu cari tahu di sini.

Baca Juga

Optimaise