SEODigital Marketing

Inilah 6 Cara Terbaik untuk Keyword Monitoring

Tiara Motik

Inilah 6 Cara Terbaik untuk Keyword Monitoring

Jika diartikan, keyword monitoring atau pemantauan kata kunci adalah proses melacak dan memantau kinerja suatu kata kunci atau sekelompok kata kunci dalam konteks digital marketing atau SEO. Dengan memantau kata kunci yang relevan dengan bisnis atau produk, perusahaan dapat mengukur sejauh mana kontennya muncul dalam hasil mesin pencari.

Ini tidak hanya memungkinkan untuk menilai tingkat visibilitas, tetapi juga membantu menentukan efektivitas kampanye SEO. Selain itu, melalui keyword monitoring, perusahaan dapat memahami tren pencarian dan perilaku konsumen. Analisis ini tentu dapat memberikan wawasan berharga untuk mengoptimalkan konten dan strategi pemasaran.

Dengan mengidentifikasi kata kunci yang paling efektif atau yang sedang tren, setiap bisnis dapat menyesuaikan strateginya secara proaktif sehingga meningkatkan peluang untuk menarik lebih banyak lalu lintas organik dan mencapai tujuan pemasaran dengan lebih efisien.

Apa itu Keyword Monitoring?

Apa itu Keyword Monitoring?
Apa itu Keyword Monitoring?

Bayangkan saja saat kamu bermain monopoli di mana kamu secara sembarangan membeli atau menjual properti tanpa memperhatikan strategi atau tujuan khusus. Mungkin kamu bakal memutuskan untuk membeli banyak properti di satu zona tanpa memperhitungkan variasi dan potensinya untuk mengumpulkan sewa yang lebih tinggi.

Tanpa pemahaman penuh tentang strategi monopoli, tindakan semacam itu bisa membuat kamu kehilangan fokus pada tujuan akhir permainan, yaitu mengumpulkan kekayaan sebanyak mungkin. Tapi, dengan memahami strategi seperti mengelola portofolio properti dengan bijak, kamu dapat meningkatkan peluang untuk meraih kemenangan dalam permainan tersebut.

Begitulah perumpamaan dari keyword monitoring. Pemantauan kata kunci tak hanya berfungsi sebagai alat untuk mengukur kinerja, tetapi juga sebagai sumber informasi strategis untuk pengembangan kampanye pemasaran berkelanjutan.

Secara garis besar, aktivitas pemantauan kata kunci umumnya digunakan dalam mengoptimalkan mesin pencari (SEO) dan keperluan hubungan masyarakat (public relation).

Keyword Monitoring dalam SEO

Keyword Monitoring dalam SEO
Keyword Monitoring dalam SEO

Dalam konteks SEO, keyword monitoring melibatkan pelacakan seberapa baik peringkat halaman tertentu situs web kamu dalam hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Sebagai contoh, bayangkan kamu memiliki sebuah toko online yang menjual peralatan camping dan ingin memperoleh visibilitas online untuk kategori produk “tenda camping berkualitas tinggi”.

Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan pemantauan kata kunci untuk melacak sejauh mana halaman produk tenda camping milikmu muncul dalam hasil pencarian ketika orang mencari kata kunci seperti “tenda berkualitas tinggi” atau “tenda camping terbaik”.

Sementara itu, posisi suatu link dalam hasil pencarian sangat mempengaruhi jumlah klik yang diterimanya. Sebagai contoh, jika sebuah link berada di posisi pertama dalam hasil pencarian untuk suatu kata kunci, kemungkinan mendapatkan klik dari pengguna akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan link yang berada di posisi ke-10 untuk kata kunci yang sama.

Faktor ini dikenal sebagai “Ranking Click-Through Rate“. Karena itu, melibatkan pemantauan ini membuat kamu dapat mengumpulkan data penting dan KPI (Key Performance Indicators) yang berkaitan dengan strategi SEO dan persaingan di mesin pencari untuk setiap kata kunci yang ditargetkan.

Baca juga: 4 Cara Riset Keyword Paling Efektif buat Pemula!

Keyword Monitoring dalam Public Relation

Keyword Monitoring dalam Public Relation
Keyword Monitoring dalam Public Relation

Kamh mungkin sudah tahu jika public relation (PR) menjadi suatu disiplin yang berfokus pada pembentukan dan pemeliharaan hubungan positif antara suatu organisasi ataupun bisnis dan ndividu dengan publik. Ini termasuk persepsi publik terhadap sebuah merek.

