TipsEdukasi

4 Cara Menggunakan Kalkulator Uang TikTok

Siti Rohmah Noviah

4 Cara Menggunakan Kalkulator Uang TikTok

Seiring dengan popularitas TikTok yang terus meningkat, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan platform satu ini, bukan? Ya, TikTok memungkinkan pengguna melakukan banyak aktivitas, seperti berbagai konten video menarik, menonton video, hingga melakukan promosi dan pemasaran. Tetapi, apakah kamu pernah mendengar adanya kalkulator uang TikTok?

Apabila penasaran seperti apa aplikasi kalkulator satu ini dan mengapa banyak orang menggunakannya, mari cari tahu bersama di artikel ini!

Sekilas tentang Kalkulator Uang TikTok

Kalkulator uang TikTok adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu pengguna TikTok menghitung estimasi potensi penghasilan yang bisa mereka dapatkan dari video yang diunggah di TikTok. Sehingga akan sangat membantu kreator memprediksi secara detail jumlah uang yang bisa mereka hasilkan.

Aplikasi ini juga membantu pemilik bisnis menganalisis kinerja akun bisnis dalam melakukan promosi dan pemasaran. Sehingga mereka bisa mengetahui engagement, jumlah pengikut, suka, dan jumlah konten.

Cara ini akan membantu pemilik bisnis memilih kreator yang tepat untuk kebutuhan pemasaran dan promosi bisnis. Dengan begitu, kolaborasi antara bisnis dan kreator berpotensi memberikan dampak positif terhadap penjualan dan brand awareness produk atau jasa yang ditawarkan.

Namun perlu diingat bahwa hasil akhir dari perhitungan di aplikasi kalkulator ini hanya sebuah perkiraan. Potensi pendapatan akan bervariasi karena bergantung pada beberapa hal, termasuk niche, negara, dan jenis konten.

Cara Kerja Kalkulator Uang TikTok

Dengan mengetahui kalkulator uang TikTok, kamu pasti semakin penasaran seperti apa cara kerjanya sehingga makin banyak kreator atau influencer yang memanfaatkan alat tersebut.

Cara kerja dari kalkulator penghitung penghasilan konten TikTok ini adalah dengan memasukkan nama pengguna (username) akun yang akan kamu analisis. Jadi, nanti sistem akan membaca semua aktivitas di profil, termasuk menganalisis semua konten, serta memperkirakan rata-rata engagement.

Di waktu yang sama, algoritma terpisah akan menganalisis parameter lain, termasuk jumlah suka, komentar, dan views konten. Kemudian, angkanya akan dibagi dengan jumlah total tayangan semua video terbaru.

Nah, hasilnya nanti akan dikalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase. Dengan begitu, pengguna bisa memperkirakan estimasi penghasilan dari video yang dibagikan di TikTok.

Baca Juga: 12 Ide Konten TikTok yang Menarik untuk Pemula

Manfaat Menggunakan Kalkulator Uang TikTok

Tenaga pemasar bisa menggunakan kalkulator uang TikTok untuk menghitung jumlah penghasilan content marketing yang didapatkan. Namun, manfaat dan kegunaannya tidak hanya itu saja.

Bagi yang benar-benar fokus dalam memasarkan produk melalui konten TikTok, mereka bisa menggunakan kalkulator uang untuk melakukan beberapa hal berikut:

Baca juga: Coding Adalah: Simak 5 Manfaat Belajar Coding!

  • Memahami kebutuhan audiens secara lebih detail
  • Memantau kinerja video yang dibagikan di TikTok, termasuk jumlah tampilan, suka, komentar, dan bagikan ulang
  • Membantu memperbaiki kinerja video dan membandingkan video dengan video sejenis
  • Merupakan alat yang berguna dalam menghasilkan uang secara online
  • Bisa dijadikan bahan validasi atas kesuksesan akun
  • Memungkinkan profil akn tampak konsisten
  • Menentukan biaya endorse kreator
  • Menentukan harga akun yang akan dijual
  • Membuat penawaran kepada brand untuk bekerja sama sebagai kreator yang mempromosikan produk

Cara Menggunakan Kalkulator Uang TikTok

TikTok merupakan platform media sosial yang banyak diminati. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pengguna aktif yang menghabiskan waktunya untuk mencari konten maupun berbagi konten. Bahkan, kamu bisa menggunakannya sebagai media untuk promosi dan marketing produk atau jasa.

Tidak sedikit pula kreator yang memanfaatkan TikTok untuk mendapatkan penghasilan melalui program affiliate. Mereka akan mendapatkan komisi atas produk yang berhasil terjual. Produk tersebut biasanya disertakan dalam bentuk keranjang kuning yang muncul saat konten ditonton pengguna.

