Digital MarketingSEO

5 Cara Manfaatkan People Also Search For untuk SEO

Siti Rohmah Noviah

5 Cara Manfaatkan People Also Search For untuk SEO

Pernah dengan istilah people also search for dalam penggunaan internet dan mesin pencari? Nah, kali ini kita akan mencari tahu bersama-sama agar semakin banyak istilah dalam optimasi website yang bisa diketahui.

Sekilas tentang People Also Search For

Salah satu fitur dari Google, yaitu people also search for adalah fitur yang pengguna bisa manfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak saran pencarian terkait kueri asli. PASF akan muncul di halaman hasil pencarian setelah pengguna mengklik situs dan kemudian menavigasi kembali ke hasil awal.

Dalam versi mobile, PASF biasanya muncul saat kamu scroll down hasil pencarian sebelum mengklik salah satu hasil yang kamu lihat. Fitur yang diluncurkan pada tahun 2018 ini bertujuan mempercepat dan mempermudah pen guna untuk menyempurnakan pencarian mereka.

People also search for berisi wawasan berharga tentang perilaku pencarian bagi pemilik situs web. SEO “PASF” adalah proses menggunakan data tersebut untuk menyesuaikan konten Anda guna memenuhi kebutuhan pengguna.

Cara Kerja People Also Search For

People also search for menghasilkan kueri berdasarkan riwayat pencari itu sendiri dan pola pencarian orang lain yang telah menjelajahi topik serupa.

Hal tersebut dipicu ketika Google menganggap pengguna tidak menemukan apa yang mereka cari. Biasanya muncul di bawah hasil pencarian yang sebelumnya di klik pengguna. Dan menyediakan enam hingga delapan istilah pencarian alternatif.

Pemula dalam optimasi website? Kali ini, kamu bisa mulai mempelajari SEO melalui panduan belajar SEO untuk pemula satu ini.

Cara Memanfaatkan People Also Search For untuk SEO

Nah, untuk melakukan optimasi situs agar mendapatkan hasil peringkat pencarian yang lebih tinggi, kamu juga bisa memanfaatkan people also search for. Fitur satu ini membantu meningkatkan performa SEO melalui konten yang lebih tertarget, relevan, dan bermakna.

Adapun cara memanfaatkan PASF untuk SEO adalah sebagai berikut:

Dapatkan Lebih Banyak Ide Topik Baru

Mengungkap pertanyaan terkait yang belum dibahas dalam konten Anda saat ini dapat memberikan wawasan berharga dan menginspirasi ide-ide baru untuk membuat konten.

Misalnya, kamu sudah memiliki konten bagus tentang nutrisi kucing.

Baca juga: 3 Cara Menemukan Keyword Phrase Melalui Panduan Praktis

Meneliti data PASF dapat membantu kamu menemukan istilah penelusuran terkait lainnya yang digunakan orang-orang, seperti “panduan makanan kucing yang baik”, “panduan memberi makan untuk kucing”, atau “bagan nutrisi kucing”.

Kemudian, kamu dapat membuat konten seputar topik ini untuk menarik pengguna yang mencarinya. Dan arahkan lalu lintas yang lebih relevan ke situs

Utamakan Peluang Konten

Untuk menganalisa people also search for, coba gunakan data seperti volume pencarian bulanan yang dapat membantu mengutamakan konten mana yang harus kamu buat. Mengapa? Kamu bisa melihat istilah mana yang orang-orang gunakan di Google saat melakukan pencarian.

Atau bisa juga keyword dengan tingkat kompetisi rendah yang mungkin lebih mudah untuk mesin pencari berikan peringkat.

Optimasi Konten yang Ada

Untuk bisa mendapatkan lebih banyak pencari dan search intent yang lebih baik, mengapa tidak mencoba menambahkan keyword yang berhubungan dengan PASF ke konten yang ada?

Misalnya, kamu sudah membuat konten berupa panduan dalam memilih makanan kucing. Kemudian, cari tahu apa saja yang pengguna internet cari seputar topik dan tambahkan beberapa istilah terkait lainnya, seperti makan kucing terbaik, makanan basah kucing terbaik, atau lainnya.

