TipsEdukasi

Cara Membuat Makalah di Hp Menggunakan 3 Aplikasi

Tiara Motik

Cara Membuat Makalah di Hp Menggunakan 3 Aplikasi

Saat masih menempuh pendidikan, sering kali guru atau dosen di kelas memberi tugas perorangan atau per kelompok untuk membuat makalah dengan topik tertentu. Namun, sayangnya tidak semua orang sudah memiliki komputer ataupun laptop pribadi.

Dalam situasi seperti ini, Hp menjadi solusi praktis untuk menyelesaikan tugas membuat makalah ini. Lalu, bagaimana cara membuat makalah di Hp?

Sebenarnya saat ini sudah banyak pekerjaan yang sebenarnya dapat diselesaikan dengan menggunakan bantuan aplikasi yang sudah tersedia di Play Store.

Tak perlu lagi bersusah payah mencari pinjaman laptop untuk menyelesaikan tugas, dengan mengandalkan Hp, aplikasi, dan internet, sekarang kamu sudah bisa membuat makalah yang tidak kalah bagus dan rapi.

Dalam artikel ini, kamu akan menjelajahi beberapa aplikasi khusus yang dapat membantumu dalam merencanakan, menulis, dan menyusun makalah secara efektif menggunakan smartphone. Mari simak lebih jauh bagaimana cara membuat makalah di Hp menggunakan aplikasi ini, yuk!

Apa itu Makalah?

Apa itu Makalah?
Apa itu Makalah?

Makalah merupakan tulisan ilmiah yang mengulas suatu topik pengetahuan secara terstruktur. Sering kali makalah terdiri dari empat bagian utama, yakni pendahuluan, studi kepustakaan, pembahasan, dan kesimpulan.

Selain sebagai syarat pendidikan, makalah mencerminkan pemahaman terhadap teori, memanfaatkan berbagai sumber informasi, dan menyatukan gagasan dari literatur atau pelaksanaan kegiatan dalam satu karya yang komprehensif.

Makalah memiliki tujuan utama untuk menyampaikan pemahaman mendalam mengenai suatu topik pengetahuan kepada pembaca. Selain itu, makalah juga berperan dalam memperlihatkan kemampuan literasi penulis dalam menyintesis berbagai sumber informasi.

Secara keseluruhan, tujuan makalah tidak hanya sebatas memenuhi kewajiban akademis, tetapi juga sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan, membangun argumen, dan menyumbangkan pandangan terhadap perkembangan bidang ilmiah atau akademis.

Struktur Makalah yang Bagus

Struktur Makalah yang Bagus
Struktur Makalah yang Bagus

Sebuah makalah yang berkualitas ditandai oleh struktur yang kokoh dan terorganisir dengan baik. Pendekatan yang sistematis dalam penyusunan makalah menjadi kunci untuk memastikan pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan jelas oleh pembaca.

Baca juga: Rumus Standar Deviasi Excel: 3 Cara Menggunakannya

Suatu makalah memiliki struktur yang terdiri dari beberapa bagian esensial, dimulai dari cover yang mencakup informasi penting seperti judul, nama penulis, logo institusi, dan tahun terbit hingga daftar pustaka. Ini adalah daftar lengkap struktur makalah yang bagus:

  1. Sampul atau cover makalah
    • Halaman depan dengan informasi penting seperti judul, nama penulis, logo institusi, dan tahun terbit.
  2. Kata Pengantar
    • Berfungsi sebagai salam pembuka dari penulis. Isi kata pengantar mencakup ucapan terima kasih, penjelasan struktur makalah, dasar pemikiran pembuatan judul, tujuan garis besar, harapan dan manfaat makalah yang ditutup dengan tanggal pembuatan dan tanda tangan penulis.
  3. Daftar Isi
    • Memuat nomor halaman untuk setiap bab dan sub-bab.Termasuk daftar gambar dan tabel jika ada. Disusun secara urut dari nomor halaman terkecil sampai terbesar.
  4. Bab I Pendahuluan
    • Bab ini terbagi menjadi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penulisan. Latar belakang memberikan konteks topik yang akan dibahas. Kemudian, rumusan masalah menjelaskan permasalahan yang akan diangkat. Terakhir, tujuan penulisan menunjukkan alasan penulisan makalah.
  5. Bab II Pembahasan
    • Meliputi metode penelitian, sasaran penelitian, dan hasil penelitian kualitatif atau kuantitatif. Untuk makalah kualitatif, fokus pada kajian teoritis menggunakan bahasa penulis. Sementara itu, penggunaan tabel, grafik, atau diagram untuk mengilustrasikan data pada makalah kuantitatif.
  6. Bab III Penutup
    • Bagian ini nengandung kesimpulan dan saran. Kesimpulan mencerminkan makna dari pembahasan dan jawaban terhadap masalah penelitian. Di sisi lain, saran memberikan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut.
  7. Daftar Pustaka
    • Ini adalah bagian akhir yang mencantumkan semua referensi yang digunakan dalam makalah. Penulisan daftar pustaka disusun secara alfabetis dan memberikan informasi yang akurat.