Berbicara tentang kreator, pemasaran, dan penghasilan dari TikTok, apakah kamu sudah tahu keberadaan kalkulator uang TikTok dan bagaimana cara menggunakannya?

Untuk dapat menggunakan aplikasi penghitung estimasi pendapatan TikTok ini, kamu perlu aplikasi pihak ketiga. Namun, tidak perlu khawatir karena aplikasi tersebut bisa kamu gunakan dengan mudah, yaitu dengan cara:

Exolyt

Salah satu alat analitik TikTok yang bisa kamu manfaatkan untuk menggunakan kalkulator uang TikTok adalah Exolyt. Alat ini membantu influencer, pebisnis, dan kreator untuk mengoptimalkan performa akun dan konten yang dibagikan di TikTok.

Dengan alat ini, kamu bisa menggunakan sejumlah fitur termasuk menampilkan data jumlah suka, pengikut, konten terunggah, dan perkiraan penghasilan dari setiap video. Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Akses situs Exolyt dari browser
  • Kemudian temukan kolom penghitung penghasilan dan masukkan nama akun
  • Lanjutkan dengan klik tombol Hitung Penghasilan atau Calculate Earnings
  • Tunggu proses berjalan hingga menampilkan hasil rata-rata dari akun

Feed Pixel

Kalkulator uang TikTok adalah alat yang berguna dalam memperkirakan estimasi penghasilan konten di TikTok. Salah satu alat yang bisa kamu gunakan adalah Feed Pixel. Alat ini memungkinkan penggunanya menganalisis akun mereka guna mengetahui statistik akun tersebut. Untuk dapat menggunakannya, cukup dengan beberapa langkah berikut:

  • Akses situs Feed Pixel dan masukkan nama akun di kolom TikTok username
  • Kemudian centang I’am not a robot dan klik Calculate
  • Langkah selanjutnya adalah menunggu proses berjalan sekitar 3 hingga 5 detik
  • Hasil statistik akan ditampilkan di layar perangkat

Likigram

Sebagai salah satu pilihan kalkulator uang TikTok, Likigram hadir dengan cara penggunaan yang mudah dan cepat. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka situs Likigram
  • Pilih menu TikTok Money Calculator
  • Kemudian masukkan nama akun yang akan kamu cek
  • Tunggu hingga proses selesai yang biasanya perlu beberapa detik saja
  • Kemudian hasil akan ditampilkan dengan jelas pada layar perangkat yang kamu gunakan

Influencer Marketing Hub

Tertarik untuk menganalisa akun melalui kalkulator uang TikTok? Nah, kamu bisa memanfaatkan Influencer Marketing Hub untuk menghitung nilai postingan.

Aplikasi ini memungkinkan kamu mendapatkan gambaran estimasi biaya untuk bekerja sama dengan kreator TikTok. Jadi, kamu bisa mendapatkan gambaran perihal budget yang harus disiapkan sebelum menghubungi kreator.

Dengan cara yang mudah, kamu bisa segera menggunakan alat ini melalui beberapa langkah berikut:

  • Buka atau akses situs Influencer Marketing Hub dari ponsel, tablet, atau komputer
  • Pilih TikTok Money Calculator yang biasanya berada di bagian atas halaman
  • Lanjutkan dengan memasukkan nama pengguna yang akan dihitung nilai postingannya
  • Pilih negara atau wilayah yang sesuai
  • Kemudian masukkan jumlah pengikut dari akun yang dianalisis
  • Pilih kategori konten, apakah beauty, fashion, atau travel
  • Selanjutnya pilih engagement rate
  • Terakhir klik tombol Calculate dan tunggu hingga mendapatkan hasil

Dari penjelasan di atas, kamu tentu bisa menyimpulkan apa itu kalkulator uang TikTok dan mengapa alat satu ini penting. Bahkan untuk banyak pihak, termasuk kreator atau influencer, bisnis, maupun pemilik akun yang berencana menjual akun mereka karena satu dan lain hal.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari TikTok, tentu pengguna harus aktif membagikan konten video yang menarik dengan tingkat engagement yang tinggi, dalam bentuk suka, komentar, dan lainnya.

Sudah melakukan pemasaran melalui TikTok namun hasilnya belum maksimal? Mungkin kali ini kamu perlu bantuan dari profesional, yaitu dengan memilih jasa sosmed management.

Ambil telepon dan hubungi Optimaise sekarang juga!

Baca Juga

Optimaise