Digital MarketingSEO

4 Cara Mendapatkan Paid Traffic, Catat!

Siti Rohmah Noviah

4 Cara Mendapatkan Paid Traffic Catat

Membuat situs web artinya kamu siap dengan segala hal tentangnya. Bukan hanya rencana optimasi untuk mendapatkan posisi ranking teratas, tetapi juga menemukan cara tepat untuk mendatangkan traffic. Pernah mendengar istilah paid traffic?

Traffic situs web bisa berasal dari dua sumber, yaitu organik dan berbayar. Nah, paid traffic inilah yang akan kita bahas lebih lanjut di artikel ini.

Apa itu Paid Traffic?

Seperti namanya, paid traffic adalah kunjungan situs web yang didapatkan secara berbayar. Maksudnya adalah ketika audiens melihat iklan di mesin pencari atau media sosial kemudian membuka tautan URL yang ada di iklan tersebut.

Untuk mendapatkan traffic tersebut, pemilik situs web harus mengeluarkan sejumlah uang untuk iklan yang dipasang agar mendatangkan traffic. Beberapa pilihan untuk bisa mendapatkan lalu lintas ini adalah mesin pencari, media sosial, dan bahkan influencer.

Manfaat Paid Traffic

Meski mengharuskan pemilik situs web mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan lalu lintas atau kunjungan ke situs web, tetapi paid traffic memberikan banyak manfaat, yaitu:

Meningkatkan Traffic Situs Web

Meski secara sekilas membaca, tentu kamu bisa tahu bahwa paid traffic dapat meningkatkan traffic situs web. Traffic berbayar melalui Search Engine Marketing (SEM) merupakan salah satu cara yang dinilai paling efektif untuk mendapatkan traffic dengan cepat.

Baca Juga: Apa Itu SEM dan 5 Cara Mudah Mempraktekkannya

Mendapatkan Konversi

Manfaat lain dari traffic berbayar adalah mendapatkan konversi di situs web. Kamu dapat mengatur target audiens di channel traffic berbayar seperti Meta Ads atau Google Ads. Sehingga kemudian bisa membawa calon pelanggan potensial.

Menargetkan Keyword Tertentu

Paid traffic melalui mesin pencari, misalnya, dapat membantu kamu menargetkan keyword tertentu. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan keyword yang sedang tren sehingga akan lebih banyak klik yang didapatkan.

Penggunaan kata kunci populer atau sedang tren memungkinkan iklan kamu ditempatkan di bagian paling atas hasill pencarian. Selama iklan berjalan, pengguna internet akan tetap bisa melihat iklan tersebut dan kemudian berpotensi mengunjungi situs kamu melalui klik di iklan tersebut.

Membantu Memasarkan Produk

Situs web merupakan tempat yang tepat agar calon pembeli bisa memilih dan kemudian membeli produk yang kamu jual. Melalui situs web, pengguna internet bisa mendapatkan apa yang mereka cari.

Baca juga: Apa itu Search Volume? Ketahui 5 Cara Gratis Menemukannya

Paid traffic akan mendatang lebih banyak calon pembeli potensial sehingga nantinya akan berdampak pada penjualan. Dengan kata lain, traffic berbayar membantu bisnis atau pemilik situs web memasarkan produk atau jasa.

Mengumpulkan Data Demografi Pelanggan

Manfaat paid traffic yang juga tidak kalah penting adalah mengumpulkan data demografi pelanggan. Kamu bisa mendapatkan informasi tersebut melalui iklan yang dijalankan untuk mendapatkan traffic. Data tersebut biasanya berupa jenis kelamin, minat, wilayah, dan lainnya.

Hal ini memungkinkan kamu untuk menargetkan audiens dengan jangkauan yang lebih luas.

Cara Mendapatkan Paid Traffic

Sudah tahu kan apa saja manfaat dari traffic berbayar? Apabila kini kamu merasa bahwa traffic tersebut akan sangat membantu dalam mendapatkan lebih banyak calon konsumen potensial, mengapa tidak segera memanfaatkannya?

Untuk bisa mendapatkan paid traffic, ada beberapa cara yang patut dicoba, yaitu:

Paid search merupakan salah satu cara atau sumber lalu lintas berbayar melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau lainnya. Istilah tersebut dikenal sebagai SEM yang merupakan singkatan dari Search Engine Marketing.

