Apakah kamu pernah merasa terpesona oleh tampilan feed yang rapi dan tertata dari sebuah brand atau akun seorang selebgram di Instagram?
Kecermatan di dalam menyusun feed, mulai dari pemilihan warna yang serasi hingga penataan foto yang estetis berdasarkan setiap ketentuan ukuran feed Instagram bakal menciptakan kesan visual yang menarik perhatian.
Mengamati tampilan feed yang menawan dari sebuah brand atau akun selebgram di Instagram bukan sekadar menyaksikan kumpulan gambar, melainkan juga menelusuri kecermatan visual di balik setiap unggahan.
Dalam proses penataan foto yang estetis, terdapat keahlian seni yang memadukan elemen-elemen visual. Setiap potret tampaknya dipilih dan disusun dengan penuh perhatian sehingga menciptakan sebuah narasi visual.
Inilah beberapa alasan penting mengapa panduan lengkap ukuran feed Instagram menjadi kunci utama untuk memahami bagaimana cara menciptakan tampilan yang menarik perhatian dan memberikan kesan.
Table of Contents
Apa Itu Feed Instagram?
Feed Instagram adalah tampilan utama akun Instagram yang memperlihatkan kumpulan foto, video, atau konten lainnya yang telah diposting oleh pengguna.
Feed ini menjadi wajah dari sebuah akun Instagram dan sering kali dianggap sebagai kesan pertama yang dilihat oleh pengunjung. Karena itu, feed yang menarik, rapi, dan konsisten sering kali menjadi kunci untuk menarik perhatian audiens dan meningkatkan jumlah followers.
Secara teknis, feed Instagram menampilkan postingan dalam format grid, biasanya dengan tiga kolom, yang diatur berdasarkan urutan waktu unggahan. Postingan terbaru akan muncul di bagian paling atas, sedangkan postingan lama akan turun ke bawah seiring dengan munculnya unggahan baru.
Tapi, pengguna juga dapat menyoroti konten tertentu dengan fitur seperti pinned posts untuk menjaga postingan tertentu tetap terlihat di bagian atas feed mereka.
Pentingnya feed Instagram di dalam strategi marketing tidak bisa diabaikan. Bagi bisnis, feed yang terorganisir dengan baik dapat membantu membangun kredibilitas dan menarik calon pelanggan. Feed yang menarik secara visual sering kali lebih mudah diingat oleh audiens, meningkatkan peluang interaksi, dan bahkan penjualan.
Untuk mengelola feed Instagram secara efektif, banyak orang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merencanakan dan mengatur tampilan postingan sebelum diunggah. Strategi ini membantu menciptakan feed yang estetis, sekaligus menjaga kesinambungan visual.
Perbedaan antara Feed Instagram dan Story
Instagram menyediakan berbagai cara untuk berbagi cerita, tetapi dua fitur utamanya, feed dan story, menawarkan pengalaman yang sangat berbeda.
Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa beberapa momen lebih cocok untuk diunggah ke feed, sementara lainnya lebih tepat di story? Di balik dua fitur ini, terdapat perbedaan menarik yang tidak hanya memengaruhi caramu berbagi konten, tetapi juga bagaimana audiensmu berinteraksi dengannya.
Meski keduanya bertujuan untuk berbagi konten, feed Instagram dan story adalah dua fitur utama di Instagram yang memiliki fungsi dan karakteristik berbeda seperti di dalam penjelasan ini.
Feed Instagram
Feed Instagram adalah tempat di mana postingan permanen, seperti foto, video, atau carousel ditampilkan. Konten yang diunggah ke feed akan tetap ada di profil pengguna kecuali dihapus secara manual. Feed memiliki tampilan grid yang rapi, sehingga memudahkan pengunjung untuk melihat seluruh konten secara keseluruhan.
Feed biasanya digunakan untuk konten yang bersifat lebih formal, terencana, atau estetis. Banyak pengguna, khususnya merek atau influencer, menciptakan feed yang konsisten secara visual untuk membangun identitas mereka.
Postingan di feed juga memungkinkan penggunaan caption yang lebih panjang, sehingga cocok untuk menyampaikan cerita, informasi mendalam, atau promosi.
