Digital MarketingSEO

5 Peran Utama Keyword dalam SEO yang Berkelanjutan

Tiara Motik

5 Peran Utama Keyword dalam SEO yang Berkelanjutan

Saat kamu membuka browser dan menuju ke mesin pencari, kamu biasanya akan mengetikkan atau mengucapkan beberapa kata sebelum menekan “enter” atau “search”.

Setelah itu, kamu akan melihat hasil yang muncul dan memilih halaman yang terlihat paling sesuai. Setelah halaman tersebut terbuka, kamu pun menemukan jawaban yang kamu cari.

Kata-kata yang kamu ketikkan di mesin pencari inilah yang dikenal dengan keyword. Ia sangat berpengaruh dalam memudahkan kamu menemukan blog atau situs web.

Kita akan membahas beberapa peran utama keyword dalam SEO dan bagaimana mereka dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat situs webmu di mesin pencari.

Apa itu Keyword?

Apa itu Keyword?
Apa itu Keyword?

Keyword adalah istilah atau frasa yang pengguna ketik di mesin pencari untuk menemukan konten yang relevan dengan pertanyaan mereka.

Karena keyword berasal dari pencarian pengguna, memasukkan istilah ini ke dalam strategi kontenmu dapat membantu mesin pencari memberi peringkat pada halaman situs webmu dan memungkinkan pengguna menemukan kontenmu saat mereka mencarinya.

Karena itu, penting untuk memahami cara melakukan riset keyword agar dapat menemukan keyword yang sesuai dengan topik di situs webmu. Dengan begitu, kamu dapat membuat strategi SEO dan PPC (Pay per Click) yang efektif.

Peran Utama Keyword dalam SEO

Peran Utama Keyword dalam SEO
Peran Utama Keyword dalam SEO

Keyword memiliki peran penting dalam menentukan seberapa mudah pengguna dapat menemukan situs webmu. Keyword tidak hanya membantu mesin pencari memahami isi kontenmu, tetapi juga membantu mengarahkan traffic yang tepat ke halamanmu.

Dengan menggunakan keyword yang relevan dan strategis, kamu dapat meningkatkan visibilitas situs webmu di hasil pencarian dan menarik lebih banyak pengunjung yang tertarik pada topik yang kamu bahas.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Keyword untuk Meningkatkan Visibilitas di Mesin Pencari

Berikut ini, kita akan membahas peran utama keyword dalam SEO dan bagaimana mereka dapat membantu meningkatkan performa situs webmu.

Keyword Mendorong Traffic

Keyword adalah istilah yang digunakan orang dalam mesin pencari untuk menemukan situs web. Peran utama keyword dalam SEO sangat penting karena membantu orang menemukan situs webmu dan bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah tautan yang mengarah ke situs webmu.

Misalnya, ketika seseorang mencari “sepatu lari” dan menemukan halaman di situs e-commerce yang menjual berbagai merek sepatu lari, mereka mungkin akan meng-klik untuk melihat lebih banyak produk atau membaca ulasan sebelum membeli.

Jika kamu telah melakukan riset keyword dengan baik, halaman ini akan muncul di hasil pencarian Google ketika seseorang mencari “sepatu lari mereka nike”. Ini berarti lebih banyak pengunjung untukmu.

Semakin spesifik keyword, maka semakin besar kemungkinan keyword tersebut akan memberikan hasil yang baik ketika seseorang mencarinya.

Ini dapat membantumu mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian Google dan menarik lebih banyak traffic dari SERP (Search Engine Results Page).

Keyword dapat Meningkatkan Konversi

Keyword dapat membantu meningkatkan kegunaan dan navigasi situs webmu, yang pada gilirannya dapat meningkatkan tingkat konversi.

Melakukan riset keyword adalah bagian penting dari proses SEO karena membantumu memahami apa yang dicari orang di Google untuk menemukan apa yang mereka butuhkan di situs webmu.

Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan pencari, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk menjadi pelanggan.

Banyak perusahaan berpikir bahwa SEO hanya tentang membuat banyak konten dan berharap konten tersebut mendapat peringkat tinggi. Meskipun membuat konten adalah bagian penting dari SEO, itu hanya sebagian dari keseluruhan strategi.

Untuk meningkatkan peringkat SEO, kamu perlu memahami cara kerja mesin pencari seperti Google dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peringkat yang baik. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan bekerja sama dengan agensi SEO yang berpengalaman.

