Digital MarketingSEO

5 Cara Manfaatkan People Also Search For untuk SEO

Siti Rohmah Noviah

5 Cara Manfaatkan People Also Search For untuk SEO

Pernah dengan istilah People Also Search For dalam penggunaan internet dan mesin pencari? Jika kamu sering menggunakan Google untuk mencari informasi, kamu mungkin pernah melihat bagian “People Also Search For”.

Fitur ini diluncurkan diam-diam pada tahun 2018 untuk membantu pengguna menemukan informasi lebih lanjut jika hasil pencarian awal mereka tidak memuaskan.

Misalnya, seseorang mungkin ingin tahu “cara melakukan content marketing” dan mencari dengan keyword “content marketing”. Google akan menampilkan berbagai artikel yang menjelaskan “apa itu content marketing” yang mungkin bukan yang mereka cari.

Dengan fitur “People Also Search For”, Google membantu pengguna menemukan hasil yang lebih relevan dan spesifik sesuai dengan kebutuhan mereka.

Nah, kali ini kita akan mencari tahu bersama-sama agar semakin banyak istilah dalam optimasi website yang bisa diketahui.

Sekilas tentang People Also Search For

Salah satu fitur dari Google, yakni People Also Search For atau yang bisa disingkat dengan PASF ini adalah fitur yang pengguna bisa manfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak saran pencarian terkait kueri asli.

PASF akan muncul di halaman hasil pencarian setelah pengguna mengklik situs dan kemudian menavigasi kembali ke hasil awal.

Dalam versi mobile, PASF biasanya muncul saat kamu scroll down hasil pencarian sebelum mengklik salah satu hasil yang kamu lihat. Fitur yang diluncurkan pada tahun 2018 ini bertujuan mempercepat dan mempermudah pen guna untuk menyempurnakan pencarian mereka.

People Also Search For berisi wawasan berharga tentang perilaku pencarian bagi pemilik situs web. SEO “PASF” adalah proses menggunakan data tersebut untuk menyesuaikan kontenmu guna memenuhi kebutuhan pengguna.

Cara Kerja People Also Search For

People also search for menghasilkan kueri berdasarkan riwayat pencari itu sendiri dan pola pencarian orang lain yang telah menjelajahi topik serupa.

Hal tersebut dipicu ketika Google menganggap pengguna tidak menemukan apa yang mereka cari. Biasanya muncul di bawah hasil pencarian yang sebelumnya di klik pengguna. Dan menyediakan enam hingga delapan istilah pencarian alternatif.

Penting untuk tidak membingungkan PASF dengan fitur Google SERP lainnya, seperti:

  1. People Also Ask (PAA): serangkaian pertanyaan dan jawaban yang terkait dengan pencarianmu.
  2. Related searches: perbedaan antara “Related searches” dan “People also search for” adalah “Related searches” muncul di bagian bawah SERP dan sering kali menyertakan gambar serta cuplikan unggulan.
  3. Google autocomplete: kueri pencarian yang diprediksi Google secara real-time saat kamu mengetik.

Pemula dalam optimasi website? Kali ini, kamu bisa mulai mempelajari SEO melalui panduan belajar SEO untuk pemula satu ini.

Cara Memanfaatkan People Also Search For untuk SEO

Fitur people also search for ini menampilkan keyword relevan lainnya yang sering digunakan oleh pengguna lain ketika mencari topik serupa. Jadi, jika kamu meng-klik salah satu hasil pencarian dan kembali ke halaman hasil, kamu akan melihat beberapa saran keyword baru yang mungkin lebih sesuai dengan apa yang kamu cari.

Ini membantumu menemukan informasi yang lebih spesifik dan relevan dengan lebih mudah. Nah, untuk melakukan optimasi situs agar mendapatkan hasil peringkat pencarian yang lebih tinggi, kamu juga bisa memanfaatkan people also search for.

