Digital MarketingSEO

4 Cara Membuat Meta Deskripsi yang Benar dan SEO-Friendly

Dila

cara membuat meta deskripsi

Dalam mengoptimasi sebuah situs, kebanyakan pemilik website akan terlalu fokus pada riset keyword dan penempatannya di dalam konten. Padahal, ada hal lain yang walaupun kelihatannya sepele ternyata bisa berpengaruh banget terhadap keberhasilan strategi SEO-mu. Salah satunya adalah membuat meta deskripsi yang berkualitas. Ada berapa banyak nih dari kamu yang tahu cara membuat meta deskripsi yang benar? Yuk, simak ulasan lebih lanjut di dalam artikel berikut.

Apa Itu Meta Deskripsi?

Apa Itu Meta Deskripsi
Apa Itu Meta Deskripsi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat meta deskripsi, yuk kenalan terlebih dulu dengan istilah satu ini. Meta deskripsi adalah informasi atau deskripsi singkat mengenai garis besar dari sebuah konten artikel yang ditempatkan di bagian bawah link hasil pencarian kata kunci. Salah satu kegunaan meta deskripsi, atau meta desc, ini adalah untuk membantu pembaca untuk tahu tentang gambaran dari informasi yang akan mereka baca.

Tujuan lainnya dari pemberian meta deskripsi adalah, ia dapat membantu meyakinkan penjelajah untuk mengklik tautan linkmu dan membaca konten di dalamnya. Bagian ini juga bermanfaat banget buat membantu menjaring pengguna internet sekaligus meningkatkan traffic pengunjung yang berkualitas. Buat situs bisnis, adanya meta description ini juga membantu menarik leads, lho. Makanya, kamu benar-benar wajib tahu cara membuat meta deskripsi yang benar dan pastinya sesuai dengan kaidah SEO.

Baca juga: Apa Target Menggunakan SEO dan 5 Cara Optimasinya

Bagaimana Cara Membuat Meta Deskripsi yang Baik dan SEO-friendly

cara membuat meta deskripsi
cara membuat meta deskripsi

Pembuatan meta deskripsi yang baik tentunya bisa berpengaruh positif terhadap keberhasilan strategi SEO-mu. Dengan begitu, situs yang kamu kelola pun bisa lebih cepat bertengger di halaman pertama Google. Sayangnya, nggak banyak orang yang tahu cara membuat meta deskripsi yang benar. Nah, kamu perlu banget nih baca ulasan tips berikut ini.

Gunakan Bahasa yang Ramah dan Persuasif

Gunakan Bahasa yang Ramah dan Persuasif
Gunakan Bahasa yang Ramah dan Persuasif

Anggaplah situsmu adalah sebuah toko, dan meta description adalah bagian muka dari toko tersebut. Untuk menarik pengunjung, tentunya kamu akan menghias tampilan “muka” tokomu dengan warna yang menarik dan ramah. Nah, hal yang sama juga berlaku bagi cara membuat meta deskripsi yang tepat. Saat membuat meta deskripsi, pastikan kamu menggunakan bahasa yang persuasif dan ramah.

Gunakan kata-kata ajakan seperti “Cek di sini!”, “Temukan informasi eksklusif”, “pelajari lebih lanjut”, dan kata-kata persuasif lainnya. Buat kalimat yang mampu memancing rasa penasaran pembaca untuk ingin mengetahui informasi lebih lanjut di dalam artikelmu. Pemilihan kata yang tepat bisa berpengaruh terhadap kondisi psikologis pembaca yang akan membuat mereka mengklik tautan situsmu.

Cantumkan Solusi atau Manfaat

Cantumkan Solusi atau Manfaat
Cantumkan Solusi atau Manfaat

Salah satu kegunaan meta deskripsi adalah membantu meyakinkan pembaca bahwa situsmu menyediakan apa yang mereka butuhkan. Nah, makanya jangan lupa untuk memberikan sedikit deskripsi singkat mengenai manfaat yang bisa pembaca peroleh dari membaca artikelmu.

Misalnya, jika artikelmu membahas tentang cara alami meredakan sakit kepala tanpa obat-obatan, maka kamu bisa mencantumkan meta deskripsi yang berbunyi “Temukan solusi sakit kepala bebas kandungan kimia di sini!” Pembaca yang mengalami masalah tersebut pasti akan langsung mengklik situsmu demi mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Cara ini efektif banget buat mengurangi resiko tingginya angka bounce rate.

