Digital MarketingSEO

4 Taktik High-Quality Backlinks Terbaik untuk Optimasi Situs

Farid

high quality backlinks

Memiliki high-quality backlinks atau tautan berkualitas tinggi merupakan salah satu kunci utama dalam meningkatkan performa SEO. Meskipun begitu, banyak dari taktik yang populer dalam membangun tautan justru menghasilkan tautan berkualitas rendah yang tidak meningkatkan performa SEO. Bahkan jika teknik-teknik ini berdampak, seringkali hanya berlangsung untuk sementara waktu, dan Google dengan mudah dapat menurunkan nilainya dalam waktu yang akan datang.

Ingin situsmu didukung dengan high-quality backlinks?Berikut adalah empat taktik untuk membangun tautan berkualitas tinggi yang membantumu agar tetap unggul dari pesaingmu, mengekspos merekmu kepada khalayak baru, dan memiliki kemungkinan lebih rendah untuk dinilai rendah dalam pembaruan algoritma masa depan. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

PR Digital

PR Digital
PR Digital

PR Digital adalah proses menciptakan konten yang menarik bagi jurnalis dan mempromosikannya kepada mereka. Jika mereka menyukai konten tersebut, mereka akan menulis tentangnya atau menyertakannya dalam artikel yang sedang mereka tulis. Hal ini dapat memberikanmu banyak high-quality backlinks dari situs besar dan publikasi berita secara gratis.

Sebagai contoh adalah saat platform ChatGPT pertama kali diluncurkan oleh Search Intelligent. Beberapa bulan setelah rilis ChatGPT, Fery Kaszoni dan timnya di Search Intelligence mengumpulkan statistik tentang popularitas Open AI sejak diluncurkan platform tersebut dan membandingkannya dengan platform populer lain seperti Instagram dan TikTok.

Hasilnya menunjukkan lebih dari 60 penempatan tautan gratis, termasuk disebutkan di Yahoo News (DR 92), The Wrap (DR 84), dan majalah Time (DR 92). Dalamevent kampanye lainnya, Fery dan timnya menghitung berapa banyak uang karakter video yang terkenal akan menghasilkan dalam kehidupan nyata. Kampanye ini mendapatkan lebih dari 20 tautan gratis termasuk tautan DR89 dari surat kabar Inggris, The Daily Express.

Baca juga: 6 Alasan Pentingnya Personal Brand & Cara Membangunnya

Untuk menerapkan taktik PR Digital demi memperoleh high-quality backlinks dengan sukses, kamu memang memerlukan sedikit kreativitas. Kurang lebih, berikut adalah tahapan yang perlu kamu lalui:

  1. Temukan topik yang sedang tren
  2. Buat konten yang relevan dan layak diberitakan seputar topik tersebut
  3. Beritahu jurnalis tentang hal itu

Setelah kamu menemukan ide yang menarik, buatlah konten, beri judul yang eye-catching, dan tulis rilis pers tentang wawasan yang paling menarik. Kemudian, promosikan kontenmu kepada jurnalis. Kamu bisa mencoba layanan seperti Roxhill atau Muck Rack untuk menemukan jurnalis yang mungkin tertarik dengan kontenmu. Dari liputan merekalah kamu bisa memperoleh high-quality backlinks untuk mendongkrak situsmu.

Baca juga: 8 Cara Memulai Auto Repair SEO, Sudah Siap?

Mendapatkan High-Quality Backlinks Melalui Jurnalisme Data
Mendapatkan High-Quality Backlinks Melalui Jurnalisme Data

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan high-quality backlinks adalah melalui jurnalisme data. Jurnalisme data adalah cara untuk meningkatkan atau membuat konten yang layak diberitakan dengan menganalisis kumpulan data unik. Ini dapat masuk dalam kategori PR digital, meskipun biasanya membutuhkan penelitian yang lebih rinci.

Teknik ini punya tingkat keberhasilan tinggi karena para reporter menyukai statistik yang bagus yang bisa mereka kutip atau tulis dalam sebuah opini. Jadilah sumber data semacam itu, dan kamu bisa mendapatkan banyak tautan berkualitas tinggi setiap kali data kamu menjadi relevan dengan topik berita yang sedang tren.

Jurnalisme data yang berhasil bisa menghasilkan high-quality backlinks yang mirip dengan PR digital tetapi bergantung pada wawasan menarik yang didukung oleh data yang bisa kamu temukan. Secara singkat, prosesnya kurang lebih seperti ini:

  1. Temukan sudut konten yang didorong oleh data yang mendapatkan tautan dan perhatian media.
  2. Kumpulkan data untuk memberikan wawasan baru atau diperbarui tentang topik tersebut.
  3. Beri tahu jurnalis tentang temuanmu.

