Digital MarketingSEO

5 Bukti Tak Terbantahkan WordPress itu SEO Friendly

Dwi

wordpress itu seo friendly cover

Sebagai pemilik website atau blog, pastinya kamu familier banget dengan WordPress. WordPress merupakan salah satu platform CMS yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet dunia. Bahkan, hampir semua website berbasis platform ini. WordPress nggak hanya disukai karena menawarkan kemudahan pengelolaan website berkat sistem Content Management System (CMS) yang sederhana. Para SEO specialists yang berpengalaman juga banyak berpendapat bahwa wordpress itu seo friendly, lho! Apa iya? Yuk, simak deh ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Benar WordPress itu SEO Friendly?

wordpress itu seo friendly
wordpress itu seo friendly

Apakah benar wordpress itu seo friendly? Jika dilihat dari banyaknya pengguna platform ini, mungkin kamu akan sedikit meyakininya. Berbeda dari sistem CMS yang diterapkan oleh platform lainnya, WordPress menggunakan metode sistem manajemen konten yang lebih memudahkan kinerja dari search engine. Dalam hal ini, WordPress membantu robot crawler Google dalam menjelajah, mengindeks, serta menentukan ranking dari sebuah website.

Alasan lainnya yang membuat banyak pemilik situs menobatkan wordpress itu seo friendly adalah berkat kesederhanaan sistem teknisnya. Dalam hal ini, pengguna nggak akan mengalami kesulitan dalam hal membuat permalink, menata struktur website dan konten yang dimunculkan, menerapkan plugin yang membantu optimasi situs, hingga mendukung fitur advanced optimization atau optimisasi lanjutan.

Ini Bukti WordPress itu SEO Friendly

Ini Bukti WordPress itu SEO Friendly
Ini Bukti WordPress itu SEO Friendly

Bagi pemilik atau pengelola website, memilih platform CMS yang tepat dan mampu mengakomodasi kebutuhan optimasi situsmu memang penting banget. WordPress seringkali menjadi pilihan karena dianggap sebagai platform yang menawarkan kemudahan optimasi situs bagi para penggunanya. Masih penasaran dengan apa saja bukti bahwa wordpress itu seo friendly? Yuk, kupas tuntas segala buktinya di sini.

Membantu Kamu dalam Menyusun Struktur Konten

Membantu Kamu dalam Menyusun Struktur Konten
Membantu Kamu dalam Menyusun Struktur Konten

Salah satu bukti bahwa wordpress itu seo friendly bisa kamu lihat saat akan membuat konten di platform tersebut. Platform ini menawarkan berbagai macam fitur yang bisa kamu pakai untuk menyusun struktur konten melalui fitur Editornya. Misalnya, saat kamu akan membuat artikel, maka secara otomatis judulmu akan mempunyai format H1. Setelah itu, untuk masing-masing subparagraf pembahasan, kamu dapat memberikan format H2, H3, dan seterusnya dan bisa kamu sesuaikan dengan kontenmu. Dengan demikian, kontenmu akan terlihat lebih rapi dan nyaman dibaca.

Nggak hanya itu, penataan struktur konten yang jelas dari WordPress juga membantu bot crawler dalam mengenali konteks dari artikel yang kamu terbitkan. Dengan memanfaatkan fitur Heading misalnya, mesin crawler akan lebih mudah dalam mendapatkan informasi dari satu poin pembahasan ke poin lainnya. Kamu juga bisa menambahkan tag dan kategori untuk membuat situsmu ramah terhadap pembaca maupun mesin search engine. Kabar baiknya, kamu nggak perlu merombak kode CMS untuk melakukannya.

Kemudahan Membuat Rich Content

Kemudahan Membuat Rich Content
Kemudahan Membuat Rich Content

Rich content adalah sebuah artikel yang nggak hanya memuat informasi berupa teks saja. Konten tipe ini juga biasanya menampilkan gambar, video, maupun elemen multimedia lainnya. Tujuannya, tak lain supaya pengunjung yang mampir ke situs tersebut nggak merasa bosan. Kamu tentunya pernah mengunjungi sebuah situs dengan konten artikel yang hanya menawarkan bentuk teks saja. Pengalaman yang berbeda akan kamu rasakan jika mengunjungi website yang menawarkan konten dengan berbagai elemen di dalamnya.

Nggak hanya disukai oleh pengunjung website saja, rich content juga lebih disukai oleh Google, lho. Buktinya, tipe konten yang diperkaya ini memiliki tingkat traffic yang lebih tinggi berhasil menarik traffic 13% lebih tinggi dibandingkan plain content. Kamu juga bisa menambahkan rich snippet atau cuplikan yang akan membantu meningkatkan ranking situsmu di Google. Untuk menemukan elemen-elemen menarik untuk kontenmu bisa kamu akses pada fitur Editor WordPress.