Hindari Keyword Spam

Hindari Keyword Spam
Hindari Keyword Spam

Semakin banyak keyword yang kamu masukkan, maka akan semakin besar peluang strategi SEO-mu berhasil, kan? Eits, jangan salah! Alih-alih berada di halaman pertama Google, terlalu banyak membubuhkan keyword juga bisa bikin peringkat situsmu merosot tajam. Hal yang sama juga berlaku dalam cara membuat meta deskripsi.

Terlalu banyak memasukkan keyword justru dapat mengakibatkan pembaca kehilangan rasa percaya dan urung mengklik kontenmu. Penggunaan kata keyword yang terlalu berulang juga dapat mengakibatkan Google menganggap kamu sedang melakukan spam dan bisa-bisa situsmu terkena pinalti.Penempatan keyword bisa dilakukan cukup sekali selama penempatannya strategis dan mewakili isi dari konten yang kamu buat.

Buat Meta Description Sesuai dengan Konten yang Disajikan

Buat Meta Description Sesuai dengan Konten yang Disajikan
Buat Meta Description Sesuai dengan Konten yang Disajikan

Nah, cara membuat meta deskripsi lainnya yang nggak kalah penting adalah memastikan supaya deskripsi tersebut sesuai dengan konten yang kamu buat. Ya, relevansi antara meta desc dengan pembahasan di dalam artikelmu harus benar-benar sesuai.

Jangan sampai membuat pengunjung merasa ter-PHP gara-gara isi konten yang ternyata nggak sesuai dengan ekspektasi. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan bounce rate jadi tinggi. Dampaknya, Google pun akan menganggap situsmu nggak reliable dan menurunkan peringkat situsmu pada laman pencarian.

Berapa Jumlah Karakter Maksimum untuk Meta Description di SEO?

Berapa Jumlah Karakter Maksimum untuk Meta Description di SEO?
Berapa Jumlah Karakter Maksimum untuk Meta Description di SEO?

Dari ulasan mengenai cara membuat meta deskripsi di atas, tentunya kamu sudah mengetahui bahwa ia adalah deskripsi singkat yang memberi gambaran mengenai sebuah konten. Nah, tiap orang pastinya punya persepsi yang berbeda-beda tentang “deskripsi singkat”. Dalam hal ini, kamu mungkin bertanya-tanya, berapa jumlah karakter maksimum untuk meta description di SEO?

Idealnya, meta deskripsi dari sebuah situs punya jumlah karakter mulai dari 155 karakter dengan jumlah maksimal hingga 160 karakter. Lebih dari itu, dikhawatirkan deskripsi yang kamu buat nggak bisa ditampilkan secara maksimal oleh mesin pencari. Karena meta deskripsi ini benar-benar singkat, pastikan untuk menggunakan kalimat yang to-the-point dan efektif. Jangan lupa untuk menyertakan kata kunci di dalamnya, ya.

Cara Membuat Meta Deskripsi yang Benar Sesuai dengan Jumlah Karakter Maksimum

Cara Membuat Meta Deskripsi yang Benar Sesuai dengan Jumlah Karakter Maksimum
Cara Membuat Meta Deskripsi yang Benar Sesuai dengan Jumlah Karakter Maksimum

Buat yang masih pemula, mungkin akan perlu bantuan dalam cara membuat meta deskripsi dengan jumlah karakter sesuai dengan persyaratan. Untungnya, sekarang ada banyak cara yang bisa kamu pakai untuk membuat meta desc berkualitas dengan jumlah karakter yang tepat.

Salah satunya adalah dengan menggunakan tool penghitung karakter. Dengan menggunakan tool ini kamu akan mengetahui apakah meta deskripsi yang kamu buat sudah sesuai dengan ketentuan. Situs blog seperti WordPress sudah punya fitur ini yaitu Yoast SEO. Fitur ini nggak hanya bisa membantu kamu membuat meta deskripsi yang berkualitas. Kamu juga bisa mengecek efektivitas format SEO yang kamu pakai dengan menggunakan plugin gratis ini.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan cara membuat meta deskripsi yang tepat dan benar-benar SEO-friendly. Penggunaan meta deskripsi yang tepat tentunya bisa bantu meningkatkan kekuatan SEO yang kamu terapkan di situsmu. Buat kamu yang ingin mendapatkan hasil optimasi SEO yang lebih maksimal, bisa langsung menghubungi tim Optimaise.

Agensi digital ini menawarkan layanan jasa SEO berkualitas, dengan kualitas konten SEO-friendly terbaik! Kamu juga bisa request pembuatan meta description SEO-friendly untuk melengkapi konten artikelmu. Dapatkan penawaran paket SEO terbaik dengan hubungi CP kami sekarang juga!

Baca Juga

Leave a Comment

Optimaise