Kamu bahkan bisa membuat meningkatkan konten dengan menggunakan bagian baru, seperti makanan tidak baik untuk kucing.

Baca Juga: Ketahui 4 Jenis Search Intent & Temukan Keyword Terbaik

Buat FAQ

Mungkin kamu belum menyadari bahwa FAQ merupakan cara tepat untuk menargetkan kata kunci yang lebih baik. Hal tersebut juga menyediakan konten bermakna untuk pengguna.

Memasukkan wawasan dari saran PASF ke bagian FAQ dapat membantu Anda membuat sumber daya yang komprehensif dan ramah pengguna. Coba buat bagian FAQ sehingga bisa membantu dalam menargetkan lebih banyak kata kunci yang relevan di waktu yang sama. Bahkan, kamu bisa menarik lebih banyak pengunjung situs hanya melalui satu halaman situs.

Temukan Peluang untuk Menggunakan Tautan Internal

Kamu juga bisa memanfaatkan people also search for dengan menambahkan hyperlink ke beberapa halaman di situs web. Sehingga bisa membantu merangking situs dengan memberikan sinyal adanya konten yang relevan.

Cara satu ini juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) dan menunjukkan kepada mesin pencari bahwa kamu memiliki konten yang komprehensif.

Tools untuk Mendapatkan Data People Also Search For

Perlu data PASF untuk memaksimalkan hasil SEO? Kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi tools berikut:

Topic search adalah alat dari Semrush yang menyediakan berbagai ide konten berdasarkan kueri yang pengguna internet gunakan. Cara menggunakan alat ini tergolong mudah, yaitu dengan mengetikkan topik yang kamu ingin cari dan pilih Get content ideas.

Setelah hasil ditampilkan, klik pada salah satu pencarian terkait yang bisa kamu jadikan sebagai topik pencarian baru. Kemudian, kamu akan melihat daftar topik baru.

Keyword Magic Tool

Selanjutnya, masih dari Semrush, ada keyword magic tool yang akan sangat membantu melihat pencarian populer tentang topik yang kamu gunakan. Tool tersebut memberikan daftar kata kunci responsif.

SERP dari Google

SERP adalah singkatan dari search engine result page, yaitu sumber yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk menemukan kueri people also search for di Google. Cari kata kunci atau pertanyaan yang berhubungan dengan topik pilihan kamu dan lihat saran pencarian yang Google berikan.

Untuk melihat kueri PASF, klik di bagian hasil dan kemudian klik tombol kembali agar bisa kembali ke halaman hasil mesin pencari. Google akan menampilkan kueri sesuai data yang tersedia. Namun, tidak semua PASF muncul. Itulah kenapa sebaiknya kamu juga menggunakan tool lain seperti yang disediakan oleh Semrush.

Keyword Everywhere

Keyword everywhere adalah ekstensi berbayar untuk browser Chrome dan Firefox yang menyediakan informasi kata kunci secara langsung di SERP.

Saat ekstensi terpasang, kamu bisa langsung melakukan pencarian dan dua widget akan muncul di bagian kanan SERP. Widget paling atas menampilkan keyword terkait dan widget bawah menyediakan kueri people also search for.

Gunakan People Also Search For untuk Membuat Konten

Sudah menemukan keyword bervolume tinggi berdasarkan data PASF? Jika demikian, artinya kamu bisa mulai membuat konten untuk menargetkan keyword tersebut. Ini akan sangat membantu dalam menaikkan lalu lintas ke situs web.

Informasi seputar people also search for di atas mungkin tidak pernah kamu ketahui sebelumnya. Tetapi, pernahkah membayangkan bagaimana kata kunci yang mungkin juga orang cari dapat membantu mendapatkan hasil SEO yang lebih baik?

SEO adalah upaya yang membutuhkan komitmen jangka panjang. Apabila kamu masih merasa awan dan tidak ingin melakukan kesalahan yang berdampak pada hasilnya, mengapa tidak memanfaatkan jasa SEO Malang terbaik? Jasa tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui Optimaise.

Baca Juga

Optimaise