Dengan memahami struktur-struktur makalah ini, kamu memiliki pedoman yang jelas dalam mengorganisir dan menyusun informasi dengan sistematis.

Setiap bagian, mulai dari sampul makalah yang memberikan identitas hingga daftar pustaka yang menunjukkan integritas akademis, semuanya membantu menciptakan keteraturan dalam tulisan. Struktur ini bukan hanya sekadar kerangka formal, tetapi juga alat untuk memandu pembaca melalui alur logis dan pemikiran yang ditempuh oleh penulis.

Aplikasi untuk Membuat Makalah di Hp

Aplikasi untuk Membuat Makalah di Hp
Aplikasi untuk Membuat Makalah di Hp

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat makalah di perangkat hp, memudahkan pengguna dalam menyelesaikan tugas akademis atau karya tulis.

Kamu dapat mengunduhaplikasi ini melalui Google Play Store dan kemudian mulai membuat dan mengedit makalah langsung dari perangkatmu. Berikut beberapa aplikasi yang umumnya digunakan:

  1. Microsoft Word (Office Mobile)
    • Aplikasi ini menyediakan sebagian besar fitur Word pada perangkat hp. Kelebihannya adalah format dokumen yang konsisten dengan versi desktop, fitur penyimpanan cloud, dan kemampuan untuk mengedit dokumen dengan tata letak yang kompleks.
  2. Google Docs
    • Aplikasi pengolah dokumen dari Google yang memungkinkan kolaborasi secara real-time dan penyimpanan di Google Drive. Aplikasi ini memberikan ksesibilitas dari berbagai perangkat, kolaborasi tim yang mudah, dan penyimpanan otomatis di cloud. Namun, memerlukan koneksi internet untuk pengeditan secara langsung.
  3. WPS Office
    • Aplikasi office suite yang menyediakan pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi dalam satu paket. Kelebihannya memiliki fitur lengkap, mendukung berbagai format dokumen, dan antarmuka yang mudah digunakan.

Baca juga: Ikuti 3 Cara Membuat Tabel Distribusi Frekuensi dengan Berbagai Data

Pilihannya tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan spesifik, dan kenyamanan dalam penggunaan. Beberapa aplikasi tersebut menyediakan versi gratis dengan fitur yang mencukupi untuk membuat makalah sederhana.

Cara Membuat Makalah di Hp

Cara Membuat Makalah di Hp
Cara Membuat Makalah di Hp

Pembahasan dan panduan lengkap cara membuat makalah di Hp ini mungkin menjadi bagian yang paling kamu nanti. Dengan semakin canggihnya teknologi, penggunaan aplikasi di Hp memberikan kemudahan untuk mengeksplorasi kreativitas dan menyusun makalah tanpa terbatas oleh perangkat yang lebih besar.

Berikut ini akan dibahas langkah-langkah praktis, tips efektif, dan aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membuat makalah dengan mudah langsung dari Hp.

Dengan begitu, proses penulisan menjadi lebih ringkas dan dapat diakses di mana saja di mana ini memberikan solusi yang sesuai dengan gaya hidup yang dinamis. Simak, yuk!

Cara Membuat Makalah di Hp Menggunakan WPS

Cara Membuat Makalah di Hp Menggunakan WPS
Cara Membuat Makalah di Hp Menggunakan WPS

WPS Office adalah paket aplikasi yang gratis dan lengkap untuk perangkat Android, mencakup pengolah kata, spreadsheet, perangkat lunak presentasi, dan pembaca PDF. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat dan mengedit dokumen teks, tabel, gambar, serta bagan dengan mudah.