Keyword Menunjukkan Identitas Situs Web

Keyword tetap penting karena membantu mesin pencari memahami isi situs webmu. Misalnya, jika kamu memiliki blog tentang ras kucing dan sering menggunakan kata “kucing” di seluruh situs webmu, maka jelas bahwa kontenmu akan membahas seputar kucing.

Mesin pencari akan menggunakan informasi ini untuk menampilkan situs webmu ketika seseorang mencari “kucing.” Keyword juga membantu membangun hubungan dengan calon pelanggan dengan menyediakan informasi yang relevan yang mereka cari dan meningkatkan pengalaman mereka di situs webmu.

Memiliki strategi keyword yang kuat sangat penting, tetapi memastikan bahwa kontenmu menggunakan kata yang tepat di tempat yang tepat juga sama pentingnya.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan alat Keyword Planner dari Google. Alat ini memungkinkan kamu mengetikkan keyword dan melihat berapa banyak orang yang mencarinya setiap bulan serta seberapa populer variasi tertentu dari kata tersebut.

Keyword Membantu dalam Mengoptimasi Konten

Peran utama keyword dalam SEO tidak hanya berguna untuk pencarian awal, mereka juga meningkatkan kemungkinan kontenmu ditemukan, relevansi, dan keterbacaan.

Menulis dengan menggunakan keyword membuat tulisanmu lebih mudah diakses dan bermanfaat bagi pembaca yang mencari jawaban atas pertanyaan atau masalah mereka.

Ketika kamu menulis dengan berfokus pada keyword sekaligus audiens, maka kontenmu menjadi lebih SEO-friendly.

Mesin pencari menggunakan keyword untuk memahami isi halaman dan menentukan seberapa relevan halaman tersebut dengan kueri penelusuran. Memiliki daftar keyword target juga akan membantumu merencanakan strategi kontenmu dengan lebih baik.

Jenis-jenis Keyword

Jenis-jenis Keyword
Jenis-jenis Keyword

Jika kamu mengetik “kamera” di mesin pencari, hasilnya akan menampilkan berbagai informasi yang terkait dengan kata tersebut. Di sini, “kamera” adalah contoh short keyword. Keyword bisa dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan panjangnya:

  1. Short keyword yang terdiri dari satu atau dua kata.
  2. Long-tail keyword yang biasanya terdiri dari tiga kata atau lebih.

Short keyword biasanya mencakup topik yang luas, sedangkan long-tail keyword lebih spesifik. Misalnya, long-tail keyword untuk “kamera” bisa berupa “kamera DSLR terbaik”.

Memahami jenis keyword yang perlu kamu gunakan di situs web atau blogmu memerlukan sedikit penelitian. Ketika kamu melakukan riset keyword, kamu akan mulai mengenali perbedaan antara memilih keyword yang relevan dan menulis untuk memenuhi maksud pencarian pengguna.

Jumlah Keyword yang Digunakan

Jumlah Keyword yang Digunakan
Jumlah Keyword yang Digunakan

Pertanyaan tentang jumlah keyword yang optimal untuk konten SEO sering menjadi topik yang diperdebatkan dalam dunia SEO.

Jika sebelumnya marketer sering kali mengatur jadwal konten mereka berdasarkan keyword tertentu dengan fokus pada berapa kali keyword tersebut harus muncul dalam konten.

Mereka akan bekerja dengan tim untuk mencari keyword yang relevan dengan produk atau layanan mereka menggunakan alat riset keyword dan menganalisis variasi keyword yang dapat meningkatkan traffic ke situs web mereka.

Namun, seiring berjalannya waktu, pendekatan ini mulai ditinggalkan karena terlalu banyak konten yang tidak relevan dan kurang berkualitas dibuat hanya untuk mengoptimalkan keyword tertentu.

Mesin pencari, terutama Google, menggunakan algoritma yang semakin canggih, mulai lebih memilih konten yang relevan secara kontekstual daripada sekadar keyword.

Sebagai hasil dari perubahan ini, pentingnya jumlah keyword dalam konten juga menjadi berkurang. Kini fokusnya beralih ke kepadatan keyword, yaknk rasio antara keyword dan jumlah kata keseluruhan di dalam artikel.