Dari segi interaksi, konten di feed dapat menerima likes, komentar, dan bisa dibagikan ulang melalui DM atau Story oleh pengguna lain. Selain itu, postingan feed juga muncul di halaman Explore, sehingga memiliki potensi jangkauan yang lebih luas.
Story Instagram
Story Instagram adalah fitur konten sementara yang hanya tersedia selama 24 jam setelah diunggah. Story terletak di bagian atas aplikasi Instagram dan biasanya digunakan untuk berbagi momen secara cepat atau spontan. Konten ini lebih kasual dan sering kali digunakan untuk memberikan update harian atau konten yang tidak memerlukan estetika tinggi.
Story memungkinkan pengguna untuk menambahkan elemen interaktif, seperti stiker, polling, questions, tautan, dan GIF, sehingga membuat konten lebih dinamis dan menarik. Story juga tidak memiliki batasan formal seperti feed, sehingga pengguna lebih bebas bereksperimen.
Meski bersifat sementara, pengguna dapat menyimpan Story ke dalam fitur Highlights, yang memungkinkan Story tertentu tetap terlihat di profil. Ini berguna untuk konten penting yang ingin dilihat lebih lama.
Ketahui Perbedaan Rasio dan Piksel Ukuran Feed Instagram
Saat mencari tahu informasi dan beragam referensi lebih jelas terkait ukuran feed Instagram, kamu mungkin bakal menemukan istilah “rasio” dan “piksel”. Kedua istilah ini memang nampak membingungkan, terutama buat kamu yang tidak memiliki latar belakang sebagai seorang fotografer ataupun desainer grafis.
Dalam perjalanan mengenal dunia Instagram, istilah rasio dan piksel sering muncul sebagai elemen kunci yang perlu dipahami. Singaktnya, rasio mengacu pada perbandingan lebar dan tinggi suatu gambar atau video yang umumnya meliputi persegi 1:1, lanskap 1.9:1, dan potret 4:5.
Sementara itu, piksel merupakan satuan pengukuran atau biasa kita kenal sebagai resolusi atau kualitas gambar. Sebagai contoh, gambar pada feed umumnya memiliki resolusi 1080×1080 piksel. Untuk foto profil, resolusi dapat berbeda, misalnya 320×320 piksel. Sedangkan, video Instagram juga dapat memiliki resolusi yang beragam tergantung pada formatnya, seperti 720p atau 1080p.
Setelah memahami esensi rasio dan piksel, saatnya merambah lebih jauh ke panduan praktis ukuran feed Instagram. Apakah kamu memiliki foto memukau yang ingin dibagikan dalam format persegi? Atau mungkin video menarik yang cocok untuk tampil dalam format lanskap? Berikut ini adalah panduan ukuran untuk berbagai jenis feed Instagram yang harus kamu tahu.
Daftar Ukuran Feed Instagram
Jika kamu ingin membuat feed Instagram yang bisa menarik perhatian, memahami ukuran konten yang tepat adalah langkah pertama yang tak boleh dilewatkan.
Setiap jenis postingan di feed, mulai dari foto persegi hingga video vertikal, memiliki ukuran ideal untuk tampil maksimal di layar pengguna.
Tanpa mengetahui ukuran yang tepat, hasil unggahanmu bisa terlihat terpotong atau kurang estetik. Jadi, bagaimana sebenarnya daftar ukuran feed Instagram yang sesuai agar kontenmu terlihat profesional? Mari kita bahas selengkapnya!
Ukuran Foto dan Gambar Feed Instagram
Sepertinya tidak ada kesulitan yang berarti saat mengunggah postingan berupa foto dan gambar di Instagram dibandingkan jenis postingan lainnya. Rasio aspek 1:1 menjadi yang paling umum digunakan di feed Instagram. Meskipun penggunaan Instagram untuk berbagi foto dan gambar relatif mudah, berikut ini adalah ukuran feed Instagram dan rasio yang direkomendasikan untuk masing-masing format postingan.