Contohnya, bayangkan kamu bekerja di sebuah perusahaan teknologi yang baru saja meluncurkan sebuah produk smartphone terbaru. Dalam upaya untuk memahami respons publik terhadap produk tersebut, kamu menggunakan pemantauan kata kunci untuk melacak frasa-frasa, seperti “smartphone baru”, “fitur canggih”, atau nama produk perusahaanmu secara spesifik.

Pelacakan ini dikenal dengan mention tracking. Melalui alat pemantauan kata kunci, kamu dapat menerima pemberitahuan setiap kali kata-kata ini muncul di ulasan produk, unboxing video di platform media sosial, atau pembahasan di forum teknologi.

Dengan pemahaman yang mendalam, kamu dapat merespon umpan balik pelanggan secara proaktif, mengatasi isu yang mungkin muncul, hingga memperbaiki citra merek.

Informasi ini juga dapat digunakan untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mengarahkan upaya penjualan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat.

Cara Terbaik untuk Melakukan Keyword Monitoring

Cara Terbaik untuk Melakukan Keyword Monitoring
Cara Terbaik untuk Melakukan Keyword Monitoring

Alasan pentingnya keyword monitoring semakin menjadi kunci strategis bagi bisnis dan pemasaran. Keyword monitoring bukan hanya sekadar langkah teknis dalam ranah SEO, melainkan merupakan jendela menuju pemahaman mendalam tentang bagaimana suatu merek atau produk dilihat dan ditemukan di dunia maya.

Keyword monitoring memberikan pemahaman real-time tentang kebutuhan dan preferensi pengguna, memungkinkan bisnis untuk mengambil tindakan yang tepat guna dalam meningkatkan visibilitas, mengoptimalkan konten, dan menjaga daya saing dalam lingkungan digital yang terus berubah.

Baca juga: Waspadai 7 Jenis Negative SEO: Apa Saja?

Setelah mengetahui beberapa penjelasan dan tujuan dari keyword monitoring, sekarang sudah saatnya untuk menggali lebih dalam bagaimana cara terbaik untuk keyword monitoring.

Melacak Keberhasilan SEO

Melacak Keberhasilan SEO
Melacak Keberhasilan SEO

Untuk memahami seberapa baik situs web kamu tampil di mesin pencari, penting untuk memantau peringkat kata kunci. Ini seperti melacak seberapa tinggi peluang muncul dalam hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Posisi yang lebih tinggi sering kali diartikan memiliki lebih banyak pengunjung, ini karena orang cenderung meng-klik hasil yang muncul di halaman bagian teratas.

Cara untuk memantau ini adalah dengan menggunakan alat SEO, seperti Ahrefs atau SEMrush dan Google Search Console. Contohnya, kamu memilih kata kunci yang relevan dengan bisnismu, seperti “sepatu lari terbaik.” Kemudian, alat tersebut akan memberi tahu keberadaan posisi halamanmu untuk keyword tersebut.

Melalui pemantauan secara berkala, kamu dapat melihat perubahan dan memahami apakah strategi SEO milikmu efektif. Jika peringkat turun, kamu mungkin perlu memperbarui konten atau melakukan optimisasi untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari.

Meningkatkan SEO On-Page

Meningkatkan SEO On-Page
Meningkatkan SEO On-Page

Penurunan peringkat keyword sering kali menjadi isyarat bahwa ada aspek yang perlu diperbaiki di dalam strategi SEO halaman web milikmu. Ini dapat berasal dari berbagai masalah, seperti jawaban yang tidak memadai terhadap maksud pencarian pengguna, keterbacaan yang kurang baik, struktur judul yang salah, atau bahkan pelacakan internal yang buruk.

Untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah-masalah ini, keyword monitoring menjadi kunci. Dengan mengawasi peringkat kata kunci, kamu dapat dengan cepat mengetahui jika ada penurunan kinerja untuk kata kunci tertentu.

Setelah menemukan penurunan, periksa halaman situs untuk memastikan bahwa jawaban terkait keyword telah diberikan dengan baik, keterbacaan ditingkatkan, dan struktur judul serta elemen-elemen SEO On-Page lainnya telah dioptimalkan.

Baca juga: 6 Cara Optimasi SEO On Page Paling Mudah!

Memahami Pembaharuan Algoritma

Memahami Pembaharuan Algoritma
Memahami Pembaharuan Algoritma

Google, sebagai mesin pencari terpopuler, sering kali melakukan pembaharuan algoritma secara berkala guna meningkatkan pengalaman pengguna. Bahkan, dalam setahun mesin pencari ini merilis hingga beberapa ratus perubahan algoritma.

Tujuan utama dari pembaharuan ini adalah untuk menyajikan hasil pencarian yang lebih relevan, informatif, dan sesuai dengan keinginan pengguna. Pembaharuan algoritma dapat mencakup berbagai aspek, mulai dari evaluasi kualitas konten hingga peningkatan dalam pengenalan pola pencarian dan responsif terhadap perubahan tren internet.