Biasanya pemilik situs web menjalankan iklan di mesin pencari Google melalui Google Ads. Cara mendapatkan traffic berbayar satu ini banyak dipilih karena dapat meningkatkan konversi. Mengapa? Traffic dari pencarian berbayar memiliki niat pembelian yang tinggi.

Display Ads

Untuk mendapatkan traffic berbayar, kamu tidak harus selalu berfokus pada pencarian berbayar. Terdapat sumber lain yang juga bisa kamu pilih yaitu display ads, yaitu iklan yang akan ditayangkan dalam bentuk gambar atau video di situs web. Tujuannya untuk membangun kesadaran merek berkat kemampuannya dalam menjangkau audiens secara luas.

Seperti paid search, display ads juga bisa kamu jalankan menggunakan Google Ads.

Social Media Ads

Apabila ingin menjalankan iklan di media sosial, kamu bisa menggunakan social media ads. Iklan tersebut bisa kamu jalankan di berbagai platform, termasuk Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya. Pemilihan platform beriklan bisa kamu sesuaikan dengan target audiens. Misalnya, apabila audiens yang kamu targetkan lebih banyak aktif di Instagram, kamu bisa mulai menjalankan Instagram Ads.

Atau bisa juga dengan memilih lebih dari satu media sosial namun tetap sesuaikan dengan tujuan dan budget yang tersedia. Iklan di media sosial memberikan lebih banyak pilihan tujuan dan format iklan. Di mana kamu bisa memilih iklan untuk meningkatkan brand awareness, video views, engagement, atau konversi.

Cara lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan paid traffic adalah melalui sponsored content. Artinya, kamu akan bekerjasama dengan pemilik sebuah situs web dan membangun tautan dari situs tersebut ke situs kamu.

Link building dikenal sebagai salah satu strategi optimasi agar situs web bisa mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian. Pastikan kamu memilih situs web kredibel dengan jumlah traffic yang tinggi agar semakin besar peluang untuk mendapatkan traffic dari sponsored content.

Apabila belum begitu paham tentang SEO, panduan belajar SEO untuk pemula ini akan sangat membantu.

Perbedaan Paid Traffic dan Organic Traffic

Dari penjelasan di atas, kamu tentu bisa menyimpulkan apa itu paid traffic. Lalu, apa bedanya dengan organic traffic?

Keduanya sama-sama melibatkan channel yang tersedia, seperti mesin pencari dan media sosial. Namun, yang membedakan paid dan organic traffic adalah caranya. Paid mengharuskan kamu membayar sementara organik bisa kamu dapatkan secara alami tanpa harus memasang iklan untuk bisa mendatangkan traffic ke situs web.

Kelebihan dan Kekurangan Traffic Berbayar

Sebagai cara untuk mendatangkan lalu lintas, traffic berbayar tentu memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan, yaitu:

KelebihanKekurangan
Mudah dan cepatPerlu biaya untuk mendapatkan traffic
Hasil instanTidak berpengaruh terhadap kredibilitas dan otoritas situs web
Hasil terukurTraffic hanya datang selama iklan berjalan
Mudah dalam menargetkan audiens

Mulai Kampanye Traffic Berbayar

Jika sudah siap mendatangkan lalu lintas dari kampanye berbayar, artinya kamu bisa memulainya segera. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu persiapkan agar dapat memulai paid traffic campaign:

  • Pastikan memiliki tujuan yang ingin dicapai
  • Tentukan audiens yang kamu targetkan dari kampanye iklan
  • Siapkan anggaran karena traffic hanya akan didapatkan dari iklan yang berjalan
  • Pilih platform iklan yang tepat, mesin pencari atau media sosial
  • Buat landing page, halaman khusus untuk kebutuhan marketing
  • Jangan abaikan pentingnya melakukan optimasi

Apabila iklan untuk mendapatkan paid traffic sudah berjalan, kamu juga harus tetap melakukan optimasi situs web untuk lalu lintas organik. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan jasa SEO Malang terbaik. Hubungi Optimaise untuk mendapatkan jasa SEO yang kamu pilih.

Baca Juga

Optimaise