Digital MarketingSEOTips

4 Hal tentang Keyword Kompetitor, Kamu Wajib Tahu!

Siti Rohmah Noviah

4 Hal tentang Keyword Kompetitor, Kamu Wajib Tahu!

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu strategi yang dipakai untuk mengoptimasi situs web agar bisa mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari, terutama Google. Salah satu hal penting dalam SEO yang harus kamu perhatikan dengan baik adalah keyword atau kata kunci.

Agar berada di hasil pencarian teratas, kamu harus mengoptimasi situs web. Sayangnya, di luar sana juga banyak yang juga melakukan upaya serupa untuk bisnis atau produk yang sama menggunakan kata kunci serupa. Apabila ingin unggul di dalam kompetisi, kamu juga harus mengetahui apa saja keyword kompetitor yang digunakan.

Hal ini membuktikan bahwa kata kunci begitu esensial dalam SEO, bukan? Kata kunci yang pesaing gunakan bisa menjadi referensi atau pilihan kata kunci yang bisa kamu gunakan di upaya selanjutnya. Dengan begitu, kamu berpeluang untuk bisa memimpin persaingan hingga mendapatkan peringkat paling tinggi di halaman hasil mesin pencari.

Selengkapnya tentang hal tersebut bisa kita cari tahu bersama di artikel satu ini.

Sekilas tentang Keyword Kompetitor

Seperti kamu, para kompetitor juga berupaya mengoptimasi situs web agar muncul di hasil pencarian teratas. Bukan tidak mungkin kalau mereka juga menggunakan kata kunci yang kamu gunakan karena menargetkan audiens atau calon konsumen yang sama.

Oleh sebab itu, kamu harus menyadari adanya penggunaan kata kunci kompetitor yang sama atau serupa dengan yang kamu gunakan dalam SEO.

Keyword kompetitor adalah kata kunci yang kompetitor targetkan agar bisa mendapatkan peringkat teratas dan mendapatkan lalu lintas yang lebih banyak.

Kata kunci tersebut membantu kamu muncul di hasil pencarian yang sama dengan para kompetitor. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan riset kata kunci kompetitor untuk melihat kelemahan berupa kata kunci yang belum mereka targetkan.

Dengan informasi tersebut, bukan tidak mungkin kamu dapat menganalisa kata kunci agar menemukan kata kunci yang nantinya bisa digunakan di kemudian hari.

Bagi pemula di dunia SEO, bisa mengandalkan panduan belajar SEO untuk pemula agar bisa mulai mempelajari seperti apa Search Engine Optimization (SEO) bekerja.

Riset Keyword Kompetitor

Seperti namanya, riset keyword kompetitor adalah proses menemukan dan melakukan analisa kata kunci yang kompetitor targetkan dan ranking untuk halaman hasil mesin pencari atau yang dikenal sebagai SERP.

Ini akan menjadi langkah awal bagi kamu dalam menemukan kata kunci yang bisa bekerja dengan baik seperti apa yang kompetitor dapatkan sejauh ini. Untuk memulainya, perhatikan pelanggan dan kebiasaan pencarian online mereka.

Untuk tujuan tersebut, manfaatkan maksud pencarian. Pengguna tahu apa yang mereka cari saat memasukkan kata kunci atau frase di mesin pencari. Agar kesuksesan organik menjadi lebih maksimal, kamu perlu memperhatikan maksud pencarian.

Maksud pencarian inilah yang menjadi alasan mengapa seseorang melakukan pencarian di internet. Oleh karena itu, konten yang kamu bagikan harus sesuai dengan maksud tersebut.

Baca Juga: Ketahui 4 Jenis Search Intent & Temukan Keyword Terbaik

Cara Menganalisis Keyword Kompetitor

Sudah melakukan riset kata kunci? Kini saatnya bagi kamu untuk menganalisis kompetitor untuk mendapatkan kata kunci yang lebih potensial. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan lima langkah mudah, yaitu:

Temukan Kompetitor

Salah satu cara dari analisis keyword kompetitor adalah menemukan siapa kompetitor di mesin pencari. Kompetitor di dunia online bisa sangat bervariasi, mulai dari kompetitor bisnis lokal.

Saingan terberat kamu mungkin sama sekali tidak berkompetisi dalam penelusuran organik. Lalu, apa bedanya kompetitor pencarian dan kompetitor bisnis? Kompetisi pencarian adalah situs web dengan kata kunci yang sama seperti yang kamu gunakan untuk mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari.

