Digital MarketingSEO

4 Cara Analisis Content Gap untuk Tingkatkan SEO

Siti Rohmah Noviah

4 Cara Menemukan Content Gap untuk Tingkatkan SEO

Ingin mengoptimalkan konten tapi tidak tahu harus memulainya dari mana? Kali ini kamu bisa melakukan analisis content gap untuk menemukan kekurangan konten di situs kamu dan situs pesaing. Selengkapnya di artikel ini!

Sekilas tentang Analisis Content Gap

Content gap bisa diartikan sebagai kekosongan konten yang hilang saat pengguna internet mencari informasi. Artinya, area tersebut tidak memberikan jawaban yang memadai untuk pertanyaan dari pencari. Bisa juga memberikan informasi yang jadul atau tidak adanya informasi yang jelas.

Sedangkan analisis content gap adalah proses mencari dan mengidentifikasi kekurangan pada konten yang sudah ada dengan tujuan mengoptimalkan potensi konten. Proses satu ini melibatkan analisis topik konten yang hilang, tidak ada, atau konten yang belum dibuat sama sekali pada suatu situs web.

Untuk bisa mengisi kekurangan tersebut, tentunya kamu harus menerbitkan konten sesuai dengan topik terkait. Dengan melakukan analisis kesenjangan konten, kamu bisa meninjau, mengupdate, atau menulis konten baru yang sesuai, lengkap, dan berkualitas. Caranya adalah dengan melakukan audit pada artikel blog, halaman website, konten media sosial, landing page, dan lainnya.

Mengapa Perlu Menemukan Content Gap

Optimasi website berkaitan dengan penggunaan konten berkualitas. Lantas, apa hubungannya dengan content gap dan mengapa harus melakukannya? Terdapat beberapa al san mengapa conteng gap itu penting, di antaranya adalah:

  • Menemukan peluang dari topik atau keyword yang belum tersentuh kompetitor
  • Membangun otoritas melalui sumber kredibel di area content gap
  • Performa yang lebih baik melalui konten yang mendorong lebih banyak traffic dan prospek

Manfaat Melakukan Analisa Content Gap

Melalui content gap, kamu berpeluang untuk membuat konten yang lebih berkualitas. Namun, manfaatnya tentu tidak terbatas pada konten saja. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan analisis kesenjangan konten:

Meningkatkan Upaya SEO

SEO atau search engine optimization adalah upaya agar website muncul di hasil pencarian Google dengan peringkat yang tinggi sehingga mudah ditemukan dan diklik oleh pengguna internet. Analisis content gap bisa menjadi langkah tepat bagi yang ingin meningkatkan upaya SEO yang berdampak pada naiknya traffic.

Konten yang menarik dan berkualitas akan membuat pengunjung turut membuka konten lain di situs kamu.

Apabila kamu baru hendak belajar SEO lebih jauh, panduan belajar SEO untuk pemula ini akan sangat membantu.

Memahami dan Memenuhi Kebutuhan Audiens

Menemukan kesenjangan konten artinya kamu bisa memperbaiki kualitas konten. Sehingga akan membantu memahami dan memenuhi kebutuhan audiens. Dengan kata lain, kamu bisa mencari ide lain agar konten sesuai dengan apa yang audiens cari atau butuhkan.

Hal tersebut berdampak pada peningkatan keterlibatan audiens terhadap konten yang kamu berikan. Mereka akan lebih tertarik untuk berinteraksi dengan konten, misalnya dengan memberikan komentar atau membagikan konten ke pengguna lain. 

Bukankah ini pertanda bagus untuk upaya dalam mengoptimasi situs dan mencapai tujuan bisnis?

Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari

Keberhasilan dalam upaya SEO membawa konten situs web ke peringkat tinggi di halaman hasil pencarian. Hal tersebut sangat mungkin mengingat konten yang relevan dan bermanfaat bukan hanya disukai oleh pembaca saja tetapi juga mesin pencari.

Strategi Pemasaran yang Lebih Efektif

Berkat analisis kesenjangan konten, kamu akan bisa memahami bagian konten yang kurang sehingga perlu ditingkatkan. Hal ini akan memberikan dampak positif pada strategi pemasaran. 

Dengan konten yang lebih baik, strategi pemasaran menjadi lebih efektif, terutama bagi kamu yang menjalankan pemasaran digital yang berfokus pada pemasaran konten atau content marketing.