Format Postingan | Rasio | Piksel | Jenis File |
Persegi (square) | 1:1 | 1080×1080 piksel | JPG dan PNG |
Lanskap (landscape) | 1.9:1 | 1080×608 piksel | JPG dan PNG |
Potret (portrait) | 4:5 | 1080×1350 | JPG dan PNG |
Setelah mengetahui beberapa ketentuan dari ukuran foto dan gambar, berikut ini beberapa tips terbaik untuk mengoptimalkan postingan foto dan gambarmu di Instagram:
- Pastikan setiap foto yang kamu unggah memiliki ukuran file maksimal 30 MB dengan format PNG atau JPG.
- Untuk tampilan terbaik, unggah gambar dengan lebar 1080 piksel.
- Gambar dengan resolusi kurang dari 320 piksel akan diperbesar hingga 320 piksel oleh Instagram.
- Gambar lebih besar dari 1080 piksel akan diubah ukurannya menjadi 1080 piksel.
- Jika lebar gambar antara 320-1080 piksel dan rasio aspek antara 1.91:1 dan 4:5, Instagram tidak akan mengubah resolusi asli.
- Gambar dengan rasio aspek yang berbeda akan otomatis dipotong oleh platform.
Ukuran Video dalam Feed Instagram
Meskipun pengalaman mengunggah foto di Instagram cenderung mudah, hal tersebut dapat sedikit berbeda saat berurusan dengan postingan video. Instagram mendukung berbagai format video, termasuk rasio 1:1, 4:5, dan 1.9:1. Namun, penting untuk diingat bahwa ukuran file juga memainkan peran penting dalam kualitas tampilan video.
Untuk memastikan video kamu tampak optimal di feed Instagram, perhatikan resolusi dan rasio aspek yang disarankan oleh platform. Seiring dengan itu, pastikan bahwa durasi video sesuai dengan batasan waktu yang berlaku. Dengan memahami panduan ini, kamu dapat membuat postingan video yang menarik dan sesuai dengan tata letak feed Instagram.
Format Postingan | Rasio | Piksel | Jenis File |
Persegi (square) | 1:1 | 1080×1080 piksel | MP4, MOV, dan GIF |
Lanskap (landscape) | 1.9:1 | 1080×608 piksel | MP4, MOV, dan GIF |
Potret (portrait) | 4:5 | 1080×1350 piksel | MP4, MOV, dan GIF |
Nah, setelah memahami ketentuan berbagai ukuran video dalam feed Instagram di atas, berikut ini beberapa tips terbaik untuk mengoptimalkan postingan videomu:
- Untuk hasil yang optimal, unggah video dengan lebar 1080 piksel dan rasio 4:5.
- Gunakan format file yang disarankan, seperti MP4. Ini membantu mempertahankan kualitas video.
- Batasi ukuran file video agar tidak melebihi 30 MB untuk menghindari potensi kompresi yang signifikan oleh Instagram.
- Sesuaikan durasi video sesuai dengan batasan waktu yang berlaku di Instagram. Di feed, durasi maksimal umumnya 1-60 detik.
- Pastikan video stabil dan audio jelas. Sebaiknya gunakan fitur stabilisasi jika diperlukan dan perhatikan kualitas suara agar pengalaman menonton yang lebih baik.
Baca juga: 8 Cara Membuat Undangan Digital, Ternyata Mudah!
Ukuran Instagram Story
Instagram story memiliki rasio aspek 9:16 yang optimal untuk tampilan penuh layar pada perangkat mobile. Pastikan untuk mengikuti rasio ini agar konten story yang akan kamu tampak sesuai dan tidak terpotong. Dengan memahami persyaratan ini, kamu dapat memastikan Instagram story yang telah kamu unggah tampil dengan baik dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengikut.
Format Postingan | Rasio | Piksel | Jenis File |
Vertikal (vertical) | 9:16 | 1080:1920 piksel | JPG, PNG, MP4, MOV, dan GIF |
Dibandingkan dengan berbagai jenis postingan di Instagram, Instagram stories tergolong yang paling mudah untuk digunakan. Seluruh jenis file dan format postingan bisa kamu unggah, tanpa harus khawatir tentang rasio aspek yang rumit. Namun, agar Instagram stories kamu tetap menarik dan tampak profesional, ada beberapa tips terbaik yang dapat kamu pertimbangkan:
- Sesuaikan konten dengan rasio aspek 9:16 untuk mendapatkan tampilan penuh layar.
- Gunakan resolusi minimal 1080×1080 piksel, baik untuk gambar ataupun video.
