Apakah kamu merasa ragu untuk menginvestasikan waktu dan sumber daya dalam SEO? Sebagai bagian yang penting dari digital marketing, sebenarnya ada banyak alasan mengapa kamu sebaiknya mempertimbangkan SEO atau bahkan menggunakan jasa agensi SEO.
Ini bisa membantu meningkatkan kesadaran akan merekmu, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan meningkatkan pendapatan secara online.
Kami telah merangkum beberapa manfaat dari SEO, mulai dari meningkatkan kepercayaan pelanggan hingga meningkatkan efektivitas strategi iklanmu. Terus simak artikel ini untuk mengetahui semua manfaat SEO yang akan kamu peroleh!
Table of Contents
Sederet Manfaat dari SEO
Meningkatnya persaingan dalam dunia digital membuat SEO semakin penting bagi bisnis online.
SEO bukan hanya tentang mendapatkan peringkat tinggi di halaman hasil pencarian, tetapi juga tentang membangun kesadaran merek, meningkatkan jumlah pengunjung, dan mengonversi mereka menjadi pelanggan setia.
Dengan memahami dan menerapkan SEO dengan baik, bisnismu dapat memperoleh manfaat yang signifikan, termasuk meningkatkan kredibilitas, mengoptimalkan strategi periklanan, dan menghasilkan pendapatan yang lebih besar secara online.
Berikut adalah manfaat dari SEO yang dapat membantu bisnismu mencapai tujuan pemasaran digitalnya.
Meningkatkan Visibilitas dan Organic Traffic Situs Web
Salah satu manfaat dari SEO yang pertama adalah meningkatkan visibilitas situs webmy secara organik yang pada akhirnya meningkatkan jumlah pengunjung.
SEO dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan perilaku pelanggan, sehingga membantu menarik pengunjung yang relevan dengan bisnismu melalui hasil pencarian.
Baca juga: 8 Cara Menerapkan SEO yang Wajib Diketahui Pemula
Ini karena orang-orang yang mencari sudah memiliki minat pada apa yang kamu tawarkan, ini akhirnya membuat traffic yang dihasilkan oleh SEO cenderung berkualitas tinggi tanpa perlu upaya persuasif yang berlebihan.
Mampu Meningkatkan ROI
Saat kamu mengalokasikan dana untuk digital marketing, tentunya kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari investasi tersebut.
Dengan menerapkan strategi SEO yang unggul dan kompetitif, kamu bisa mengharapkan ROI yang signifikan.
Menurut riset dari WebFX, pertimbangkan bahwa mesin pencari memiliki tingkat konversi hampir 15 persen untuk prospek baru.
Meskipun angka ini mungkin terlihat kecil, bandingkan dengan pemasaran tradisional yang hanya memiliki tingkat konversi kurang dari 2 persen. Ini adalah keunggulan besar dari SEO yang dapat meningkatkan tingkat konversi prospekmu hingga hampir 13 persen.
Meningkatkan Kredibilitas
Ketika situs webmu muncul di halaman pertama hasil pencarian, itu memberi sinyal kepada pengguna bahwa Google atau mesin pencari lainnya memandang situs webmu sebagai sumber informasi yang tepercaya.
Ini adalah alasan mengapa sebagian besar pengguna internet, sekitar 75 persen, cenderung hanya melihat halaman pertama hasil pencarian.
Mereka percaya bahwa mesin pencari akan menyajikan hasil yang relevan dan dapat dipercaya, sambil menyaring situs spam.
Google dan mesin pencari lainnya menanggapi hal ini sangat serius, itulah sebabnya mereka menggunakan berbagai sinyal dari situs webmu, baik itu dari konten yang kamu buat maupun kecepatan situs webmu untuk menentukan peringkatnya.
Sinyal-sinyal ini memberikan indikasi bahwa situs webmu aman dan dapat dipercaya oleh pengunjung.
Solusi Promosi Tanpa Batas Waktu
Manfaat dari SEO lainnya terletak pada kemampuannya untuk mempromosikan bisnismu secara online 24/7.