Dalam mencari topik untuk memperoleh high-quality backlinks, kamu mungkin bisa memilih pembahasan yang berkaitan dengan uang atau isu keuangan lainnya. Topik ini tentunya dijamin akan lebih banyak dikunjungi oleh pembaca dibandingkan topik-topik lainnya. Kamu juga bisa menggunakan Content Explorer dari Ahrefs atau platform sejenis untuk mengumpulkan lebih banyak ide seperti:

  • Topik yang abadi namun hambar yang dapat kamu perbarui dengan data lebih baru.
  • Data yang dapat kamu visualisasikan dengan lebih baik atau dipresentasikan dalam format konten yang berbeda.
  • Sudut tren di industri lain yang dapat kamu terapkan pada industrimu.
Statistik Link Building
Statistik Link Building

Halaman statistik adalah daftar yang disusun dari fakta dan angka dalam industri tertentu. Halaman ini menarik tautan abadi selama statistik tersebut tetap relevan. Cara ini termasuk yang termudah dan sangat kami sukai. Untuk melancarkan taktik ini, umumnya kami memanfaatkan tool seperti Keyword Explorer milik Ahrefs.

Perlu diingat bahwa meskipun kamu bisa mendapatkan beberapa high-quality backlinks di awal dengan upaya outreach, kesuksesan jangka panjang bergantung pada bagaimana kamu menjaga kontenmu agar tetap menyajikan data terbaru. Itulah cara terbaik untuk meningkatkan kinerja dari tahun ke tahun, mendapatkan banyak tautan berkualitas tinggi tanpa perlu melakukan outreach berkelanjutan.

Baca juga: 3 Cara Melakukan Amazon Keyword Research

High-Quality Backlinks Berdasarkan Relasi
High-Quality Backlinks Berdasarkan Relasi

Membangun high-quality backlinks berbasis relasi memprioritaskan hubungan jangka panjang dengan jurnalis, penulis, dan editor. Langkah ini merupakan tambahan yang efektif untuk kampanye digital PR karena kamu dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menemukan orang yang tepat untuk mendistribusikan kontenmu.

Lebih baik lagi, kamu bisa menjadi pihak pertama yang akan dikontak jurnalis ketika mereka menulis sebuah cerita tentang topik yang kamu atau klien ahli di dalamnya. Untuk dapat gambaran yang lebih jelas mengenai taktik ini, simak contoh berikut:

Seorang jurnalis dari Mamamia (DR 78) membuat panggilan di Sourcebottle, versi Australia dari HARO, mencari saran ahli tentang hukum imigrasi. Pakar link building dari EngineRoom, Don Milne, memberikan tanggapan dan memenangkan cerita bersama dengan high-quality backlinks dari media tersebut.

Alih-alih mengakhiri semuanya di situ, Don juga berbagi daftar klien dengan jurnalis tersebut jika mereka ingin berkolaborasi dalam cerita-cerita di masa mendatang.

Tidak heran, beberapa minggu kemudian, jurnalis tersebut menghubungi dan meminta Don agar bisa terhubung dengan klien lain di ruang rehabilitasi narkoba untuk mengembangkan cerita tentang kecanduan heroin. Klien tersebut ditampilkan dalam sekitar 30% dari artikel yang selesai dengan kutipan-kutipan detail dari pendiri dan (tentu saja) high-quality backlinks ke situs web mereka.

Interaksi menguntungkan ini dilakukan tanpa melakukan pitch maupun link outreach. Semuanya hanya merupakan bentuk kemitraan dan kolaborasi yang tulus yang kini menghasilkan beberapa high-quality backlinks untuk klien mereka.

Dengan kata lain, teknik ini sepenuhnya tentang tindak lanjut setelah kamu berkolaborasi dengan seorang jurnalis setelah ceritamu yang pertama berhasil diunggah. Setelah kamu mendapatkan high-quality backlinks pertamamu, pastikan kamu menjaga hubungan tersebut tetap berlanjut.

Jika kamu memiliki daftar situs web atau klien yang kamu wakili, buatlah dokumen profesional dengan mini biografi tentang setiap klien. Pastikan juga dokumen tersebut mudah dicari oleh penulis yang sedang terburu-buru dan membuat detail kontakmu jelas dan mudah diakses.

Kemudian, bagikan dokumen tersebut kepada jurnalis, penulis, dan editor yang kamu kolaborasi agar mereka bisa merujuknya di masa depan jika mereka membutuhkan ahli tentang topik tertentu untuk konten mereka.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai 4 taktik terbaik yang bisa kamu gunakan untuk memperoleh high-quality backlinks. Jika kamu menginginkan solusi yang lebih mudah tanpa harus melalui 4 langkah ini sendirian, percayakan saja kebutuhan optimasi situs dan pengayaan backlink kepada Optimaise. Layanan jasa SEO kami terbukti bisa membantumu meningkatkan peringkat situsmu di search engine, sekaligus menyajikan backlink berkualitas tinggi. Kamu juga bisa belajar lebih banyak tentang SEO melalui panduan dari kami.

Baca Juga

Optimaise