Digital MarketingSEO

6 Cara Cek Ranking Website melalui Tools Termudah

Dwi

cara cek ranking website

Bagi penggiat SEO, optimasi situs melalui keyword dan konten bukan satu-satunya hal yang penting, lho. Kamu juga wajib banget tahu cara cek ranking website. Percaya nggak percaya, tiap detik pengguna Google melakukan kurang lebih 70.000 pencarian. Dari hasil pencarian tersebut, tentunya pengguna hanya akan memilih website yang muncul pada halaman pertama yang didasarkan dari peringkat yang ditetapkan oleh Google.

Nah, memantau ranking website sangat kamu perlukan untuk mengetahui efektivitas strategi SEO yang kamu terapkan. Sayangnya, masih banyak nih penggiat SEO yang belum tahu cara cek ranking website yang efisien. Kebanyakan masih menggunakan cara manual yang pastinya time consuming banget. Padahal, saat ini ada beberapa tools yang bisa kamu pakai untuk membantu mengecek peringkat websitemu di Google, lho! Yuk, simak ulasannya di sini!

Kenapa Wajib Tahu Cara Cek Ranking Website?

Kenapa Wajib Tahu Cara Cek Ranking Website
Kenapa Wajib Tahu Cara Cek Ranking Website

Sebagai seorang SEO specialist, mengetahui cara cek ranking website memang jadi salah satu skill yang wajib kamu miliki. Mengetahui ranking sebuah website pada Google bisa menjadi modal utama untuk menyusun strategi SEO yang sesuai untuk situsmu. Seandainya hasil dari pengecekan tersebut menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, kamu bisa langsung menerapkan strategi lain untuk memperbaiki keadaan tersebut.

Nah, kenapa kamu perlu tahu cara cek ranking website dengan menggunakan tools? Jawabannya, karena tools yang kamu gunakan bisa membantu proses pengecekan peringkat website dengan lebih menyeluruh dan lebih cepat. Sebaliknya, pengecekan secara manual justru nggak praktis dan pastinya lebih memakan waktu. Kamu juga cenderung melewatkan beberapa aspek penting yang bisa memberikan pengaruh terhadap perbaikan strategi SEO-mu.

Cara Cek Ranking Website dengan Rekomendasi Tools Terbaik

Cara Cek Ranking Website dengan Rekomendasi Tools Terbaik
Cara Cek Ranking Website dengan Rekomendasi Tools Terbaik

Kabar baik nih untuk penggiat optimasi situs pemula! Kamu bisa dengan mudah mencari tahu cara cek ranking website dengan menggunakan rekomendasi tools terbaik. Beberapa dari mereka bahkan bisa kamu pakai secara gratis, lho! Yuk, intip rekomendasi lengkapnya berikut ini:

Cara Cek Ranking Website dengan SERPRobot

Cara Cek Ranking Website dengan SERPRobot
Cara Cek Ranking Website dengan SERPRobot

Buat kamu yang ingin memantau ranking website dan aspek SERP lainnya, bisa banget menggunakan tool SERPRobot. Fitur SERP analysis dari tool ini bakal berguna banget, terutama pada tahap awal pembentukan website. Dengan menggunakan SERPRobot, kamu bisa memantau pergerakan kata kunci dan konten dari websitemu. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur pengecekan ranking situs yang memberikan hasil lebih optimal.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, kamu bahkan juga bisa mengaktifkan fitur filter berdasarkan negara atau lokasi tertentu. Fitur keren lainnya yang ditawarkan oleh tool ini adalah kamu bisa melakukan pengecekan ranking keyword populer sebanyak 10 items sekaligus. Nah, cara cek ranking website dengan menggunakan tool SERPRobot ini adalah:

  • Langkah pertama, kunjungi situs SERPRobot
  • Setelah itu, aktifkan fitur filter target audiens atau “Region” untuk hasil yang lebih akurat sesuai kebutuhanmu
  • Next, masukkan nama domain situs yang ingin kamu cek peringkatnya
  • Jangan lupa untuk turut memasukkan keyword utama yang ingin kamu analisis
  • Klik tombol “Check SERP Now”, dan tunggu beberapa saat hingga tool ini selesai memproses permintaanmu. Gampang banget, kan?

Baca juga: Apa Itu Anchor Text dan 3 Cara Efektif Membuatnya

Cara Cek Ranking Website dengan SERPChecker

Cara Cek Ranking Website dengan SERPChecker
Cara Cek Ranking Website dengan SERPChecker

SERPChecker juga jadi salah satu rekomendasi tool yang disarankan banget bagi kamu yang ingin tahu cara cek ranking website. Yang menarik, kamu nggak perlu download, apalagi membeli tool ini menggunakan uang tunai. Soalnya, tool SERPChecker ini memang bisa kamu pakai secara gratis. Syaratnya, kamu harus mendaftarkan akun terlebih dulu.