Meskipun bisnismu mungkin menawarkan layanan sepanjang waktu, jika konsumen tidak dapat menemukan situs web e-commerce milikmu di internet, itu tidak akan memberikan banyak manfaat.
SEO memungkinkan bisnismu terlihat secara online kapan pun yang sangat penting mengingat Google saja memproses lebih dari 60.000 penelusuran setiap detik.
Hal ini juga meningkatkan kemampuan digital marketingmu untuk menjangkau pengguna sesuai kebutuhan dan keinginan mereka.
Efektif untuk Menjangkau Seluruh Tahap Channel Pembelian
Content marketing semakin populer dan hal ini membuat SEO semakin penting bagi bisnis. Dengan content marketing yang mencakup berbagai jenis, seperti infografis, panduan, dan postingan blog, kamu dapat terhubung dengan konsumen di setiap tahap perjalanan pemasaran.
Meskipun pengguna yang membaca konten di awal atau tengah saluran pemasaran mungkin tidak langsung berubah menjadi pelanggan, tapi mereka cenderung berkonversi di masa mendatang.
Content marketing yang sangat bergantung pada SEO telah terbukti menghasilkan 54 persen lebih banyak prospek daripada marketing tradisional. Yang lebih penting, konsumen juga menyukai pendekatan ini.
Meningkatkan Kesadaran Merek di Segmen Pembeli yang Bernilai Tinggi
Manfaat dari SEO selanjutnya adalah meningkatkan kesadaran merek di kalangan pembeli yang sangat bernilai bagi bisnismu.
Ketika konsumen melakukan perjalanan pembelian, mereka tentu melakukan banyak pencarian online.
Jika bisnismu terus muncul di hasil pencarian mereka, ini akan meningkatkan kesadaran mereka tentang merekmu. Lebih dari itu, ini juga akan membangun kepercayaan mereka terhadap bisnismu.
Melalui strategi content marketing dan SEO, kamu tidak hanya menunjukkan kepada konsumen bahwa kamu menjual beberapa produk atau layanan, tetapi juga sebagai sumber informasi yang berharga dalam industrimu. Hal ini akan meningkatkan nilaimu di mata audiens.
Kalau kamu juga menggunakan video marketing, kamu dapat meningkatkan upayamu dalam membangun kesadaran merek. Mengapa? Karena saat orang menonton video, keterkaitan merek mereka dengan merek tersebut meningkat hampir 140 persen.
Namun, untuk memastikan videomu dapat dilihat oleh pengguna, kamu perlu mengoptimalkannya agar mudah ditemukan melalui pencarian.
Meningkatkan Prospek, Penjualan, dan Pangsa Pasar Bisnis
Ini menjadi nyata dalam operasi sehari-harimu, di mana kamu dapat melihat pembeli datang ke tokomu atau pesanan produk dikirim keluar dari gudangmu. Peningkatan ini dapat terjadi karena peringkatmu yang lebih tinggi di dalam hasil pencarian.
Dengan muncul di halaman pertama hasil pencarian untuk keyword yang relevan bagi audiens targetmu, kamu dapat mendapatkan lebih banyak klik dan kunjungan dari konsumen yang paling penting bagi bisnismu.
Untuk memahami betapa berharganya peringkat halaman pertama, pertimbangkan bahwa peringkat pertama dalam hasil pencarian menghasilkan sekitar 33 persen dari total ttaffic pencarian.
Meskipun tidak semua kunjungan tersebut akan berubah menjadi penjualan, namun kamu dapat yakin bahwa beberapa di antaranya akan berakhir dengan transaksi.
Mendorong Keberhasilan Kampanye PPC
Jika kamu menggunakan digital marketing dalam strategi bisnismu, kemungkinan kamu akan mempertimbangkan untuk menggunakan periklanan PPC (Pay-Per-Click) suatu saat nanti.
