Search engine optimization (SEO) adalah upaya agar situs web mendapatkan peringkat teratas di halaman pencarian. Salah satu strateginya adalah white hat SEO. Sudah sering mendengar istilah tersebut?
Table of Contents
Sekilas tentang White Hat SEO
White hat SEO adalah upaya meningkatkan peringkat di halaman hasil pencarian dengan mematuhi aturan dan pedoman mesin pencari. Tentunya, strategi optimasi ini merupakan kebalikan dari black hat SEO yang memanfaatkan celah algoritma mesin pencari untuk bisa mendapatkan peringkat tinggi.
Untuk implementasinya, white hat SEO melibatkan berbagai hal, termasuk:
- Membuat konten bermanfaat bagi audiens atau pengguna internet
- Mendapatkan backlink berkualitas tinggi
- Memastikan situs memberikan user experience yang luar biasa
Perbedaan White Hat SEO vs Black Hat SEO
White hat dan black hat SEO adalah dua istilah yang begitu familiar di kalangan orang-orang yang menjalankan strategi optimasi mesin pencari. Keduanya hadir sebagai cara yang berbeda yang saling bertolak belakang. Berikut adalah beberapa perbedaan antara keduanya:
White Hat SEO | Black Hat SEO |
Menghasilkan konten berkualitas yang sesuai dengan search intent | Menggunakan konten berkualitas rendah, duplikat, hingga template |
Penggunaan gambar dengan alt text yang baik | Menggunakan cara yang lebih jadul, misalnya penggunaan keyword stuffing dan teks yang tak terlihat |
Menggunakan riset keyword secara organik di setiap halamannya | Penggunaan keyword secara berlebihan baik pada header, meta tag, maupun anchor text |
Mengikuti pedoman mesin pencari dan membangun tautan melalui guest posting dan strategi membangun tautan yang autentik | Tidak memperhatikan pedoman dan algoritma mesin pencari terbaru |
Mulai belajar tentang SEO melalui panduan belajar SEO untuk pemula yang bisa kamu gunakan sebagai sumber informasi.
Mengapa White Hat SEO itu Penting
Seberapa penting penggunaan strategi white hat dalam menjalankan SEO? Strategi satu ini dinilai penting karena tanpanya, hasil mesin pencari akan kacau. Pemilik situs akan mengandalkan metode search engine optimization (SEO) yang sudah usang untuk mendapatkan peringkat di halaman pencarian apabila tidak mengikuti pedoman yang berlaku.
Hal tersebut dapat menyebabkan pengguna harus memisahkan beberapa situs tidak relevan agar bisa mendapatkan apa yang dicarinya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa white hat bermanfaat bagi banyak pihak, termasuk pemilik situs dan pengguna internet.
Sekedar informasi, Google memastikan algoritmanya hanya akan merangking konten yang sesuai dengan search intent untuk setiap pencarian kata kunci. Mengapa demikian? Hal tersebut mendorong jutaan pengguna internet untuk menggunakan mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka cari.
Ini tentunya menguntungkan bagi para pemilik situs. Mereka dapat meningkatkan ranking dengan menggunakan taktik yang jujur. Sehingga akhirnya memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pengunjung. Di sisi lain, pengguna juga mendapatkan keuntungan karena dapat menemukan apa yang mereka cari dengan mudah melalui penelusuran organik.
Baca Juga: Ketahui 4 Jenis Search Intent & Temukan Keyword Terbaik
Teknik Penting White Hat SEO
Membangun bisnis dan reputasi situs memang tidak mudah. Akan selalu ada tantangan dan risiko yang harus kamu siap ambil setiap waktunya. Untuk perihal optimasi situs, kamu bisa memanfaatkan strategi white hat SEO. Meski butuh waktu yang lama, tetapi memberikan hasil jangka panjang.
Berikut adalah beberapa teknik yang harus kamu implementasikan untuk mendapatkan hasil terbaik dari penggunaan strategi white hat:
Buat dan Berikan Konten Bermakna
Salah satu hal yang harus selalu kamu ingat, Google memberikan peringkat pada konten yang bermanfaat dan mengutamakan orang. Artinya, konten yang berguna untuk pengguna internet akan lebih mendapatkan perhatian dan diutamakan oleh Google sebagai mesin pencari.