- Agar seluruh tampilan postingan bisa terlihat jelas dan menyeluruh, pastikan untuk mengosongkan sekitar 250 piksel bagian bawah dan atas gambar atau video dari logo, serta teks atau tulisan.
- Sesuaikan durasi dan ukuran masing-masing jenis postingan, untuk gambar memiliki durasi 5 detik dengan ukuran maksimal 30 MB, serta video memiliki durasi 1-15 detik dengan ukuran maksimal 250 MB.
Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula
Ukuran Instagram Reels
Jauh setelah kemunculan Instagram sebagai media sosial berbasis gambar dan video, telah lebih dari 2 tahun belakangan Instagram memperkenalkan reels. Sejak diluncurkan, reels telah menjadi wadah kreativitas bagi pengguna untuk berbagi video pendek yang tak kalah menarik dari TikTok.
Untuk memastikan bahwa setiap momen dalam reels kamu terasa dinamis dan mengikuti perkembangan tren, penting untuk memahami ukuran feed Instagram optimal yang diperlukan berikut ini.
Format Postingan | Rasio | Piksel | Jenis File |
Vertikal (vertical) | 9:16 | 1080:1920 piksel | MP4 dan MOV |
Instagram reels menonjol sebagai platform yang memberikan kebebasan kreatif tanpa batasan rasio aspek yang rumit. Kamu dapat mengunggah postingan tanpa perlu khawatir tentang penyesuaian yang kompleks. Meskipun begitu, untuk memastikan Instagram reels milikmu tetap menarik dan terlihat profesional, pertimbangkan beberapa tips terbaik berikut:
- Pilih resolusi video yang tinggi, seperti 1080p, untuk memastikan kualitas visual terbaik pada Instagram reels.
- Sesuaikan durasi video dengan konten yang ingin kamu sampaikan. Reels dapat memiliki durasi hingga 30 detik, jadi manfaatkan waktu ini secara efektif.
- Pastikan video yang kamu unggah berjenis MP4 atau MOV dengan ukuran tidak lebih dari 4 GB.
Ukuran Instagram Guides
Tak sepopuler dengan jenis postingan lainnya, Instagram Guides tetap menjadi fitur yang berpotensi kuat untuk menyajikan konten yang mendalam dan terorganisir. Fitur ini sangat membantu, terutama untuk kamu seorang pemilik brand atau influencer yang ingin menyampaikan informasi dengan lebih terstruktur dan mendalam kepada pengikut.
Instagram Guides memberikan ruang untuk menjelajahi topik secara lebih rinci, menggabungkan foto, cuplikan video, dan deskripsi layaknya sebuah artikel.
Bagi pemilik brand atau seorang influencer, Instagram Guides dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk memandu pengikut melalui produk, pengalaman, atau pandangan tertentu, membangun keterlibatan dan pemahaman yang lebih mendalam.
Dengan memahami ukuran yang sesuai untuk Instagram Guides, kamu dapat mengoptimalkan presentasi konten yang informatif dan memukau.
Format Postingan | Rasio | Piksel | Jenis File |
Foto Sampul (cover) | 3:4 | 1080:1440 piksel | JPG dan PNG |
Hal menarik dari Instagram Guides adalah kamu tidak perlu mempersiapkan gambar baru untuk membuatnya. Gambar yang digunakan berasal dari postingan yang telah dipublikasikan, termasuk gambar dari feed atau beranda pengguna lain.
Ini memudahkan kamu dalam mengkurasi dan menyusun konten dan memanfaatkan kembali postingan yang sudah ada untuk menciptakan panduan yang informatif dan menarik. Dengan kemudahan ini, Instagram Guides memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam merangkai cerita atau informasi tanpa perlu menciptakan konten visual tambahan.
Ukuran Feed Instagram Carousel Format Foto dan Video
Format Foto dan Video
Sesuai dengan namanya, postingan Instagram dengan jenis carousel memungkinkan pengguna untuk berbagi hingga sepuluh foto atau video dalam satu unggahan. Carousel memungkinkan pengguna untuk menyajikan cerita yang lebih lengkap atau mengeksplorasi berbagai aspek dari suatu konten dengan menggabungkan beberapa gambar dan video dalam satu unggahan.