Fitur satu ini membantu meningkatkan performa SEO melalui konten yang lebih tertarget, relevan, dan bermakna. Adapun cara memanfaatkan PASF untuk SEO adalah sebagai berikut.

Dapatkan Lebih Banyak Ide Topik Baru

Mengungkap pertanyaan terkait yang belum dibahas dalam kontenmu saat ini dapat memberikan wawasan berharga dan menginspirasi ide-ide baru untuk membuat konten.

Misalnya, kamu sudah memiliki konten bagus tentang nutrisi kucing.

Baca juga: 3 Cara Menemukan Keyword Phrase Melalui Panduan Praktis

Meneliti data PASF dapat membantu kamu menemukan istilah penelusuran terkait lainnya yang digunakan orang-orang, seperti “panduan makanan kucing yang baik”, “panduan memberi makan untuk kucing”, atau “bagan nutrisi kucing”.

Kemudian, kamu dapat membuat konten seputar topik ini untuk menarik pengguna yang mencarinya. Dan arahkan lalu lintas yang lebih relevan ke situs

Utamakan Peluang Konten

Untuk menganalisa people also search for, coba gunakan data seperti search volume bulanan yang dapat membantu mengutamakan konten mana yang harus kamu buat. Mengapa? Kamu bisa melihat istilah mana yang orang-orang gunakan di Google saat melakukan pencarian.

Dengan mengetahui istilah mana yang paling sering dicari orang di Google atau keyword PASF dengan persaingan lebih rendah, kamu bisa memilih topik yang lebih mudah untuk diperingkat di mesin pencari.

Kamu dapat mengetahui search volume untuk berbagai istilah menggunakan alat Keyword Overview dari Semrush. Berikut caranya:

  1. Buka alat Keyword Overview di Semrush.
  2. Masukkan keyword yang ingin kamu analisis.
  3. Klik “Search“.

Alat ini akan memberikan data berharga, seperti search volume, variasi keyword, tingkat keyword difficulty (KD), search intent, pertanyaan, dan banyak lagi.

Melalui informasi ini, kamu bisa membuat konten yang menarik dan relevan secara strategis, meningkatkan kehadiran onlinemu, dan memenuhi kebutuhan audiensmu.

Optimasi Konten yang Ada

Untuk bisa mendapatkan lebih banyak pencari dan search intent yang lebih baik, mengapa tidak mencoba menambahkan keyword yang berhubungan dengan PASF ke konten yang ada?

Kamu dapat menjangkau lebih banyak pencari dan menargetkan search intent dengan lebih efektif, yakni memahami apa yang ingin dicapai pengguna dan membantu mereka mencapainya dengan menambahkan keyword terkait dari PASF ke kontenmu yang sudah ada.

Misalnya, kamu sudah membuat konten berupa panduan dalam memilih makanan kucing. Kemudian, cari tahu apa saja yang pengguna internet cari seputar topik dan tambahkan beberapa istilah terkait lainnya, seperti makan kucing terbaik, makanan basah kucing terbaik, atau lainnya.

Kamu bahkan bisa membuat meningkatkan konten dengan menggunakan bagian baru, seperti makanan tidak baik untuk kucing.

Baca Juga: Ketahui 4 Jenis Search Intent & Temukan Keyword Terbaik

Buat FAQ

Mungkin kamu belum menyadari bahwa FAQ merupakan cara tepat untuk menargetkan keyword yang lebih baik. Hal tersebut juga menyediakan konten bermakna untuk pengguna.

Memasukkan wawasan dari saran PASF ke bagian FAQ dapat membantumu membuat sumber daya yang komprehensif dan ramah pengguna.

Coba buat bagian FAQ sehingga bisa membantu dalam menargetkan lebih banyak kata kunci yang relevan di waktu yang sama. Bahkan, kamu bisa menarik lebih banyak pengunjung situs hanya melalui satu halaman situs.