Tim pemasaran digital menggunakan postingan blog untuk mendapatkan prospek karena konten masih tetap menjadi raja. Jadi, apabila hendak menjalankan white hat SEO, jangan membuat konten yang berfokus hanya pada mesin pencari, tetapi manusia sebagai pengguna yang mencari informasi.
Apabila perlu bantuan, kamu bahkan bisa menggunakan alat yang bermanfaat, seperti SEO writing assistant dari Semrush yang akan menilai keterbacaan, originalitas, intonasi suara, dan SEO tulisan secara real time.
Pertimbangkan Search Intent
Dalam menjalankan upaya optimasi agar situs mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman hasil pencarian, pertimbangkan search intent, yang merupakan tujuan utama mesin pencari. Search intent adalah tujuan seseorang saat mengetikkan query di mesin pencari. Misalnya, saat pengguna internet mengetik “resep pasta keto” mereka berharap mendapatkan konten yang sesuai.
Keyword utama harus bersifat informasional, komersial, navigasi, dan transaksional. Apabila seseorang mengunjungi situs pakaian, artinya mereka berencana untuk membeli suatu barang. Inilah yang dinamakan sebagai komersial dan transaksional.
Adapun beberapa strategi yang bisa kamu coba dalam memuaskan maksud pencarian adalah:
- Pahami target audiens dan apa yang mereka cari
- Optimasi konten agar sesuai dengan keyword yang spesifik
- Gunakan gambar dan video dalam konten yang dibagikan
- Pastikan konten memiliki format untuk skimmer dengan menggunakan sub judul dan spasi baris
Untuk membantu menemukan kata kunci dan menganalisa maksud pencarian, kamu juga bisa menggunakan tool yang tersedia secara online, misalnya Semrush Keyword Magic Tool. Masukkan keyword, pilih negara, dan klik Search. Kemudian kamu akan melihat daftar keyword termasuk kata kunci dengan variasi yang lebih relevan.
Buat Website yang Mobile-Friendly
Saat ini, orang-orang cenderung menggunakan smartphone untuk mengakses berbagai situs dalam menemukan apa yang mereka cari. Itu artinya, kamu harus membuat situs yang bisa dilihat di perangkat tersebut. Jika tidak, kamu akan kehilangan lead potensial karena pengunjung tidak bisa menavigasi situs kamu.
Apabila situs sudah berjalan namun kamu ragu apakah situs tersebut mobile-friendly atau tidak, coba lakukan pengecekan. Ketikkan URL situs kamu di kotak pencarian di Mobile-friendly test tool dari Google. Jadi, kamu bisa melihat seperti apa tampilan situs di perangkat mobile dan beberapa rekomendasi optimasi yang cocok.
Apakah Harus Selalu Menggunakan Strategi White Hat SEO?
Apakah harus selalu menggunakan strategi white hat dalam SEO? Sebenarnya, hal tersebut bergantung pada kebutuhan dan tujuan masing-masing. Beberapa industri mungkin lebih cenderung menggunakan black hat SEO karena merupakan bagian dari model bisnisnya.
Agar tetap bisa berkompetisi, kamu punya pilihan untuk menggunakan kombinasi white dan black hat yang banyak dikenal sebagai strategi gray hat. Akan tetapi, kamu harus memikirkan risikonya, yaitu mendapatkan penalti dari Google.
Untuk membangun kehadiran online, sebaiknya fokus pada strategi white hat SEO yang memberikan profit jangka panjang.
SEO merupakan bagian dari strategi pemasaran konten yang meningkatkan traffic pencarian Google serta meningkatkan sinyal peringkat. Nah, white hat SEO ini hadir sebagai cara efektif dalam meningkatkan ranking tanpa harus khawatir akan melakukan pelanggaran algoritma dan mendapatkan penalti.
Meski perlu waktu dan hasil yang lama, tetapi strategi SEO ini merupakan cara terbaik dalam membangun kehadiran web. Bila perlu, kamu bisa menggunakan jasa SEO Malang terbaik agar hasilnya lebih maksimal. Jasa tersebut bisa dengan mudah kamu dapatkan dengan menghubungi Optimaise sekarang juga.