Bagi brand atau kreator, carousel dapat digunakan untuk memamerkan berbagai aspek produk, proyek, atau portofolio dalam satu unggahan sehingga memberikan gambaran yang lebih menyeluruh.
Dengan beberapa kegunaan ini, postingan carousel menjadi alat yang fleksibel untuk mengekspresikan ide, membagikan cerita, atau mempromosikan produk dan layanan dengan cara yang lebih menarik dan komprehensif.
Salah satu contohnya seperti ilustrasi gambar postingan carousel di feed Instagram Optimaise di atas. Kalau kamu tertarik membuat postingan carousel serupa, sebaiknya perhatikan ketentuan ukuran feed Instagram carousel, baik format foto dan video lebih dulu.
Format Postingan | Rasio | Piksel | Jenis File |
Persegi (square) | 1:1 | 1080:1080 piksel | JPG, PNG, MP4, MOV, dan GIF |
Lanskap (landscape) | 1.9:1 | 1080×608 piksel | JPG, PNG, MP4, MOV, dan GIF |
Potret (portrait) | 4:5 | 1080×1350 piksel | JPG, PNG, MP4, MOV, dan GIF |
Dalam feed, carousel memungkinkan pengguna untuk menampilkan narasi yang lebih lengkap. Dengan berbagai format ini, pengguna dapat mengeksplorasi dan berinteraksi dengan konten lebih lanjut dibandingkan melalui unggahan tunggal.
Untuk memastikan bahwa Instagram carousel yang kamu buat tetap menarik dan memberikan kesan profesional, pertimbangkan beberapa tips di bawah ini:
- Susun foto atau video secara logis untuk membentuk alur cerita yang terhubung. Pastikan ada keterkaitan atau kelanjutan antara setiap elemen dalam carousel.
- Jika ada elemen penting dalam gambar atau video, pastikan untuk memotongnya dengan bijak agar terlihat jelas dan tidak terpotong.
- Kalau menggunakan video, pastikan durasinya sesuai dengan konten dan tetap memperhatikan batasan waktu Instagram, biasanya 60 detik per video.
- Begitupun dengan ukuran filenya, untuk gambar atau foto tidak lebih dari 30 MB, sedangkan video berukuran maksimal 4 GB.
Ukuran Feed Instagram 3 Kotak
Ukuran feed Instagram 3 kotak sangat diminati oleh desainer grafis yang bekerja untuk menyusun postingan di Instagram. Di mana Instagram sering digunakan untuk mempromosikan produk atau event dengan membagikan poster yang berisi informasi tentang barang atau acara tersebut di feed Instagram.
Mungkin kamu sering melihat feed Instagram dari beberapa akun yang terlihat terorganisir dengan baik. Cara pertama untuk membuatnya adalah dengan mengetahui ukuran feed Instagram 3 kotak.
Untuk setiap kotak Instagram, ukuran terbaiknya adalah 1:1 yang berarti di antara 320 x 320 piksel hingga 1.080 x 1.080 piksel. Semakin besar ukurannya, maka semakin baik kualitas fotonya.
Jadi, untuk membuat feed Instagram 3 kotak, kamu perlu menggunakan ukuran 3:1. Dengan mengacu pada ukuran per kotak yang telah disebutkan, maka kamu bisa menggunakan ukuran antara 960 x 320 piksel hingga 3.240 x 1.080 piksel.
Sebelum membuat postingan feed Instagram 3 kotak, penting untuk menyiapkan kanvas terlebih dahulu:
- Buka aplikasi pengeditan foto yang biasa kamu gunakan dan buat kanvas baru dengan ukuran yang sesuai untuk feed Instagram 3 kotak, yakni antara 960 x 320 piksel hingga 3.240 x 1.080 piksel.
- Tambahkan garis pemisah di antara foto-foto sebagai pembatas antara foto pertama dan lainnya.
- Buat konten sesuai kebutuhan di dalam kanvas tersebut hingga selesai, dan simpan dalam format “.jpg“. Selanjutnya, pindahkan foto tersebut ke ponsel kamu.