Hasil analisis SERPCHecker tergolong lengkap, detail, dan pastinya akurat! Hanya saja ada satu kekurangan, nih. Walaupun gratis dan nggak perlu proses download, kamu hanya bisa menggunakan tool ini secara terbatas! Yup, untuk masing-masing user dengan akun terdaftar cuma bisa memakai fitur pencarian dari tool ini maksimal sebanyak 5 kali saja dalam sehari. Buat kamu yang hanya perlu memantau beberapa situs saja, tool ini sudah lumayan mengakomodasi.

Cara Cek Ranking Website dengan What’s My SERP

Cara Cek Ranking Website dengan What’s My SERP
Cara Cek Ranking Website dengan What’s My SERP

Cara cek ranking website lainnya juga bisa menggunakan tool What’s My SERP. Sama seperti SERPRobot, tool ini juga bisa kamu pakai untuk mengecek efektivitas 10 kata kunci sekaligus. Kamu juga akan dimanjakan dengan cara menggunakan tool ini yang ternyata gampang banget. Simak deh langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Langkah pertama, kunjungi situs resmi What’s My SERP
  2. Masukkan domain situs yang ingin kamu cek peringkatnya
  3. Selanjutnya, masukkan kata kunci target yang ingin kamu ketahui efektivitasnya
  4. Jika kamu ingin tahu ranking situs atau kata kunci berdasarkan daerah atau negara, manfaatkan saja fitur Filter yang tersedia
  5. Klik “Look Up” dan tunggu hingga tool tersebut menampilkan hasil analisisnya. Gampang banget, kan?

Google Search Console

Google Search Console
Google Search Console

Tahu nggak kalau ternyata Google juga menawarkan tool yang efektif banget buat mengecek ranking sebuah website. Hasil analisis dari tool satu ini lengkap banget! Kamu nggak hanya bisa mengetahui peringkat situs dan kata kunci saja. Kamu juga bisa memantau jumlah klik dan traffic yang masuk hingga menambahkan XML sitemap pada situsmu.

FYI, fungsi dari XML sitemap adalah untuk mempermudah Google dalam mengenali situsmu. Cara cek ranking website dengan menggunakan Google Search Console ini gampang banget. Kamu cuma perlu masuk ke situs resmi tool ini dengan menggunakan akun Gmailmu.

Ahrefs

Ahrefs
Ahrefs

Nama Ahrefs pastinya nggak terdengar asing di telingamu, kan? Semua praktisioner SEO pastinya sudah akrab banget dengan tool satu ini. Ahrefs memang menjadi senjata pamungkas untuk membantumu menemukan strategi SEO yang tepat untuk websitemu. Cara mengoperasikan tool ini juga gampang banget, berkat tampilannya yang sederhana dan user-friendly banget.

Untuk mencari tahu tentang ranking sebuah website, kamu memang harus registrasi akun dan membayar biaya langganan perbulan. Tapi, itu semua bakal worth It banget, kok! Semua data yang kamu butuhkan akan tersaji dalam bentuk grafik dan diagram yang menarik dan pastinya gampang dimengerti.

Selain bisa mengetahui posisi ranking dari keyword atau situsmu, kamu juga bisa menyimak informasi tentang jumlah volume pencarian kata kunci yang akan kamu pakai, keyword density, dan lain-lain! Yang jelas, Ahrefs wajib kamu jadikan sebagai tool andalan untuk mendapatkan hasil optimasi terbaik.

SEMRush

SEMRush
SEMRush

SEMRush juga menjadi salah satu tool favorit kami untuk cara cek ranking website. Yang paling kami suka dari tool ini adalah dari segi banyaknya fitur bermanfaat yang ditawarkan. Dengan menggunakan tool ini kamu bisa mengecek kinerja strategi SEO yang kamu terapkan terhadap sebuah website. Kamu bahkan juga bisa memantau perbandingan antara optimasi keyword pada situsmu dengan situs kompetitormu. Dengan demikian, kamu jadi mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan lebih mudah dalam menyusun strategi optimasi.

Itulah ulasan seputar cara cek ranking website yang menarik untuk kamu terapkan. Masing-masing tool punya keunggulan dan kelemahan masing-masing yang bisa kamu pertimbangkan. Memantau ranking website memang sebaiknya dilakukan secara berkala. Tapi, buat kamu yang kesulitan membagi waktu, bisa menggunakan jasa SEO dari Optimaise! Tim SEO specialists kami nggak cuma menyusun strategi optimasi situs saja, lho! Efektivitas dari strategi tersebut juga dipantau secara berkala. Dan, kamu akan mendapatkan laporan rutin mengenai progress peringkat situsmu di Google! Untuk memesan paket jasa SEO yang kamu butuhkan, bisa langsung menghubungi CP, ya!

Baca Juga

Optimaise