Dengan paket aplikasi yang gratis dan lengkap mencakup pengolah kata, spreadsheet, presentasi, dan pembaca PDF. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat makalah di Hp menggunakan WPS Office:

  1. Unduh dan instal aplikasi WPS Office dari Google Play Store.
  2. Setelah diinstal, buka aplikasi WPS Office.
  3. Klik ikon “+” yang terletak di sudut kanan bawah layar.
  4. Pilih opsi “Doc” dari menu yang muncul. Pilih untuk membuat dokumen kosong atau pilih dari berbagai template yang tersedia.
  5. Gunakan toolbar untuk menyusun makalah dengan memformat teks, menambahkan gambar, atau menyisipkan tabel.
  6. Setelah selesai, simpan dokumen ke perangkatmu dengan menekan tombol “Selesai” di bagian kiri atas. Kemudian, tentukan nama makalah dan lokasi penyimpanannya.

Baca juga: Tujuan Analisis Data Adalah: Catat 4 Poin Penting Ini!

Cara Membuat Makalah di Hp Menggunakan Microsoft Word

Cara Membuat Makalah di Hp Menggunakan Microsoft Word
Cara Membuat Makalah di Hp Menggunakan Microsoft Word

Microsoft Word sebagai bagian dari paket aplikasi Microsoft Office menyajikan pengalaman pengolah kata yang komprehensif untuk pengguna perangkat Android. Aplikasi ini memungkinkan pembuatan dan pengeditan dokumen dengan fitur teks yang kaya, penataan tabel, penyisipan gambar, dan pembuatan bagan.

Namun, kehandalan dan kekayaan fitur ini hadir dengan biaya berlangganan, dimulai dari 96 ribu Rupiah per bulan untuk satu langganan pengguna. Tapi, kamu bisa menggunakannya secara gratis untuk 30 hari pertama.

Kalau kamu tertarik, berikut ini cara membuat makalah di Hp menggunakan Microsoft Word:

  1. Unduh dan instal aplikasi Microsoft Word dari Google Play Store.
  2. Setelah diinstal, buka aplikasi Microsoft Word di ponselmu.
  3. Klik ikon “+” yang terletak di pojok kanan atas layar.
  4. Pilih untuk membuat dokumen kosong atau pilih dari berbagai template yang tersedia.
  5. Setelah membuat dokumen, mulailah mengetik konten makalahmu. Manfaatkan toolbar untuk memformat teks, menambahkan gambar, atau menyisipkan tabel.
  6. Setelah selesai, simpan dokumen ke perangkatmu dengan menekan tombol “✓” di bagian kanan atas layar. Makalahmu akan secara otomatis tersimpan.

Cara Membuat Makalah di Hp Menggunakan Google Docs

Cara Membuat Makalah di Hp Menggunakan Google Docs
Cara Membuat Makalah di Hp Menggunakan Google Docs

Cara membuat makalah di Hp yang terakhir adalah dengan denggunakan Google Docs. Google Docs adalah platform pengolah kata berbasis web yang dapat diakses secara gratis, memungkinkan kamu membuat, mengedit, dan berkolaborasi pada dokumen dengan orang lain secara efisien.

Hanya saja, untuk mengakses atau mengedit makalah yang kamu buat, kamu perlu terhubung dengan data atau jaringan internet. Kalau kamu sudah terhubung, ikut langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh dan instal aplikasi Google Docs atau Google Dokumen dari Google Play Store.
  2. Setelah diinstal, buka aplikasi Google Docs di perangkat Androidmu
  3. Ketuk ikon “+” yang terletak di sudut kanan bawah layar.
  4. Pilih opsi “File Word Baru” dari menu yang muncul.
  5. Pilih untuk membuat dokumen kosong atau pilih dari berbagai template yang tersedia.
  6. Setelah membuat dokumen, mulailah mengetik dan menyusun makalahmu.
  7. Setelah selesai, simpan dokumen ke perangkatmu dengan menekan tombol “Simpan“, lalu pilih perangkat penyimpanan saat kamu akan keluar dari halaman dokumen.
  8. Kemudian atur nama makalah dan klik “Simpan” di pojok kanan atas layar.

Microsoft Office, WPS Office, dan Google Docs masing-masing menawarkan solusi yang kuat dan beragam untuk memenuhi kebutuhan produktivitas pengguna perangkat Android, seperti membuat makalah. Meskipun awalnya kamu merasa belum terbiasa, namun beberapa cara membuat artikel di Hp ini seiring waktu akan benar-benar membantu dan memudahkanmu.

Tapi, kalau saat ini kamu tengah membutuhkan bantuan untuk membuat artikel, Optimaise juga memiliki jasa penulisan artikel. Dengan bantuan Optimaise, kamu dapat lebih fokus pada esensi ide-ide kreatifmu. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan Optimaise mitramu!

Baca Juga

Optimaise