Setelah konten siap, langkah berikutnya adalah membagi foto tersebut menjadi 3 bagian dan mengunggahnya ke feed Instagram:
- Potong foto panjang menjadi 3 bagian. Gunakan aplikasi seperti Pic Split di Google Play Store atau App Store yang dapat membantu membagi foto menjadi 3 bagian.
- Buka aplikasi tersebut, masukkan foto yang sudah disiapkan, dan gunakan alat yang ada di aplikasi untuk membagi foto menjadi 3 bagian.
- Unggah foto tersebut berurutan dari yang paling kanan, tengah, lalu kiri di feed Instagrammu.
Ukuran Feed Instagram 6 Kotak
Dengan menggunakan ukuran feed Instagram 6 kotak, pengguna dapat membuat postingan yang terlihat seperti satu gambar besar ketika dilihat dari grid profil, namun terdiri dari 6 gambar yang saling melengkapi ketika dilihat secara satu kesatuan.
Untuk membuat tata letak ini, setiap gambar harus diposting secara berurutan, sehingga ketika dilihat dari grid profil, gambar-gambar tersebut membentuk satu gambar besar.
Aspek rasio yang direkomendasikan untuk gambar tersebut adalah 3:2 secara horizontal yang berarti gambar harus lebih lebar daripada tingginya. Sementara itu, resolusi idealnya adalah 3240 x 2160 piksel yang merupakan resolusi tinggi untuk memastikan bahwa detail gambar tetap terjaga ketika dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
Untuk membuat feed Instagram 6 kotak, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
- Buka Canva melalui browser atau aplikasi.
- Buat kanvas dengan ukuran 3240×2160 piksel untuk 6 kotak.
- Buatlah background sesuai dengan selera kamu.
- Buat kotak pembantu sebagai panduan untuk setiap feednya.
- Isi kanvas dengan foto, huruf, atau elemen lain sesuai keinginanmu.
- Setelah selesai, unduh file dalam format PNG.
- Potong gambar menggunakan alat pemotong, seperti https://postcron.com/image-splitter/editor/en/upload-image.
Ukuran Feed Instagram 9 Kotak
Dengan menggunakan tata letak 9 kotak, setiap brand dapat menampilkan gambar atau konten yang lebih besar dan kompleks di dalam beberapa bagian yang ketika dilihat bersama-sama, sehingga membentuk satu gambar utuh atau pesan yang lebih besar.
Selain itu, menggunakan tata letak 9 kotak juga memungkinkan brand untuk menceritakan cerita yang lebih besar atau menampilkan produk mereka secara lebih detail. Cara ini dapat membantu brand untuk menarik perhatian pengikutnya dan menciptakan kesan yang kuat tentang brand tersebut.
Untuk postingan berbentuk persegi di Instagram, ukuran feed Instagram idealnya adalah antara 320 x 320 piksel hingga 1.080 x 1.080 piksel dengan rasio aspek 1:1. Semakin tinggi resolusi gambar yang digunakan, maka semakin baik kualitas foto yang dihasilkan.
Saat membuat feed Instagram dengan 9 kotak, kamu bisa menggunakan dimensi 3.240 x 1.080 piksel untuk setiap kotak. Dengan cara ini, kita akan memiliki tiga kotak berdampingan dalam satu baris.
Ukuran total untuk feed Instagram 9 kotak ini adalah 3.240 x 3.240 piksel dengan setiap dimensi menjadi 3 kali lebih besar daripada ukuran satu kotak. Untuk membuat feed Instagram dengan tata letak 9 kotak, ikuti langkah-langkah berikut:
- Buka aplikasi pengeditan foto dan buat kanvas dengan dimensi 3.240 x 3.240 piksel.
- Buat garis pemisah sebagai pembatas antar-kotak, sesuai dengan jumlah kotak yang diinginkan, yakni 9 kotak.
- Mulai desain dengan menambahkan elemen-elemen seperti foto dan komponen desain lainnya.
- Setelah selesai, simpan desain dalam format “.jpg“.
- Potong desain menjadi sembilan bagian menggunakan situs web Pine Tools di https://pinetools.com/split-image.
- Pada situs web, unggah desain yang ingin dipotong dan atur pola pemotongan menjadi sembilan kotak.
- Klik “Split Image” untuk memotong gambar.
- Unduh setiap bagian gambar yang sudah dipotong.