Baik untuk Kehadiran Online

Apabila SEO meningkat, secara otomatis akan berpengaruh pada kehadiran online di mesin pencari. Artinya, audiens akan lebih mudah menemukan situs kamu. Sehingga nantinya akan meningkatkan traffic organik situs web.

Cara Analisis Content Gap

Dengan berbekal informasi yang tepat, kamu akan semakin siap untuk melakukan analisa content gap. Adapun cara menemukan kesenjangan konten adalah sebagai berikut:

Buat Pemetaan Perjalanan Audiens

Sudah tahu kan siapa target audiens yang kamu tetapkan? Kemudian, kamu bisa mulai membuat pemetaan perjalanan audiens secara optimal, yaitu dengan membuat beberapa pertanyaan untuk mereka. 

Gunakan pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk mengetahui perjalanan mereka hingga melakukan tindakan yang diharapkan, misalnya pembelian, berlangganan newsletter, atau lainnya.

Lakukan Riset Keyword Pesaing

Untuk bisa mengidentifikasi content gap, kamu bisa melakukan riset keyword pesaing. Di mana kamu bisa memanfaatkan alat seperti Semrush atau Ahrefs yang akan membantu menemukan konten yang tepat.

Adapun caranya adalah dengan mengambil halaman situs kompetitor. Kemudian ketikkan alamat situs tersebut untuk melihat keyword yang pesaing gunakan dalam peringkat hasil pencarian Google.

Baca Juga: 4 Hal tentang Keyword Kompetitor, Kamu Wajib Tahu!

Perhatikan Keyword yang Mendapatkan Ranking

Apabila sudah melakukan analisa content gap dan menemukan beberapa ranking kompetitor yang kuat, langkah selanjutnya adalah menganalisis halaman-halaman tersebut. Langkah ini begitu penting karena akan sangat membantu dalam mengidentifikasi adanya gap pada konten yang sudah mendapatkan peringkat. 

Untuk melakukannya, pastikan kamu berbekal beberapa hal berikut:

  • Ketelitian: lihat seberapa dalam halaman tersebut mencakup suatu topik dan ambil kesempatan agar unggul di persaingan melalui pembahasan topik yang lebih mendalam pada konten yang kamu bagikan.
  • Fokus: perhatikan apakah konten tetap fokus pada topik pembahasan sehingga kamu bisa membuat konten yang lebih terencana untuk bisa unggul dari para kompetitor.
  • Kesegaran: saat menemukan konten dengan peringkat tiga tahun atau lebih, artinya kamu bisa membuat konten baru dengan memberikan informasi terbaru untuk pengguna internet.
  • Gaya: seberapa menarik konten kompetitor sehingga kamu bisa menulis konten yang lebih menarik untuk mendapatkan lebih banyak target pembaca.

Identifikasi Kekurangan pada Konten

Dalam melakukan kesenjangan konten, kamu bisa melihat kekurangan pada konten. Lakukan analisa di bagian utama guna mencari tahu apakah ada yang hilang di halaman situs yang kamu analisa.

Misalnya, kamu kemudian menemukan kekurangan pada ketelitian. Di sana, kamu mungkin melihat pesaing hanya memberikan dua tip tentang topik namun tidak mencakup manfaatnya. Nah, kamu bisa mengganti bagian tersebut ke konten kamu selanjutnya.

Tips Membuat Konten yang Lebih Baik Melalui Analisis Content Gap

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah content is king. Bagi website dan upaya optimasinya, konten memiliki peran penting. Jadi, untuk bisa menulis konten yang lebih baik, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut dalam analisa kesenjangan konten, yaitu:

  • Melakukan audit pada konten pesaing dan konten situs milikmu
  • Terus mencari kesenjangan konten agar mendapatkan hasil yang diinginkan
  • Pilih content gap yang sesuai atau relevan dengan bisnis

Meski tampak mudah, ternyata melakukan analisis content gap harus dilakukan dengan benar. Sehingga dapat memberikan hasil yang sesuai harapan. Bagi kamu yang ingin kemudahan dalam melakukan analisis kesenjangan konten guna meningkatkan hasil SEO, mengapa tidak memilih  jasa SEO Malang terbaik dari Optimaise saja?

Baca Juga

Optimaise