Optimasi Gambar Jadi Terasa Makin Mudah

Optimasi Gambar Jadi Terasa Makin Mudah
Optimasi Gambar Jadi Terasa Makin Mudah

Penambahan gambar nggak hanya bisa membuat konten di dalam websitemu kelihatan menarik. Hal tersebut juga berperan penting untuk memaksimalkalkan optimasi situsmu. Caranya adalah dengan melakukan optimasi gambar, yang bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan WordPress. Nah, fitur Editor pada WordPress juga punya fitur editor gambar yang bisa banget kamu manfaatkan. Dengan menggunakan fitur tersebut, kamu bisa mengetahui dan mengetahui format serta ukuran dari gambar tersebut.

Langkah yang perlu kamu ambil pun gampang banget. Kamu cukup klik fitur “Media Library” dan memilih gambar yang ingin kamu unggah dari penyimpanan komputermu. Setelah gambar terupload, kamu bisa langsung mengetahui informasi mengenai gambar tersebut. Nah, untuk mengoptimasi gambar, tambahkan saja kata kunci utama atau focus keyword di dalam Alt Text, judul, dan caption. Dengan demikian, pengguna dan crawler Google juga bisa menemukan situsmu melalui gambar-gambar yang kamu pajang.

Baca juga: Apa Itu Yandex? Simak 6 Fakta Menarik Tentangnya

Kamu Bisa Mengatur Permalink dengan Bebas
Kamu Bisa Mengatur Permalink dengan Bebas

Bukti lainnya yang menguatkan bahwa wordpress itu seo friendly adalah kemudahan dalam mengatur permalink. Dalam praktek SEO, keberadaan permalink ini penting banget, lho. Jika dilihat dari definisinya, permalink adalah link dari sebuah domain. Fungsi utama dari permalink adalah untuk membantu Google mengetahui isi konten dari sebuah situs yang belum pernah dijelajah sama sekali. Adanya link ini juga membantu pengunjung situs untuk mengetahui jenis konten yang sedang mereka kunjungi.

Nggak semua platform CMS menawarkan kemudahan mengatur permalink layaknya WordPress, lho. Di platform ini, kamu bisa memilih dan mengatur permalink kontenmu sesuka hati. Bahkan, WordPress juga menyediakan berbagai macam variasi permalink yang bisa kamu pilih. Sekadar saran, kami merekomendasikan pilihan “Post Name” yang memberikan jenis permalink yang deskriptif dan lebih sederhana. Jenis permalink yang simple juga lebih disukai oleh Google, lho!

Tapi, ada kalanya permalink yang kamu buat jadi lebih panjang. Ya, hal ini bisa saja terjadi karena permalink memang dibuat mengikuti panjangnya judul. Nah, untungnya hal tersebut bisa kamu atasi dengan mengedit slug dan isi dengan deskripsi permalink singkat sesuai kebutuhan. Gampang banget, kan? Nggak heran jika banyak orang yang setuju bahwa wordpress itu seo friendly.

Fitur SEO Lanjutan yang Tersedia Lengkap

Fitur SEO Lanjutan yang Tersedia Lengkap
Fitur SEO Lanjutan yang Tersedia Lengkap

Butuh pengaturan SEO yang lebih advanced? Tenang saja! Kamu bisa menemukan fitur tersebut di dalam WordPress. Salah satu fasilitas yang tersedia adalah fitur plugin yang bisa kamu download dan gunakan secara gratis. Salah satu contoh plugin yang paling kami rekomendasikan untuk pengguna WordPress adalah Yoast SEO. Dengan menginstall plugin ini, kamu bisa mengoptimasi situsmu dengan lebih mudah dan tepat.

Oh ya, untuk membuat optimasi situs lanjutan yang lebih maksimal, jangan lupa untuk mengunduh plugin bernama Rank Math. Plugin ini mampu menganalisis kekuatan SEO dari sebuah konten. Mulai dari penyebaran keyword, pemanfaatan heading, jumlah internal dan external links, dan lain sebagainya.

Nah, sekarang kamu jadi semakin yakin bahwa wordpress itu seo friendly, kan? Jika kamu memerlukan bantuan dalam hal pembuatan konten berkualitas dan memenuhi kaidah SEO, serahkan pada jasa SEO dari Optimaise. Tim SEO specialists kami menggunakan WordPress dalam pembuatan website dan konten, yang tentunya sudah memenuhi kaidah SEO. Sehingga, situsmu pun bisa terdongkrak naik ke peringkat halaman pertama Google dalam kurun waktu yang terbilang singkat! Yuk, hubungi kami sekarang juga.

Baca Juga

Leave a Comment

Optimaise