- Terakhir, unggah gambar-gambar tersebut ke akun Instagram kamu secara berurutan.
Ukuran Feed Instagram dalam Sentimeter
Meskipun Instagram umumnya menggunakan piksel sebagai unit pengukuran, tapi konversi ke sentimeter (cm) dapat membantu dalam perencanaan desain yang lebih akurat, terutama untuk cetakan atau proyek desain lainnya yang memerlukan pengukuran dalam satuan sentimeter.
Jika kamu ingin mengukur ukuran feed Instagram dalam sentimeter, ada beberapa ukuran penting yang perlu diperhatikan:
- Ukuran foto profil: minimal 2,9 cm x 2,9 cm dan maksimal 4,7 cm x 4,7 cm.
- Ukuran foto persegi: minimal 15,8 cm x 15,8 cm dan maksimal 28,5 cm x 28,5 cm.
- Ukuran foto instagram landscape: minimal 15,8 cm x 10,4 cm dan maksimal 28,5 cm x 14,9 cm.
- Ukuran foto portrait: minimal 12,6 cm x 15,8 cm dan maksimal 28,5 cm x 35,7 cm.
Melalui pemahaman akan ukuran feed Instagram yang sesuai untuk setiap jenis konten, kamu telah meletakkan dasar yang kuat untuk membangun visualisasi yang menarik.
Rekomendasi Aplikasi untuk Mengedit Ukuran Feed Instagram
Ada banyak aplikasi penyuntingan foto yang menawarkan fitur pemotongan gambar, masing-masing mengklaim sebagai yang terbaik. Ini tentu bisa membuat kamu bingung memilih yang paling cocok. Tapi tenang saja, berikut ini terdapat beberapa opsi dan menemukan aplikasi terbaik untuk kebutuhan mengedit ukuran feed Instagram.
VSCO
VSCO adalah aplikasi penyunting foto sekaligus platform media sosial tempat pengguna dapat berbagi karya dan melihat foto-foto menarik dari anggota komunitas VSCO lainnya. Aplikasi ini mendukung pengeditan berkas foto RAW, sehingga memudahkan proses penyuntingan bagi penggunanya.
VSCO menawarkan berbagai alat dasar yang mumpuni, ditambah dengan fitur canggih, seperti alat penyunting foto, montase VSCO, penyunting video, dan akses ke komunitas kreatif yang aktif.
Apalagi aplikasi ini memiliki 200 filter, termasuk filter bergaya klasik yang terinspirasi oleh tampilan vintage dari merek, seperti Kodak, Fuji, dan Agfa. Selain itu, tersedia alat pencahayaan dan warna profesional, seperti kontras, saturasi, serta efek menarik seperti grain dan fade.
Untuk mengedit ukuran feed Instagram, VSCO menyediakan alat adjust yang mencakup berbagai rasio preset, seperti 1:1, 16:9, dan 9:16. Fitur Skew juga tersedia untuk membantu memperbaiki masalah perspektif pada foto, menjadikan hasil edit lebih sempurna.
Picsart
Picsart adalah aplikasi serbaguna yang berfungsi sebagai pembuat kolase sekaligus editor foto dan video. Aplikasi ini didukung oleh komunitas besar yang terdiri dari lebih dari 150 juta kreator di seluruh dunia.
Picsart menawarkan berbagai fitur canggih yang mengesankan. Meskipun sedikit lebih kompleks dibanding aplikasi serupa, aplikasi ini tetap menyediakan alat dasar yang baik, menjadikannya pilihan yang layak untuk banyak pengguna.
Dengan Picsart, kamu bisa membuat kolase, menghapus background foto, menambahkan stiker dan font, serta menggunakan berbagai gambar stok dari library bawaan.
Selain itu, Picsart memungkinkan kamu menghapus objek yang tidak diinginkan, mengganti background, dan memberikan sentuhan unik dengan efek blur, retouch, alat menggambar, hingga efek kartun. Aplikasi ini juga menawarkan lebih dari 1 juta gambar untuk diakses dan lebih dari 200 pilihan font untuk menambahkan teks ke gambarmu.
Yang terpenting, Picsart memiliki 3 alat pemotong gambar yang dapat membantumu dalam mengedit ukuran feed Instagram.