Meskipun PPC adalah strategi berbayar dan SEO adalah strategi tidak berbayar, keduanya dapat bekerja sama dengan baik, itulah sebabnya kamu sebaiknya mempertimbangkan untuk menggabungkan keduanya.
Namun, bagaimana SEO bisa membantu kampanye PPC? Pertama, dengan menggabungkan SEO dan PPC, kamu dapat meningkatkan kehadiranmu di mesin pencari.
Situs webmu tidak hanya akan muncul di bagian atas hasil pencarian berbayar, tetapi juga hasil pencarian organik. Ini memberi pengguna dua kesempatan untuk mengunjungi situs webmu yang pada gilirannya memperkuat kesan merekmu.
Keuntungan lain dari SEO adalah kamu dapat menggunakan data SEO untuk meningkatkan kinerja kampanye PPC.
Halaman web yang sudah terbukti efektif dalam menghasilkan konversi, misalnya, mungkin akan lebih sukses jika kamu memasukkannya ke dalam kampanye PPC.
Selain itu, landing page tersebut mungkin sudah dioptimalkan untuk keyword dengan Cost Per Click (CPC) yang lebih rendah.
Baca juga: Berapa Biaya Jasa SEO? Ketahui 5 Faktor Kunci Ini
Strategi untuk Mendominasi Pesaing Industri
Berdasarkan data WebFX, dengan 80 persen pengguna mengandalkan internet, dapat diasumsikan bahwa pesaingmu juga akan berfokus pada SEO dan strategi digital marketing lainnya.
Jika kamu tidak menggunakan SEO, kamu berisiko kehilangan penjualan dan pangsa pasar secara keseluruhan.
Ketika pengguna mencari informasi terkait layanan atau industrimu, situs webmu mungkin tidak akan muncul, atau jika muncul, kemungkinan besar akan berada di peringkat yang rendah.
Hanya sekitar 25 persen pengguna yang melihat halaman kedua hasil pencarian, sehingga mengurangi potensi keuntungan dan prospekmu. Karena itu, untuk bersaing dengan pesaing, SEO sangat penting.
Dengan berinvestasi di dalam SEO dan mengembangkan strategi yang baik, kami dapat mengungguli pesaing terberatmu.
Bahkan jika bisnis di dalam industrimu tidak menggunakan SEO, ini akan menjadi keuntungan besar bagi perusahaanmu jika kamu adalah yang pertama kali melakukannya.
Memperkuat Strategi Digital Marketing
Kalau kamu terlibat dalam digital marketing, SEO mungkin sudah menjadi bagian dari strategimu.
Namun, SEO tidak hanya memperkuat kampanyemu secara keseluruhan, tetapi juga meningkatkan fokus pada strategi digital marketing lainnya, seperti content marketing, pemasaran video, dan pemasaran media sosial.
Dengan membangun strategi digital marketing yang lengkap dan berkelanjutan, kamu dapat meningkatkan daya saingmu di market online.
Ini dapat memberikan keuntungan yang signifikan terutama saat bersaing di pasar yang kompetitif atau melawan pesaing yang lebih besar.
Selain itu, strategi digital marketing yang kuat juga berarti ROI yang lebih tinggi. Dengan pengembalian yang lebih baik dari upaya digital marketingmu, kamu dapat menginvestasikan kembali pendapatan tersebut untuk meningkatkan kesuksesan perusahaanmu.
Pada dasarnya, manfaat dari SEO secara keseluruhan dapat memperkuat kampanye pemasaranmu dan membantumu bersaing di pasar yang kompetitif secara menyeluruh. Dengan manfaat dari SEO yang luar biasa, tidak ada waktu yang lebih baik untuk mengoptimalkan situs webmu.
Sebagai penyedia jasa SEO yang berpengalaman, Optimaise dapat membantumu mengoptimalkan situs webmu di mesin pencari, sehingga memaksimalkan potensi kesuksesan digital marketingmu. Hubungi kami hari ini untuk memulai langkah pertama menuju kesuksesan bisnismu secara online!