Misalnya, fokus pada konten berkualitas dan pengalaman pengguna telah menjadi perhatian utama. Dengan algoritma yang lebih canggih dapat mengidentifikasi konten otoritatif dan memberikan nilai lebih pada situs-situs yang menyajikan informasi yang berguna.

Ketika sebuah situs berhasil memahami dan menyesuaikan diri dengan perubahan ini, bukan hanya meningkatkan peringkat dalam hasil pencarian, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk memberikan nilai tambah bagi pengguna internet.

Melacak Aktivitas Kompetitor

Melacak Aktivitas Kompetitor
Melacak Aktivitas Kompetitor

Ketika memantau kata kunci terkait merek dan produk, tidak hanya keyword yang terkait dengan bisnismu yang perlu diperhatikan, tapi juga kompetitor. Tools atau alat keyword monitoring dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk mengeksplorasi halaman-halaman yang digunakan oleh pesaing atau kompetitor untuk menarik pelanggan baru.

Ini juga memungkinkan kamu untuk langsung melacak posisi website mereka. Dengan tools ini, kamu bisa melihat di mana pesaing bisnismu berada dalam hasil pencarian dan apakah mereka sedang fokus pada strategi SEO atau pembuatan konten tertentu.

Baca juga: 6 Layanan Jasa SEO Terbaik untuk Optimasi Situsmu

Informasi ini tentu sangat berharga. Kamu dapat menggunakan data ini untuk memprediksi dampaknya terhadap peringkat konten milikmu di Search Engine Result Page (SERP). Selain itu, kamu juga bisa melihat peluang unik untuk bersaing, mengetahui lebih lanjut tentang posisi pesaing di pasar, dan mendapatkan wawasan strategis untuk memperkuat kehadiran online bisnismu.

Mempelajari Tren Terbaru

Mempelajari Tren Terbaru
Mempelajari Tren Terbaru

Memahami sentimen merek dan menggunakan alat analisis PR untuk memantau keyword dapat memberikan wawasan yang berharga tentang dinamika industrimu. Sebagai contoh, kamu menjalankan perusahaan e-commerce yang fokus pada produk kecantikan dan skincare.

Kamu dapat menggunakan alat analisis PR untuk memantau keyword seperti “produk perawatan kulit.” Dengan melibatkan analisis sentimen, kamu dapat menentukan produk mana yang mendapatkan pujian atau kritik dari pelanggan.

Melalui keyword monitoring, kamu dapat memahami tren dalam preferensi konsumen terkait bahan-bahan tertentu atau tren perawatan kulit. Dengan wawasan ini, kamu dapat mengarahkan strategi pemasaran untuk menawarkan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan dan bahkan mengembangkan produk baru yang responsif terhadap tren tersebut.

Mencegah Terjadinya Krisis Public Relation

Mencegah Terjadinya Krisis Public Relation

Krisis public relation (PR) dapat menghasilkan banyak komentar negatif dan bahkan liputan pers yang mungkin sulit untuk diatasi sehingga bisa merusak citra. Tapi, melalui keyword monitoring dapat mengidentifikasi isu utama yang menjadi pusat perhatian pengguna media sosial dan media.

Misalnya, setelah merilis produk perawatan kulit terbaru, di beberapa media sosial kamu justru mendapatkan umpan balik negatif terkait dengan produk mata B karena iritasi. Dengan keyword mentoring, kamu dapat memberikan penjelasan dan memastikan bahwa deskripsi produkmu menekankan formula yang lembut dan aman secara sigap.

Melalui pemantauan kata kunci sepanjang waktu, kamu juga dapat melihat bagaimana tanggapan dan tindakanmu memengaruhi persepsi publik. Ini membantu kamu untuk merencanakan strategi pemulihan reputasi dengan mengarahkan upaya pada area yang membutuhkan perhatian khusus.

Bisa kita simpulkan bahwa pemantauan kata kunci bukan hanya sebagai alat untuk melihat strategi pemasaran yang efektif, respon pada sebuah merek, tetapi juga menjadi cara penting dalam menangani dan memitigasi dampak krisis public relation.

Dengan mengoptimalkan strategi keyword monitoring dan menawarkan Jasa SEO terbaik di Malang, Optimaise memberikan solusi yang tidak hanya memantau peringkat kata kunci tetapi juga membuka pintu untuk meningkatkan daya saing bisnismu. Jadi, percayakan Optimaise sebagai mitra SEO untuk memberikan dampak positif dan hasil terbaik bagi bisnismu.

Baca Juga

Optimaise