Misalnya, halaman FAQ Wells Fargo menarik 2.800 pengunjung dari pencarian organik setiap bulan berdasarkan data dari alat Domain Overview Semrush. Mereka mencapainya dengan menjawab berbagai pertanyaan umum yang sering dicari tentang rekening kartu kredit.

Membuat bagian FAQ berdasarkan data seperti ini dapat membantumu menargetkan beberapa keyword relevan sekaligus, serta menarik banyak pengguna ke satu halaman. Dengan demikian, kamu bisa meningkatkan traffic ke situs webmu secara signifikan.

Kamu juga bisa memanfaatkan people also search for dengan menambahkan hyperlink ke beberapa halaman di situs web. Sehingga bisa membantu merangking situs dengan memberikan sinyal adanya konten yang relevan.

Cara satu ini juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) dan menunjukkan kepada mesin pencari bahwa kamu memiliki konten yang komprehensif.

Misalnya, dalam “panduan memilih makanan kucing yang baik”, kamu bisa menyertakan link ke panduan lain yang kamu miliki, seperti “dry food kucing terbaik” atau “makanan kucing terbaik untuk kucing dewasa”.

Hal ini membantu pengguna menemukan informasi lebih lengkap dan terarah, sekaligus meningkatkan kredibilitas situs webmu di mata mesin pencari.

Tools untuk Mendapatkan Data People Also Search For

Perlu data “People Also Search For” untuk memaksimalkan hasil SEO? Memahami pertanyaan dan keyword yang sering dicari oleh pengguna dapat menjadi kunci untuk menarik lebih banyak pengunjung ke situs webmu.

Dengan menggunakan alat-alat khusus untuk mendapatkan data PASF, kamu dapat mengidentifikasi istilah pencarian tambahan yang relevan dan menyusun konten yang lebih komprehensif serta tepat sasaran.

Alat-alat ini memungkinkan kamu melihat apa yang dicari orang lain terkait topikmu, sehingga kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan memenuhi kebutuhan pencarian mereka dengan lebih baik. Mari kita eksplorasi beberapa rekomendasi tools terbaik yang dapat membantumu dalam hal ini.

Topic Search Semrush

Topic search adalah alat dari Semrush yang menyediakan berbagai ide konten berdasarkan kueri yang pengguna internet gunakan. Cara menggunakan alat ini tergolong mudah, yaitu dengan mengetikkan topik yang kamu ingin cari dan pilih “Get content ideas“.

Setelah hasil ditampilkan, klik pada salah satu pencarian terkait yang bisa kamu jadikan sebagai topik pencarian baru. Kemudian, kamu akan melihat daftar topik baru.

Kamu akan melihat daftar kartu yang menampilkan topik terkait beserta search volume masing-masing. Pilih salah satu topik yang ingin kamu jelajahi dan klik “Show more“.

Di jendela baru, kamu akan melihat berita utama populer dari hasil pencarian Google dan pertanyaan terkait yang juga sering dicari oleh pengguna tentang topik tersebut.

Di bagian bawah, kamu juga akan melihat “Related searches“. Meng-klik salah satu pencarian terkait ini akan memulai pencarian topik baru, dan kamu akan melihat daftar kartu baru yang terkait dengan topik baru tersebut.

Keyword Magic Tool

Selanjutnya, masih dari Semrush, ada Keyword Magic Tool yang akan sangat membantu melihat pencarian populer tentang topik yang kamu gunakan.

Tool tersebut memberikan daftar keyword responsif, serta mengelompokkan istilah penelusuran terkait ke dalam subgrup topik tertentu. Berikut cara menggunakan alat ini untuk mencari data “People Also Search For” (PASF):

  1. Buka alat tersebut dan masukkan keyword yang ingin kamu jelajahi.
  2. Klik “Search“.

Alat ini akan menampilkan daftar keyword yang terkait dengan keyword asli yang kamu masukkan. Di kolom sebelah kiri, kamu akan melihat daftar subgrup keyword yang dikelompokkan berdasarkan topik yang berbeda, masing-masing berdasarkan keyword umum.