Snapseed
Snapseed adalah aplikasi penyunting foto yang dilengkapi dengan berbagai alat profesional. Kamu bisa menemukan filter menarik, opsi teks, alat pemburaman, hingga efek khusus, seperti pencahayaan ganda dan penyempurnaan wajah.
Aplikasi ini memiliki alat dasar yang sangat baik, ditambah fitur canggih yang mudah digunakan. Dengan alat kuas, blur, serta pengaturan warna dan pencahayaan, kamu dapat menyempurnakan foto sesuai keinginan tanpa mengalami kesulitan.
Snapseed juga memungkinkan kamu menghapus elemen yang tidak diinginkan, mengatur pencahayaan, dan menyeimbangkan warna dengan presisi. Selain itu, kamu bisa memiringkan, memperbesar atau memperkecil, serta mengedit gambar menggunakan fitur potong, putar, atau perspektif.
Sebagai aplikasi yang tersedia untuk iPhone dan Android, Snapseed menawarkan alat potong gambar dengan rasio yang sudah ditentukan untuk mengedit ukuran feed Instagram.
Meskipun itu membuatnya sedikit kurang fleksibel untuk ukuran khusus media sosial, fitur Expand miliknya menjadi keunggulan. Dengan fitur ini, kamu dapat memperbesar foto, yang sangat membantu saat ingin mengubah ukuran gambar dengan presisi.
PhotoDirector
PhotoDirector adalah salah satu aplikasi penyuntingan foto gratis terbaik yang menyediakan berbagai fitur lengkap. Alat pemotong gambarnya sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan rasio aspek yang dirancang khusus untuk media sosial, seperti ukuran feed Instagram, Instagram story, dan foto sampul Facebook.
Aplikasi ini tidak hanya berfungsi sebagai editor gambar, tetapi juga menawarkan ribuan stiker, filter, bingkai, dan efek profesional untuk mempercantik foto Anda. Berkat teknologi AI, PhotoDirector memungkinkan kamu menghapus objek yang tidak diinginkan dan bahkan mengganti background foto dengan mudah.
Selain itu, PhotoDirector menyediakan akses ke jutaan gambar stok, memberikan kebebasan bagi pengguna untuk memilih gambar yang sesuai dengan kebutuhan proyek mereka.
Dengan berbagai alat profesional dan efek yang memukau, aplikasi ini tetap mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Kamu tidak perlu waktu lama untuk terbiasa menggunakannya, meskipun ini pengalaman pertamamu dalam menyunting foto.
YouCam Perfect
YouCam Perfect adalah aplikasi penyunting foto yang dirancang khusus untuk selfie, sekaligus berfungsi sebagai editor foto serbaguna. Aplikasi ini menyediakan berbagai alat kecantikan otomatis, seperti memutihkan gigi, memperbaiki bentuk wajah dan tubuh, menghaluskan kulit, menghilangkan noda, hingga menyamarkan kerutan hanya dengan satu klik.
Untuk memotong gambar, YouCam Perfect menawarkan alat yang dirancang untuk media sosial dan penggunaan umum. Kamu dapat dengan mudah memilih bagian foto yang ingin disimpan dan menghapus bagian yang tidak diinginkan.
Fitur Instafit memungkinkan pemotongan otomatis sesuai dengan rasio aspek Instagram. Selain itu, tersedia juga opsi rasio aspek untuk berbagai platform media sosial lainnya, seperti Facebook dan Pinterest, sehingga hasil editmu lebih praktis dan siap diunggah.
Dalam mengelola kehadiranmu di Instagram, tak cukup jika kamu hanya mengetahui ukuran feed, kamu juga perlu menghadirkan konten yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan karakteristik setiap jenis konten.
Tapi, kalau kamu merasa perlu bantuan lebih lanjut dalam mengoptimalkan kualitas konten digitalmu, Optimaise sebagai digital agency Malang siap mendukung kebutuhanmu.
Kami menyediakan jasa press release, jasa penulisan artikel SEO-friendly, hingga jasa SEO untuk membantu bisnismu tampil lebih menonjol di dunia digital. Jadi, percayakan strategi digitalmu pada Optimaise untuk hasil yang optimal dan profesional!