Nah, bagi yang ingin melakukan riset kata kunci kompetitor harus bisa menemukan siapa yang menjadi kompetitor pencarian kamu.

Mulai untuk Menemukan Keyword Kompetitor

Langkah selanjutnya dalam menemukan kata kunci yang pesaing gunakan untuk mendapatkan ranking di Google namun belum kamu gunakan. Masing-masing kata kunci tersebut mewakili peluang bagi kamu untuk membuat konten baru sehingga bisa mendapatkan posisi tinggi dan lalu lintas yang lebih banyak.

Ekspor Keyword

Apabila sudah menemukan kata kunci yang pesaing gunakan namun ternyata belum kamu gunakan, kamu bisa mulai untuk mengekspor kata kunci tersebut. Sehingga data tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk bisa menargetkan lebih banyak kata kunci.

Organisir Hasil yang Didapatkan

Dalam langkah ini, mulailah dengan memeriksa dan menilai daftar keyword kompetitor secara menyeluruh, yaitu dengan cara:

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Link Juice untuk Halaman Website

  • Pilih kata kunci yang tepat, sebaiknya hindari menggunakan kata kunci dengan tingkat persaingan yang tinggi namun tetap bisa digunakan di kemudian hari.
  • Periksa ulang kata kunci yang kamu bagikan, sebaiknya hindari penggunaan kata kunci yang tidak sesuai dengan bisnis dan konten di situs web maupun blog.
  • Highlight kata kunci yang berpotensi tinggi serta menguntungkan bisnis sehingga bisa tepat sasaran.
  • Tinjau halaman hasil mesin pencari

Cara Menggunakan Keyword Kompetitor untuk Keuntungan Bisnis

Dalam mengidentifikasi kata kunci mana yang lebih baik, tentu tidak ada trik sulap apapun yang bisa kamu gunakan. Oleh karena itu, kamu harus melakukan analisis kata kunci secara manual. Kemudian, pertimbangkan relevansi, lalu lintas organik, dan hasil pencarian yang bisa membantu kamu dalam membuat keputusan.

Ingin mendapatkan keuntungan dari keyword kompetitor? Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu coba:

Evaluasi Setiap Keyword Kompetitor

Pastikan untuk memperkecil daftar kata kunci ke yang paling relevan dan dapat diakses. Kemudian, analisis setiap kata kunci tersebut.

Meskipun beberapa kata kunci yang kompetitor gunakan cukup relevan dengan bisnis dan konten situs web kamu, bukan berarti kamu juga harus menggunakan semua kata kunci tersebut. Pertimbangkan beberapa hal, termasuk volume pencarian, tingkat persaingan, dan lainnya. Sehingga kamu bisa mendapatkan hasil maksimal dari upaya yang dilakukan.

Cek Tingkat Kesulitan Peringkat

Dengan mengecek tingkat kesulitan peringkat mesin pencari, kamu bisa menemukan solusi potensial dengan lebih cepat. Jadi, mulailah untuk memeriksa perubahan peringkat kompetitor.

Review Kampanye Berbayar Kompetitor

Apabila sudah menjelajahi peluang organik lalu lintas situs web kompetitor, lanjutkan dengan mengecek lalu lintas berbayar. Kamu dapat melihat berapa uang yang mereka habiskan untuk memasang iklan di mesin pencari dengan kata kunci yang digunakan.

Untuk hal ini, mengapa tidak mencoba Advertising Research tool dari Semrush?

Sudah sejauh mana pemahaman kamu tentang keyword kompetitor? Penting untuk memahami hal tersebut sebelum nantinya kamu memutuskan untuk menjalankan strategi SEO maupun SEM.

Hal tersebut akan membantu kamu menemukan sesuatu yang kurang atau yang harus kamu pelajari untuk melanjutkan upaya SEO. Kamu bisa mulai menargetkan kata kunci terbaik dan paling relevan dengan bisnis menggunakan database kata kunci yang dengan bantuan dari Semrush.

Akan tetapi, ada cara yang lebih efektif dalam mengelola SEO dan memenangkan persaingan dalam mendapatkan peringkat pencarian teratas, yaitu dengan menggunakan jasa SEO Malang terbaik.

Nah, jasa SEO tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah, yaitu dengan menghubungi Optimaise sekarang juga.

Baca Juga

Optimaise