Jika kamu meng-klik panah di sebelah kiri keyword, maka kamu akan melihat subgrup tambahan. Kamu juga dapat melihat data penting untuk setiap permintaan pencarian, seperti search intent, search volume, dan tingkat keyword dificulty (KD).

Untuk mendapatkan data lebih lanjut, kamu dapat meng-klik pengubah “Related“. Di samping daftar istilah pencarian, kamu akan melihat metrik “Related” yang menunjukkan seberapa erat kaitan kueri ini dengan keyword yang kamu masukkan.

Metrik ini diukur di luar skala 100, di mana semakin tinggi angkanya, maka semakin erat hubungannya dengan keyowrd asli. Jika sebuah keyword sangat erat hubungannya, kamu dapat menggunakan informasi ini untuk mengoptimalkan konten yang sudah ada. Kamu bisa menargetkan beberapa istilah pencarian yang terkait erat dalam satu konten.

Namun, jika sebuah keyword kurang berkaitan, kamu mungkin perlu membuat konten terpisah untuk menargetkan keyword tersebut dengan lebih tepat.

SERP dari Google

SERP adalah singkatan dari search engine result page, yaitu sumber yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk menemukan kueri people also search for di Google.

Cari keyword atau pertanyaan yang berhubungan dengan topik pilihan kamu dan lihat saran pencarian yang Google berikan. Untuk melihat kueri PASF, klik di bagian hasil dan kemudian klik tombol kembali agar bisa kembali ke halaman hasil mesin pencari.

Google akan menampilkan kueri sesuai data yang tersedia. Namun, tidak semua PASF muncul. Itulah kenapa sebaiknya kamu juga menggunakan tool lain seperti yang disediakan oleh Semrush.

Kamu juga dapat melihat pertanyaan terkait melalui fitur “Related search” di Google dan melalui fungsi pelengkapan otomatis. Untuk melihat “Related search”:

  1. Ketikkan permintaan pencarianmu ke Google dan tekan enter.
  2. Gulir ke bawah hingga kamu melihat bagian “Related search” yang menawarkan saran untuk pencarian populer lainnya seputar topik yang kamu cari.

Keyword Everywhere

Keyword everywhere adalah ekstensi berbayar untuk browser Chrome dan Firefox yang menyediakan informasi kata kunci secara langsung di SERP.

Saat ekstensi terpasang, kamu bisa langsung melakukan pencarian dan dua widget akan muncul di bagian kanan SERP. Widget paling atas menampilkan keyword terkait dan widget bawah menyediakan kueri people also search for.

Di dalam widget ini, kamu juga dapat melihat search volume, cost per click (CPC), dan tingkat persaingan untuk setiap istilah pencarian.

Data ini sangat berguna untuk membimbing strategi keyword dan kontenmu. Dengan memahami keyword yang paling dicari dan tingkat persaingannya, kamu dapat mengoptimalkan situs webmu untuk mencapai peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian.

Gunakan People Also Search For untuk Membuat Konten

Sudah menemukan keyword bervolume tinggi berdasarkan data PASF? Jika demikian, artinya kamu bisa mulai membuat konten untuk menargetkan keyword tersebut. Ini akan sangat membantu dalam menaikkan lalu lintas ke situs web.

Informasi seputar people also search for di atas mungkin tidak pernah kamu ketahui sebelumnya. Tetapi, pernahkah membayangkan bagaimana kata kunci yang mungkin juga orang cari dapat membantu mendapatkan hasil SEO yang lebih baik?

SEO adalah upaya yang membutuhkan komitmen jangka panjang. Apabila kamu masih merasa awan dan tidak ingin melakukan kesalahan yang berdampak pada hasilnya, mengapa tidak memanfaatkan jasa SEO Malang terbaik? Jasa tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui Optimaise.

Baca Juga

Optimaise