Selain menggunakan rumus untuk menghitung kepadatan keyword, kamu juga dapat melakukan analisis kompetitif untuk memeriksa kepadatan keyword untuk keyword tertentu yang juga ditargetkan oleh pesaingmu.

Tidak ada trik ajaib untuk mencapai halaman pertama Google dalam hal SEO. Tapi, yang terpenting adalah membuat konten SEO yang relevan dan berkualitas tinggi secara konsisten, serta memikirkan keberlanjutan konten tersebut.

Langkah Mudah untuk Menemukan Keyword

Langkah Mudah untuk Menemukan Keyword
Langkah Mudah untuk Menemukan Keyword

Menemukan keyword yang tepat adalah langkah penting dalam strategi SEO. Dengan menggunakan keyword yang relevan dengan bisnis atau topikmu, kamu dapat meningkatkan visibilitas situs webmu di mesin pencari dan menarik lebih banyak pengunjung yang berpotensi menjadi pelanggan.

Namun, proses menemukan keyword yang efektif tidak selalu mudah. Uraian berikut ini akan membahas langkah-langkah mudah untuk menemukan keyword yang sesuai dengan target pasarmu dan strategi SEO.

Tentukan Target Audiens

Untuk memulai strategi marketing yang efektif, kami perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang audiens targetmu. Dalam melakukan riset keyword, penting untuk memahami pertanyaan atau masalah apa yang ingin dipecahkan oleh audiensmu.

Pada tahap ini, penting untuk berpikir secara luas tentang topik pencarian yang relevan dengan masalah atau pertanyaan tersebut.

Sebagai contoh, jika kamu menjalankan toko online yang menjual perlengkapan hiking, kamu mungkin ingin menargetkan mereka yang mencari informasi tentang “perlengkapan hiking terbaik untuk pemula”.

Menggunakan topik konten yang lebih umum sebagai titik awal dapat membantumu membangun strategi konten yang lebih terarah dan efektif.

Baca juga: Cara Membuat Konten yang SEO Friendly dalam 8 Langkah Mudah

Persempit Fokus Keyword

Setelah mengidentifikasi pertanyaan atau masalah yang ingin kamu atasi, langkah selanjutnya adalah membuatnya lebih spesifik.

Mempersempit fokus membantumu menyajikan konten kepada audiens targetmu dan menggunakan keyword yang lebih spesifik dan kurang bersaing.

Salah satu cara untuk mempersempit fokus kata kunci adalah dengan menggunakan lsigraph.com. Ini adalah proses menghasilkan variasi search query dengan menentukan seberapa dekat hubungan istilah penelusuran tertentu dengan istilah penelusuran lainnya.

Di mana ia memungkinkan kamu menghasilkan banyak ide keyword dengan cepat dan mudah. Setelah kamu memiliki daftar keyword yang lebih spesifik, kamu dapat menggunakan alat seperti Google Keyword Planner untuk menganalisis keyword yang kompetitif.

Analisis ini membantumu menentukan keyword mana yang paling potensial untuk digunakan dalam strategi digital marketingmu.

Lakukan Riset dan Analisis Secara Mendalam

Saat kamu membuat konten berdasarkan keyword tertentu, penting untuk memiliki strategi yang terarah daripada hanya membuat konten secara acak. Kami dapat menggunakan alat seperti Google Search Console untuk melacak kinerja situs webmu untuk keyword tersebut.

Google Search Console membantumu melihat apakah traffic situs webmu meningkat dari keyword yang tidak kamu rencanakan untuk diberi peringkat. Informasi ini dapat membantumu menyempurnakan strategi kontenmu di masa depan.

Mengetahui ini akan membantumu lebih memahami perilaku pengguna dan mengidentifikasi peluang baru untuk menarik lebih banyak pengunjung ke situs webmu.

Keyword memainkan peran penting dalam strategi SEO. Dengan menggunakan keyword yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan audiens, kamu dapat meningkatkan visibilitas situs webmu di mesin pencari dan menarik lebih banyak pengunjung.

Jika kamu mencari bantuan dalam mengelola strategi SEOmu, Optimaise adalah pilihan yang tepat. Dengan pengalaman dalam menyediakan jasa SEO, Optimaise siap membantu meningkatkan peringkat situs webmu dan mengoptimalkan kinerja SEO bisnismu secara keseluruhan.

Baca Juga

Optimaise